Follow Us

BJ Habibie Sempat Dikabarkan Membaik Sebelum Menghembuskan Nafas Terakhir, Benarkah Alami Terminal Lucidity?

Andreas Chris Febrianto Nugroho - Jumat, 13 September 2019 | 13:00
BJ Habibie Sempat Dikabarkan Membaik Sebelum Menghembuskan Nafas Terakhir, Benarkah Alami Terminal Lucidity?
Kolase (Instagram/Twitter)

BJ Habibie Sempat Dikabarkan Membaik Sebelum Menghembuskan Nafas Terakhir, Benarkah Alami Terminal Lucidity?

Sosok.ID - Kabar duka harus diterima bangsa Indonesia dengan meninggalnya inspirator bangsa, Baharuddin Jusuf Habibie.

Presiden ketiga Indonesia meninggal pada hari Rabu (11/9/19) di RSPAD Gatot Subroto pukul 18.05 WIB.

Kabar duka tersebut disampaikan langsung oleh tim dokter yang menangani mantan Menristek yang menjabat selama 20 tahun tersebut.

Menjadi sebuah pukulan berat bukan hanya bagi keluarga namun juga bagi bangsa Indonesia.

Sebab belum lama kondisi kesehatan Habibie sempat dikabarkan membaik hingga akhirnya dikabarkan meninggal dunia pada hari Rabu kemarin.

Baca Juga: Sebuah Asteroid Dikabarkan Bakal Dekati Orbit Bumi, Diprediksi NASA Miliki Kekuatan Setara Puluhan Bom Nuklir

Bahkan dua hari sebelum meninggal, kabar membaiknya Rudy Habibie sapaannya, disampaikan oleh Sekretaris Menteri Sekretaris Negara, Setya Utama dalam pertemuannya dengan wartawan di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta (9/9/19) lalu.

"Alhamdulillah tadi pagi saya mendapat berita dari kabag bagian kesehatan yang menyampaikan update dari ketua tim dokter kepresidenan Prof dr Arsil Sani bahwa kondisi beliau membaik," kata Setya di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin siang, dikutip Sosok.ID dari Kompas.com.

Ada yang mengkaitkan kondisi membaiknya seeorang sebelum beberapa saat meninggal dunia tersebut sebagai bentuk ucapan perpisahan dan ucapan terakhir sebelum berpulang.

Menurut dunia medis, gejala yang ditunjukkan saat seseorang tiba-tiba membaik namun selang tak begitu lama dikabarkan meninggal dunia memiliki banyak sebutan.

Baca Juga: Diduga Emosi, Seorang Wanita Brutal Pukuli 3 Anak Hingga Nangis Histeris, Perekam Aksi: Habisi Mereka!

Sebelum disebut dengan istilah Terminal Lucidity, beberapa ahli kesehatan menyebut kondisi membaiknya pasien yang kemudian berselang dikabarkan meninggal sempat disebut dengan istilah "The End of Life Sory", "The Final Goodbye" hingga "The Last Hurrah".

Source : Kompas.com, intisari, Jurnal Ilmiah

Editor : Sosok

Baca Lainnya

Latest