Ukraina Makin Kondang, Rusia Alami Kekalahan Terbesar di Garda Depan Perang, Ribuan Tentara Lari Ngibrit dari Izium

Minggu, 11 September 2022 | 15:43
Twitter @IAPonomarenko - Reporter pertahanan dengan The Kyiv Independent

Militer Ukraina usir tentara Rusia dari Izium pada Sabtu (10/9/2022)

Sosok.ID - Militer Ukraina alami kemajuan pesat, pasukan Rusia mundur dari kota-kota Utama di Ukraina timur laut pada Sabtu (10/9/2022), menandai kekalahan terbesar sejak enam bulan.

Media pemerintah Rusia, kantor berita TASS mengatakan bahwa kementerian pertahanan telah memerintahkan pasukan Rusia untuk meninggalkan kota Izium, Ukraina.

Dikutip dari Al Jazeera, kota Izium merupakan benteng utama tentara Rusia di Ukairana timur laut.

Pasukan Vladimir Putin tiba-tiba mengalami keruntuhan di garda depan perang di saat pasukan Ukraina menunjukkan kemajuan pesat.

Jatuhnya Izium dengan cepat di provinsi Kharkiv pada hari Sabtu (10/9/2022), adalah kekalahan terburuk Moskow sejak pasukannya dipaksa mundur dari ibukota Ukraina, Kyiv, pada bulan Maret lalu.

Dalam kekalahan tersebut, ribuan tentara Rusia melarikan diri dari Izium dan meninggalkan persediaan amunisi serta peralatan mereka di sana.

Izium adalah kota yang digunakan pasukan Rusia sebagai basis logistik dalam salah satu agenda utama mereka, yakni serangan berbulan-bulan dari utara di wilayah Donbas yang berdekatan dari Donetsk dan Luhansk.

Bagi Ukraina, ini merupakan titik balik dalam perang selama enam bulan.

Dikutip dari kantor berita TASS melalui Al Jazeera, kepala administrasi Rusia di Kharkiv mengatakan kepada penduduknya untuk mengevakuasi diri dari provinsi itu dan melarikan diri ke Rusia untuk “menyelamatkan nyawa”.

Saksi mata menggambarkan kemacetan lalu lintas mobil saat pasukan Rusia meninggalkan wilayah itu.

Adapun berita penarikan pasukan Rusia datang tepat setelah pasukan khusus Ukraina menerbitkan gambar di media sosial yang menunjukkan perwira berpakaian kamuflase dengan senjata otomatis di Kupiansk, sebuah kota berpenduduk sekitar 27.000 orang.

Presiden Volodymyr Zelenskyy dalam pidato pada Sabtu malam juga mengatakan bahwa pasukan Ukraina telah membebaskan Vasylenkovo ​​dan Artemivka di wilayah Kharkiv.

“Tentara Rusia hari ini menunjukkan kemampuan terbaiknya – untuk menunjukkan punggungnya,” katanya, menyentil kekalahan Rusia.

Angkatan bersenjata Ukraina telah berhasil membebaskan sekitar 2.000 km persegi (770 mil persegi) wilayah sejak serangan balasan terhadap Rusia dimulai awal bulan ini, kata Volodymyr Zelenskyy.

Tidak ada konfirmasi resmi dari Ukraina bahwa pasukannya telah mengusir pasukan Rusia dari Izium, tetapi Andriy Yermak, kepala staf Zelenskyy, memposting emoji anggur melalui sosial mdia Twitternya.

Emoji ini diduga menyimbolkan kota yang brhasil dibebaskan yang berarti "kismis".

"Tentara Rusia mengklaim gelar tentara paling gesit di dunia. Pergerakan ke gelar "kehormatan" ini terjadi dengan pesat. Lari lebih jauh!" tulisnya dalam cuitan lebih lanjut.

Dilansir Sosok.ID pada Minggu (11/9/2022), jurnalis Al Jazeera Gabriel Elizondo mengatakan bahwa Rusia membutuhkan enam minggu untuk menguasai Izium, tetapi Ukraina berhasil membebaskannya selama 24 jam.

“Rusia membutuhkan enam minggu pertempuran untuk menguasai kota itu, dan sekarang tampaknya Ukraina akan merebutnya kembali, dalam jangka waktu 12 hingga 24 jam,” kata Elizondo.

“Ini memberi Anda gambaran tentang bagaimana air pasang pasti berubah. Ukraina jelas memiliki momentum dalam pertempuran ini sekarang di timur laut, karena mereka terus mendorong pasukan Rusia kembali.” (*)

Baca Juga: Mata Baru Melek Ditodong Senjata Pasukan Ukraina, Nasib Tentara Rusia yang Tidur di Hutan

Editor : Rifka Amalia

Baca Lainnya