Helikopternya Jatuh, Sosok Kondang Jenderal Pertahanan India Tewas Bersama 13 Lainnya, Nasib Militernya Dipertanyakan

Sabtu, 11 Desember 2021 | 19:28
Gadgets Now

Ilustrasi militer India.

Sosok.ID - Helikopter militer jatuh di negara bagian Tamil Nadu, menewaskan sedikitnya 13 orang termasuk kepala pertahanan Jenderal Bipin Rawat.

Kepala Pertahanan India Jenderal Bipin Rawat, istrinya, dan 11 orang lainnya tewas setelah sebuah helikopter militer yang mereka tumpangi jatuh di negara bagian selatan Tamil Nadu, kata Angkatan Udara India (IAF).

Melansir dari Al Jazeera, Sabtu (11/12/2021), IAF mengatakan dalam sebuah posting Twitter "kecelakaan tragis" itu terjadi di dekat kota Coonoor pada siang hari (06:30 GMT) pada hari Rabu.

Helikopter Mi-17V5 buatan Rusia itu sedang dalam perjalanan dari pangkalan angkatan udara ke Sekolah Staf Layanan Pertahanan ketika jatuh.

Baca Juga: Gegerkan India, Seorang Pria Sembunyikan Mayat Kekasihnya di Mall Usai Dicekik hingga Tewas

Alasan kecelakaan itu tidak segera diketahui dan pihak berwenang mengatakan mereka telah membuka penyelidikan.

Angkatan udara mengatakan seorang perwira, Kapten Grup Varun Singh, selamat, dan dirawat di rumah sakit militer.

Dilaporkan dari New Delhi, dikutip dari Al Jazeera, disebutkan bahwa perjalanan ke Sekolah Staf Layanan Pertahanan “tidak seharusnya menjadi perjalanan yang sangat panjang tetapi ini adalah wilayah yang sangat pegunungan, dengan banyak hutan”.

Video yang disiarkan di saluran berita India menunjukkan helikopter terbakar di daerah hutan lebat dekat kampus ketika penduduk setempat mencoba memadamkan api dan mengeluarkan mayat dari reruntuhan.

Baca Juga: Tegang, Tentara China Umpak-umpakan di Perbatasan India, Dua Negara Makin Matang Hadapi Gesekan

Perdana Menteri India Narendra Modi mengatakan bahwa Rawat adalah “prajurit yang luar biasa” dan “patriot sejati” yang berkontribusi besar dalam memodernisasi angkatan bersenjata dan aparat keamanan negara.

“Wawasan dan perspektifnya tentang hal-hal strategis sangat luar biasa. Kepergiannya membuat saya sangat sedih,” kata Modi.

Menteri Pertahanan Rajnath Singh mengatakan, Rawat “melayani negara dengan keberanian dan ketekunan yang luar biasa”.

Panglima Angkatan Darat Pakistan, Jenderal Qamar Javed Bajwa, menyatakan belasungkawa atas “kematian tragis” Rawat dan istrinya, kata pemerintahnya dalam sebuah tweet.

Baca Juga: 'Tidak Boleh!' Xi Jinping Singgung Perang Dingin di Kawasan Asia-Pasifik dalam Pertemuan APEC Jelang Tatap Muka dengan Joe Biden

Rawat, 63, adalah kepala staf pertahanan pertama India, posisi yang didirikan pemerintah India pada 2019 dan yang ia jabat tahun lalu setelah pensiun sebagai panglima militer.

Dia dianggap dekat dengan Perdana Menteri Modi dan menjadi penasihat Kementerian Pertahanan.

Tugas utamanya adalah merombak militer, yang telah berjuang untuk memodernisasi dan meningkatkan koordinasi antara tentara, angkatan laut dan angkatan udara.

Analis pertahanan Harsha Kakar, yang juga menjabat sebagai jenderal besar di tentara India, mengatakan kepada Al Jazeera bahwa kematian Rawat adalah “sebuah kemunduran … dalam hal modernisasi pasukan”.

Baca Juga: PLA China Libatkan Senjata Paling Kuat dalam Upaya Pecundangi India

Analis dan penulis pertahanan yang berbasis di Delhi menyebut, inisiatif militer Jenderal Rawat sekarang akan "macet".

"Apakah mereka ditinjau atau apa yang terjadi pada mereka adalah apa yang perlu dilihat," kata Sawhney, reporter Al Jazeera.

Baca Juga: PLA Genjot Pasukannya di Dataran Tinggi Barat, Naik Pitam India Latihan Militer Targetkan China

Karier militer

Kepala pertahanan Rawat berasal dari keluarga militer, dengan beberapa generasi bertugas di angkatan bersenjata India.

Jenderal, yang memiliki empat dekade pelayanan di belakangnya, telah memimpin pasukan di Kashmir yang dikelola India dan di sepanjang Garis Kontrol Aktual yang berbatasan dengan China.

Pada 2015, Rawat mengawasi “serangan bedah” India ke negara tetangga Myanmar, ketika para-komando memasuki negara itu untuk menyerang pemberontak Naga yang telah menyergap dan membunuh pasukan India.

Baca Juga: India Gabung Australia Asah Otot Militer di Laut China Selatan, Kompak Ingin Pecundangi China?

Pada tahun 2017, ia memberikan medali keberanian kepada seorang perwira militer yang telah mengikat seorang warga sipil ke bagian depan kendaraannya di Kashmir, tempat pemberontak memerangi pemerintahan India.

Insiden itu memicu kontroversi di dalam dan di luar India, dengan kelompok-kelompok hak asasi manusia mengatakan petugas itu menggunakan pria itu sebagai perisai manusia terhadap pengunjuk rasa yang melempar batu.

Rawat mengatakan tindakan perwira itu dalam aturan karena tentara menghadapi "perang kotor" di wilayah yang disengketakan dan harus berjuang menggunakan cara "inovatif".

Bulan lalu, dia memicu kontroversi lain dengan mengatakan di televisi bahwa penduduk Kashmir menawarkan untuk "menggantung teroris sendiri" dan itu adalah "pertanda yang sangat positif".

Baca Juga: Percaya Kota Ini Diserang Setan, 300 Orang Korbankan Diri Dilempari BatuDemi Sumbangkan Darah Mereka

Lynching adalah ilegal menurut hukum India. Dia tidak memberikan bukti untuk mendukung pernyataannya.

Kashmir dibagi antara India dan Pakistan, dan keduanya mengklaim seluruh wilayah Himalaya.

Rawat sebelumnya selamat dari kecelakaan helikopter pada 2015 di negara bagian Nagaland di timur laut.

Jenis helikopter angkut militer yang jatuh pada Rabu, Mi-17V5, banyak digunakan di India oleh tentara dan menteri ketika mengunjungi lokasi pertahanan.

Baca Juga: Kirim 200 Ribu Tentara dan Jet Tempur Skuadron, India malah Dicibir China, Beijing Jumawa Kekuatan Militer PLA Tetap Menang

Pada 2017, sebuah helikopter Mi-17V5 jatuh di negara bagian timur laut Arunachal Pradesh, menewaskan tujuh personel militer.

Bilal Kuchay memberikan kontribusi pelaporan dari New Delhi, India.

Baca Juga: Indonesia Segera Punya Kapal Selam Nuklir? Perjanjian Dengan Perancis Jadi Bukti RI Kejutkan Aliansi China-Rusia dan AUKUS yang Ingin Kuasai Laut China Selatan?

(*)

Editor : Rifka Amalia

Sumber : Al Jazeera

Baca Lainnya