Pak Doddy, 'Kasihan Almarhumah', Sosok Ahli Agama Sebut Pemindahan Makam Vanessa Angel Berarti Ciderai Kehormatan Mayit

Senin, 14 Februari 2022 | 15:26
Grid.ID / Daniel Ahmad

Kondisi makam Vanessa Angel dan Bibi Ardiansyah di Taman Makam Islam Malaka, kawasan Ulujami, Pesanggrahan, Jakarta Selatan, saat dipantau Grid.ID, Minggu (19/12/2021).

Sosok.ID - Rencana pemindahan makam Vanessa Angel yang belakangan diserukan pihak Doddy Sudrajat, tak cuma menjadi perhatian keluarga Faisal.

Bahkan baru-baru ini puluhan masyarakat menggelar demo penolakan pemindahan makam mendiang Vanessa Angel.

Bukan itu saja, petugas TPU Malaka tempat jasad Vanessa Angel dikuburkan juga ambil tindakan mengunci pemakaman agar tak dibongkar paksa.

Adapun sosok ustaz, Gus Miftah, juga menanggapi wacana tersebut.

Baca Juga: 'Perempuan Harus Gitu!', Pantas Saja Bambang Trihatmodjo Klepek-klepek, Sosok Mayangsari Rupanya Pandai Melayani

Melalyui YouTube Star Story, Gus Miftah memaparkan alasan mengapa sebaiknya Doddy Sudrajat tidak memindahkan jasad Vanessa Angel ke TPU Karet Bivak di Jakarta Pusat.

Dikutip via Tribunnews.com, Senin (14/2/2022), Gus Miftah juga menyampaikan ada empat imam mazhab yang menjelaskan mengenai hal tersebut.

"Ada hadits yang menyatakan bahwa 'Siapa orang yang mematahkan tulang mayit itu sama mematahkan tulangnya ketika dia masih hidup'."

Gus Miftah menjelaskan, memindahkan mayit dalam kondisi bukan urgensi, sama halnya dengan menciderai kehormatan almarhumah.

Baca Juga: 'Kurang Ajar!', Wenny Ariani bak Sudah Jatuh Tertimpa Tangga, Angkat Suara Usai Kalah dari Rezky Aditya: Berani Nggak?

"Itu artinya, ketika seorang memindahkan mayit yang bisa menyebabkan patah tulang atau retak karena diangkat ataupun dipindahkan, maka kita melukai dan menciderai kehormatan mayit tersebut," papar Gus Miftah.

Gus Miftah pun menyebut, pemindahan makam tak sebaiknya dilakukan tanpa alasan yang kuat.

"Kalau alasannya hanya sekedar dekat dengan keluarganya, dengan ibunya, dengan bapaknya, dan lain sebagainya, saya pikir justru kasian sama almarhum," ujar dia.

Ia mengatakan, memindahkan mayit juga bisa mengupas aib almarhumah.

Baca Juga: Verrell Bramasta dan Athalla Naufal Bilang ke Bapak Kandungnya, Ivan Fadilla Komentari Calon Suami Venna Melinda

"Karena memindahkan mayit bisa melanggar kehormatannya, bahkan bisa jadi memperlihatkan aib si almarhum."

Lebih lanjut ustaz kelahiran 1981 ini memaparkan kapan makam seseorang boleh dipindahkan.

"Memang ada beberapa pendapat yang mengatakan bahwa 'Boleh sih memindahkan jenazah itu dengan beberapa syarat'."

Syarat pertama yakni kondisi jenazah di tanah pemakaman, apakah tanah terus berair dan diganggu binatang buas atau tidak.

Baca Juga: Cuma 1 yang Bertahan, Karyawan Lama Rizky Billar Bareng-bareng Berhenti Kerja, Perbuatan Inikah Sebabnya?

"Pertama, untuk kemaslahatan jenazah itu sendiri, hal ini diperbolehkan jika terjadi sesuatu dengan tanah, misalkan berair terus becek tidak berhenti, kemudian digali sama binatang buas," terang Gus Miftah.

Selanjutnya, makam yang berdiri di atas tanah sengketa atau tanah yang bukan miliknya, juga perlu dipindahkan.

"Kedua, tanah yang digunakan bukan tanahnya, misalnya setelah dimakamkan ternyata diketahui itu tanah sengketa, brarti mau nggak mau dipindahkan."

Adapun terakhir yakni kondisi darurat di mana makam tersebut harus digusur demi kepentingan orang banyak.

Baca Juga: Depan Kamera Nempel bak Perangko dengan Reino Barack, Sosok MUA Syok Saksikan Tabiat Syahrini dan Suami di Balik Layar

"Ketiga, untuk kemaslahatan umum, jika umpamanya makam di pinggir jalan, ternyata mengganggu kemaslahatan sarana dan prasarana, maka dia boleh dipindahkan," tambahnya. Oleh karenanya Gus Miftah menyimpulkan wacana pemindahan makam Vanessa Angel yang ingin dilakukan Doddy Sudrajat, sebenarnya tidak mengandung urgensi apapun.

Alih-alih demikian, Gus Miftah menyarankan kepada keluarga yang ditinggalkan agar senantiasa mengirimkan doa untuk almarhumah.

"Saya pikir almarhumah udah tenang kok di sana, insyaallah dengan doa-doa yang dipanjatkan bisa membuat almarhum hidup bahagia di alam lain," tandas dia. (*)

Baca Juga: Nenek-nenek Muak dengan Tabiat Lesti Kejora, Istri Rizky Billar Diminta Stop Lakukan Ini: yang Ngomong Siapa!

Baca Juga: Mantunya Bukan Mesin Beranak, Sosok Ayah Atta Halilintar Dikecam Usai Tuntut Aurel Hermansyah Harus Lahiran Normal: Jangan Sampai Caesar!

Editor : Rifka Amalia

Sumber : TribunWow

Baca Lainnya