Follow Us

Hasil Tes DNA Ariel Noah Dirilis, Ternyata Punya Gen Bangladesh

Andreas Chris Febrianto Nugroho - Rabu, 16 Oktober 2019 | 09:41
Hasil Tes DNA Ariel Noah Dirilis, Ternyata Punya Gen Bangladesh
Nurul Nareswari/Grid.ID

Hasil Tes DNA Ariel Noah Dirilis, Ternyata Punya Gen Bangladesh

Sosok.ID - Setelah Gen Presenter sekaligus jurnalis Najwa Shihab menjadi bahan perbincangan, kini giliran salah satu publik figur yang telah familiar ditelinga orang Indonesia.

Tak disangka, pria yang dikenal karismatik dengan suara emasnya tersebut memiliki DNA yang mungkin membuat khalayak bertanya-tanya.

Sebab DNA yang terdapat bukan dari bangsa yang bersinggungan langsung dengan Indonesia apalagi asal artis ini.

Musisi Nazril Irham atau akrab disapa Ariel menjadi salah satu dari 15 relawan yang mengikuti tes DNA dalam riset Penelusuran Leluhur Orang Indonesia Asli.

Baca Juga: Tubuh Berasap, Wanita Ini Keluar Kamar Sambil Berteriak, Suami Panik Justru Kabur Gunakan Motor Milik Bapak Kos, Begini Kronologinya

Hasil tes DNA tersebut dipamerkan dalam pameran ASOI: Asal Usul Orang Indonesia yang digelar Majalah sejarah berbasis online Historia.id di Museum Nasional, Jakarta Pusat, pada 15 Oktober - 10 November 2019.

Dari hasil penelitian tersebut menunjukkan bila Ariel memiliki empat perpaduan DNA.

DNA tersebut terdiri dari South Asian sebesar 79,78 persen (India, Bangladesh, Tamil, Nepal), East Asian sebesar 15,14 persen (Jepang), Asian Dispersed 5,02 persen (Asia-Amerika), Middle Eastern 0,05 persen (Cypriot-Yunani).

Bonnie Triyana selaku Pemimpin Redaksi Historia.id mengatakan, penelitian ini untuk memberi pencerahan terhadap masyarakat yang beberapa waktu belakangan termakan politik identitas hingga berdampak buruk dalam struktur sosial.

"Adanya pengetahuan leluhur asli melalui hasil tes DNA merupakan pengetahuan yang penting dan memberi pencerahan bahwa masalah pribumi dan non pribumi sudah tidak relevan lagi," ucap Bonnie di lokasi acara saat pembukaan pameran ASOI: Asal Usul Orang Indonesia, Selasa (15/10/2019).

Baca Juga: Dengan Lihai Bak Muslimah, Pelajar Pria Ini Bergaya Layaknya Perempuan Lengkap Dengan Hiajab Dan Cadar, Banyak Wanita di Ternate Kehilangan Barang Berharganya

Source : Kompas.com

Editor : Andreas Chris Febrianto Nugroho

Baca Lainnya

Latest