Makanya China Getol Kirim Kekuatan Militer Lawan Indonesia Demi Kuasai Laut Natuna, Ternyata Tambang Minyak Ini Bisa Buat Dunia Gemetar!

Sabtu, 01 Januari 2022 | 17:31
China Military

(ilustrasi) Makanya China Getol Kirim Kekuatan Militer Lawan Indonesia Demi Kuasai Laut Natuna, Ternyata Tambang Minyak Ini Bisa Buat Dunia Gemetar!

Sosok.ID-Mulai dari bulanOktober sampai Desember ini China telah kirimkan pasukan Coast Guardke Wilayah Indonesia.

Bahkan dalam penugasan China tersebut ada dua kapal untuk menemani kapal peneliti yang memasuki wilayahNatuna Utara.

Sudah bukan rahasia lagi, China diketahui tengah mengincar untuk mengeksplorasi ladang gas di Natuna, Natuna D Alpha.

Melansir dari Intisari-Online, sejak bulan Agustus lalu China mengincar salah satu ladang gas lepas pantai terbesar Indonesia itu.

Baca Juga: Tiongkok Senggol Indonesia Lagi, Xi Jinping Kirim Surat Ancam RI Gegara Ganti Nama Laut China Selatan Dengan Laut Natuna, Ancaman Perang?

Bahkan pada20 Agustus 2021 China pernah mengirimkan kapal-kapal China ke Blok Tuna di Natuna D Alpha.

Baru-baru ini pun pengiriman kapal eksplorasi dan dua kapal coast guard dilakukan oleh pihak China di sekitar kawasan yang sama.

Tak sampai di situ saja, bahkan pihak Tiongkok juga menyertakan protes atas aktivitas pengeboran gas oleh Indonesia.

Setidaknya kapal eksplorasi itu telah berkeliaran selama 7 minggu di perairan Indonesia sejak September.

Baca Juga: Baru Menjabat Jadi Panglima TNI, Jenderal Andika Perkasa Tangkap Sinyal Ancaman di Laut China Selatan, Apa yang Terjadi di Natuna?

Tujuan dari tindakan nekat China tersebut adalah agar Indonesia menghentikan kegiatan pengeboran gas Blok Tuna.

Di bulan Agustus 2021, pengeboran di Blok Tuna didanai oleh Zarubezhneft, perusahaan Rusia, yang masuk ke investasi Indonesia lewat anak perusahaannya, ZN Asia Ltd.

Keputusan Zarubezhneft untuk menggarap Natuna D Alpha sudah disebutkan lewat SKK Migas Oktober 2020 lalu.

Keputusan saat itu membuat Zarubezhneft mengakuisisi 50% partisipasi kepentingan Harbour Energy di Kontrak Bagi Hasil (KBH) Blok Tuna Kepulauan Natuna.

Baca Juga: Makanya China dan Negara-negara Barat Getol Dekati Sampai Ingin Rebut Laut Natuna, Ternyata Ini Harta Karun yang Tersimpan di Dalam Lautan Tersebut!

Sebagai informasi, Blok Tuna merupakan wilayah kerja Migas di lepas pantai Indonesia, terletak di Laut Natuna.

Letaknya tepat di sebelah perbatasan dengan Vietnam dengan kedalaman air 110 meter.

Kompas.com

Natuna D Alpha, ladang gas alam terbesar di Indonesia yang diincar China sampai buat mereka kirimkan pasukan Coast Guard

Meskimenjadi ladang gas raksasa milik Indonesia, Blok Tuna dan Natuna D Alpha belum bisa dipanen sampai sekarang.

Hal itu dikarenakan pemerintah Indonesia kesulitan untuk mencari investor yang mau menggarapnya.

Baca Juga: Negara-negara yang Ingin Rebut Laut Natuna Makin Berpikir Panjang Urusan Dengan Indonesia, Tambahan 2 Kapal Perang TNI AL Ini Jadi Bukti!

Agustus 2021 lalu Harbour Energy merupakan operator yang masih bertugas, memegang 100% partisipasi kepentingan di wilayah tersebut.

KBH Tuna melakukan kegiatan akuisisi seismik 2D dan 3 D, kemudian pengeboran 4 sumur eksplorasi: Gajah Laut Utara-1 dan Belut Laut-1 di tahun 2011, kemudian Kuda Laut-1 dan Singa Laut-1 tahun 2014.

Tetapi ConocoPhillips yang juga memegang pengelolaan ladang gas itu sudah menjual aset pengelolaan pada awal Desember kepada MedcoEnergi.

ConocoPhillips menyusul perusahaan besar lainnya yang memegang saham pengelolaan Natuna D Alpha seperti Total dan Chevron.

Baca Juga: Presiden Jokowi Geram Dengan Kapal Perang Tiongkok Masuk Wilayah Natuna Utara? Anggaran Rp 12,2 Triliun Digelontorkan Salah Satunya Beli Pesawat Drone

Selain itu,Shell juga dikabarkan mundur perlahan-lahan dari janji pengelolaan ladang gas Indonesia yang lain yaitu ladang gas Masela, yang didorong oleh Inpex Jepang.

Faktanya, walaupun ditemukan hidrokarbon di sumur Kuda Laut-1 dan Singa Laut-1 yang letaknya bersebelahan, mengolahnya sangat sulit.

Ada sumber daya sebesar 104 MMBOE (Millions of barrels of oil equivalent) yang didominasi gas tinggi kandungan kondensat.

Kandungan gas di Natuna D Alpha termasuk tiga besar yang menyokong produksi nasional di masa depan bersama Indonesia Deepwater Development (IDD) di Kalimantan dan Blok Masela di Indonesia Timur.

Baca Juga: Tiongkok Kembali Incar Laut Natuna Utara, RI Buat Gemetar Gegara Umumkan Punya 2 Mini Kapal Induk, Dicap Bisa Buat Indonesia Berdaulat di Lautan!

IDD menyimpan simpanan gas sebesar 2,66 TCF (trillion cubic feet/triliun kaki kubik), sedangkan Masela menyimpan 16,73 TCF dan Natuna menyimpan 49,87 TCF.

Hal itu membuat Natuna disebut menyimpan cadangan gas terbesar, bahkan potensinya mencapai 222 TCF.

Tetapi dalam perjalanannya,terdapat kendala dalam hal mengolahkandungan karbon dioksida yang mencapai 71%.

Hal ini menyebabkan biaya produksi membengkak, biasanya kandungan karbon dioksida maksimum pada blok migas hanyalah 35%.

Jika dikerjakan sembarangan maka kandungan karbon dioksida bisa dilepas dengan sembarangan ke bumi dan menyebabkan bertambahnya emisi karbon dioksida di muka bumi. (*)

Baca Juga: Indonesia Kecolongan, Kapal Perang China Kembali Gerilya di Laut Natuna Dengan Bawa Persenjataan Lengkap Termasuk Rudal Eksplosif

Editor : Andreas Chris Febrianto Nugroho

Sumber : intisari-online.com

Baca Lainnya