Follow Us

Salah Satu Wilayah di Pulau Jawa Ini Berpotensi Alami Gempa Hingga Tsunami Dahsyat, BMKG Beberkan Kemungkinannya Seperti Ini!

Andreas Chris Febrianto Nugroho - Minggu, 01 Maret 2020 | 08:35
(Ilustrasi) Salah Satu Wilayah di Pulau Jawa Ini Berpotensi Alami Gempa Hingga Tsunami Dahsyat, BMKG Beberkan Kemungkinannya Seperti Ini!
foto : brightside.me

(Ilustrasi) Salah Satu Wilayah di Pulau Jawa Ini Berpotensi Alami Gempa Hingga Tsunami Dahsyat, BMKG Beberkan Kemungkinannya Seperti Ini!

Sosok.ID - Indonesia merupakan negara yang sering dilanda gempa bumi.

Beberapa waktu lalu, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) ungkap potensi adanya gempa bumi dahsyat hingga bisa memicu tsunami di Sukabumi, Moms.

Dalam akun Instagram resmi BMKG, @infobmkg, diperlihatkan ilustrasi adanya tsunami yang menyeramkan.

Dalam caption, pihak BMKG menjelaskan soal potensi zona megathrust yang dapat memicu gempa dan tsunami di Sukabumi.

Baca Juga: Tak Mau Kalah Dengan Ketiga Anaknya, Janda Asal Ciamis Barengkan Resepsi Pernikahannya Bersama 3 Putrinya di Lapangan Bola, Kisah Akad Nikahnya Bikin Kaget!

Menurutnya, pesisir Sukabumi secara tektonik berhadapan dengan zona megathrust Samudra Hindia.

Zona tersebut merupakan zona subduksi lempeng aktif dengan aktivitas kegempaan yang tinggi.

Catatan sejarah menunjukkan bahwa, wilayah di Jawa Barat dan Banten beberapa kali mengalami gempa dengan kekuatan yang besar seperti gempa pada 22 Januari 1780 (M=8.5), 27 Februari 1903 (M=8.1), dan 17 Juli 2006 (M=7.8).

Tak disangka, menurut hasil kajian dari BMKG tahun 2011, zona megathrust selatan Sukabumi bisa memicu gempa hingga magnitudo 8,7, Moms.

Baca Juga: Ribut Soal Pupuk Cair, Dua Pria Lansia di Sulawesi Selatan Terlibat Adu Mulut, Satu Tewas dengan Mata Tercungkil dan Kemaluan yang Terpotong

BMKG beri pernyataan soal zona megatrhust Sukabumi
Instagram/ @infobmkg

BMKG beri pernyataan soal zona megatrhust Sukabumi

Lebih lanjut, pihaknya mengaku tak bermaksud untuk menakut-nakuti warga namun hal itu menjadi peringatan bagi pemerintah agar segera menyiapkan upaya mitigasi bencana.

Source : nakita.id

Editor : Andreas Chris Febrianto Nugroho

Baca Lainnya

Latest