Profil Rafael Alun Trisambodo, Ayah Mario Dandy Berharta Rp 56 M Ngemis Ampunan

Jumat, 24 Februari 2023 | 08:59
Twitter | Tangkap layar video via Kompas.com

Profil Rafael Alun Trisambodo, ayah Mario Dandy Satrio yang kekayaan-nya melebihi atasannya, mendekati harta Sri Mulyani.

Sosok.ID - InilahprofilRafael Alun Trisambodo, ayah Mario Dandy Satrio yang memiliki kekayaan melebihi atasannya, hartanya bahkan dekati kekayaan Sri Mulyani.

Aksi Mario Dandy Satrio menganiaya anak di bawah umur menyeret sang ayah, Rafael Alun Trisambodo yang merupakan pejabat pegawai Ditjen Pajak (DJP) memohon ampunan masyarakat.

Diketahui, jagat media sosial sedang dihebohkan dengan perbuatan Mario Dandy Satrio yang menganiaya korban bernama David (17).

Korban mengalami koma dan masih di ruang ICU hingga saat ini, memicu amarah warganet atas tindak kekerasan brutal yang dipicu laporan pacar Mario Dandy Satrio.

Kronologi Singkat Penganiayaan

Mengutip via Tribun Jatim, pacar Mario berinisial A mengadu mendapat perlakuan kurang baik dari sang mantan yakni David.

Mario yang marah lantas melabrak hakim, terjadi perdebatan, lalu melakukan kekerasan.

Dalam pantauan Sosok.ID, terpantau video kekerasan yang dilakukan Mario tersebar di sosial media, salah satunya di Twitter.

Terlihat dalam rekaman yang diduga diambil wanita bernama Agnes, Mario terus menganiaya David meski korban sudah terkapar tak berdaya di jalanan.

Sontak tindakan keji itu menuai kecaman keras dari masyarakat.

Setelah viral, termasuk gaya hidup Mario dan harta sang ayah, Rafael Alun Trisambodo turut menjadi perhatian.

Rafael Alun Trisambodo Minta Maaf

Menanggapi riuhnya kasus yang disebabkan anaknya, Rafael Alun Trisambodo pun memohon ampunan. Ia bahkan siap jika hartanya yang berjumlah Rp 56 miliar diperiksa.

"Saya Rafael Alun Trisambodo selaku orang tua dari Mario Dandy Satriyo dengan ini menyampaikan permintaan maaf kepada Mas David dan keluarga besar Bapak Jonatan, keluarga besar PBNU dan keluarga besar GP Ansor dikarenakan perbuatan putra anak saya sehingga membuat luka serius dan trauma yang mendalam," terang Rafael dalam video permintaan maaf yang sudah tersebar di seluruh sosial media, dikutip Sosok.IDdari Tribunnewspada Jumat (24/2/2023).

Rafael menegaskan, kasus ini adalah masalah pribadi keluarganya yang akan dipertanggungjawabkan sesuai hukum yang berlaku.

"Dalam kesempatan ini saya menegaskan bahwa hal ini merupakan masalah pribadi keluarga kami dan kami akan mengikuti segala proses hukum yang sedang berjalan dengan ketentuan yang berlaku," tuturnya.

"Saya menyadari bahwa tindakan putra saya salah, sehingga merugikan orang lain, mengecewakan dan menimbulkan kegaduhan di masyarakat."

Pejabat pajak DJP itu mengatakan, jika harta kekayaannya yang fantastis dicurigai, ia berkenan diselidiki.

"Terkait dengan pemberitaan harta kekayaan saya, sebagai bentuk pertangungjawaban, saya siap melakukan klarifikasi terkait harta kekayaan yang saya miliki. Saya siap mengikuti segala kegiatan pemeriksaan oleh Inspektorat Jenderal Kementerian Keuangan," pungkas Rafael.

Atas nama Mario Dandy dan keluarga, Rafael meminta maaf pada keluarga korban dan masyarakat, serta mendoakan kesembuhan David yang masih terbaring di ICU.

Profil Rafael Alun Trisambodo

Mengutip Kompas.com, Rafael Alun Trisambodo menjabat sebagai Kepala Bagian Umum DJP Kanwil Jakarta Selatan. Ia merupakan pejabat eselon III.

Sebelumnya, ia pernah menjabat sebagai Kepala Kantor Pelayanan Pajak Modal Asing II pada 2018.

Tahun 2017 ia menjabat sebagai Kepala Bidang Pemeriksaan Penyidikan dan Penaguhan Kanwil DJP Jatim I, saat itu ia bertugas memburu dan mengusut wajib pajak yang membandel.

Di tahun 2015 ia menjabat sebagai Kepala Knator Pelayanan Pajak Pratama (KPP) Kabupaten Situbondo.

Lalu tahun 2013 ia bertugas sebagai Kepala Bidang Pemeriksaan Penyidikan dan Penagihan Pajak Kanwil DJP Jawa Tengah I.

Harta Fantastis Rafael Alun Trisambodo

Harta Rafael tercatat terus meroket, dari Rp 21,25 miliar di tahun 2013, menjadi Rp 44,08 miliar di tahun 2018, dan Rp 56,01 miliar di tahun 2021.

Ia disebutkan memiliki 11 bidang tanah dan bangunan bernilai Rp 51,93 miliar.

Rafael tercatat memiliki dua kendaraan mobil Toyota Camry Sedan dan Toyota Kijang senilai Rp 425 juta.

Harta bergerak senilai Rp 420 juta, harta surat berharga senilai Rp 1,55 miliar, harta berupa kas senilai Rp 1,3 miliar, dan haeta lain senilai Rp 419,04 juta.

Menariknya, dalam LHKPN tak tercatat kendaraan mobil Rubicon dan moge Harley Davidson yang kerap dipamerkan anaknya, Mario Dendy.

Bukan itu saja, kekayaan Rafael Alun Trisambodo juga jauh melampuai harta Dirjen Pajak Suryo Utomo yang merupakan atasannya.

Bahkan harta Rafael mendekati kekayaan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati yang seorang Direktur Pelaksana Bank Dunia. (*)

Baca Juga: Kekayaan Pejabat Ditjen Pajak Ayah Mario Terkuak, Setara Harta Sri Mulyani

Editor : Rifka Amalia

Baca Lainnya