Varian Omicron Sudah Terdeteksi di Singapura dan Malaysia, Epidemiolog: Indonesia Tinggal Nunggu Waktu

Sabtu, 04 Desember 2021 | 17:35
Pixabay

Virus corona varian baru Omicron.

Sosok.ID - Virus corona baru penyebab penyakit Covid-19, kembali bermutasi.

Varian baru yang sedang menghebohkan dunia yakni disebut B.1.1.529 Omicron.

Kabarnya, vurus ini telah sampai di Malaysia dan Singapura, negara tetangga Indonesia.

Melansir dari Kompas.com, virus corona baru varian omicorn memiliki gejala infeksi yang tergolong ringan.

Baca Juga: Waspada! Menular 500 Kali Lipat Lebih Cepat, Cegah Virus Corona Varian Omicron dengan Memperhatikan 6 Hal Ini!

Kendati demikian, virus ini berpotensi melakukan penularan 500 persen atau 500 kali lebih cepat ketimbang varian lain.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) juga telah mengklasifikan varian Omicron ini ke dalam kategori variant of concern (VoC), tanpa melalui kategori variant of interest (VoI).

Dikutip dari GridHot.ID, Malaysia disebut telah melaporkan kasus pertama varian baru virus corona Omicorn, begitu pula dengan Singapura.

Pada 3 Desember 2021, Channel News Asia melaporkan bahwa Menteri Kesehatan Malaysia Khairy Jamaluddin mengumumkan kasus pertama varian Omicron.

Baca Juga: Jokowi Imbau Masyarakat Waspadai Varian Mu, Disebut Kebal Vaksin, Begini Faktanya!

Kasus pertama ini terdeteksi pada seorang mahasiswa asal Afrika Selatan yang berkuliah di universitas swasta di Ipoh, Perak.

Mahasiswa tersebut tiba di Malaysia pada 19 November 2021 lalu.

Khairy mengatakan, kasus Omicron dikonfirmasi pada 2 Desember 2021 berdasarkan sampel yang diambil dari mahasiswa berusia 19 tahun, lewat RT-PCR setibanya di Bandara Internasional Lumpur (KLIA).

Mahasiswa itu tiba di Malaysia dari Singapura. Dia kemudian diangkut dari KLIA ke tempat karantina menggunakan bus kampus dan dikarantina di Ipoh.

Baca Juga: Covid-19 Jenis Baru Kembali Muncul di Dunia, Disebut Varian Lambda

Lima orang lainnya yang berada di bus yang sama dengan mahasiswa tersebut juga ikut dikarantina. Tapi, semuanya negatif Covid-19. Sementara delapan kontak dekat mahasiswa menjalani tes RT-PCR pada Jumat.

Khairy menambahkan, siswa tersebut memasuki Malaysia sebelum Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan Omicron sebagai variant of concern pada 26 November lalu.

"Setelah kami mengetahui tentang Omicron, kami kembali melakukan tes genomik pada semua kasus positif dari KLIA antara 11 dan 28 November untuk melihat apakah sudah ada di sini."

"Begitulah cara kami mendeteksi kasus tersebut," kata Khairy.

Baca Juga: Perketat Prokes, Fakta Virus Corona Varian Kappa dengan Potensi Mematikan yang Ditemukan di Indonesia

Di sisi lain, Kementerian Kesehatan Singapura mengatakan, dua penumpang yang tiba di Singapura dari Afrika Selatan dengan penerbangan Singapore Airlines menunjukkan hasil tes "awal positif" varian Omicron.

"Kedua orang itu diisolasi setibanya di Singapura pada 1 Desember, dan belum berinteraksi di masyarakat," kata Kementerian Kesehatan Singapura pada 2 Desember 2021 seperti dikutip Channel News Asia.

"Saat ini tidak ada bukti penularan komunitas dari kasus-kasus ini," sambungnya.

Kedua orang tersebut dalam masa pemulihan di bangsal isolasi di National Center for Infectious Diseases (NCID).

Baca Juga: Media AS Soroti Kasus Meninggalnya Dokter-dokter di Kudus meski Telah Divaksin Sinovac, Indonesia Diduga Jadi Studi Kasus Kekhawatiran Varian Delta

Menurut Kementerian Kesehatan Singapura, keduanya sudah divaksinasi lengkap dan memiliki gejala ringan batuk serta tenggorokan gatal.

Kedua orang itu tiba dari Johannesburg pada Rabu (1/12/2021).

Kementerian Kesehatan Singapura membeberkan, kasus pertama adalah penduduk tetap Singapura berusia 44 tahun yang tiba di Singapura dari Mozambik, transit melalui Johannesburg. Tes pra-keberangkatannya di Mozambik pada 29 November negatif Covid-19.

Kasus kedua adalah seorang wanita warga negara Singapura berusia 41 tahun yang tiba di Singapura dari Afrika Selatan. Tes pra-keberangkatannya di Johannesburg pada 29 November negatif Covid-19.

Baca Juga: Covid-19 Varian Delta Lebih Mewabah, Kemenkes : Akan Cepat Penularannya

Kementerian Kesehatan Singapura mengungkapkan, mereka langsung menjalani tes PCR setibanya di Singapura, dan segera dibawa ke fasilitas khusus menjalani isolasi sambil menunggu hasil tes.

Setelah konfirmasi terinfeksi Covid-19, mereka dibawa ke NCID.

"Hasil uji PCR mereka mengungkapkan ada S-gene Target Failure yang mungkin terkait dengan varian Omicron."

"Laboratorium Kesehatan Masyarakat Nasional sedang melakukan sequencing seluruh genom untuk mengonfirmasi varian tersebut," kata Kementerian Kesehatan Singapura.

Baca Juga: 60 WN India Bikin Onar Saat Diminta Isolasi, Negaranya Diketahui Sedang Tsunami Covid-19, Anggota DPRD DKI Resah: Indonesia Harus Tegas!

Terkait kasus baru infeksi Covid-19 varian baru Omicron di Malaysia dan Singapura, epidemiolog mengatakan, bukan tidak mungkin jika kasus serupa teridentifikasi di Indonesia dalam waktu dekat.

"Itu tetangga terdekat (Malaysia dan Singapura sudah mengidentifikasi penularan), dan kita (Indonesia) bukan negara yang menutup diri ya, jangan kaget kalau 1-2 hari ke depan ini ada (temuan kasus infeksi varian Omicron)," kata Dicky kepada Kompas.com, Jumat (3/12/2021).

"Sekali lagi perkara waktu saja kalau di Indonesia, di Indonesia sudah ada juga besar kemungkinannya, sangat besar kemungkinannya," tambahnya.

Baca Juga: MutasiVirus Corona 50% Lebih Menular Ditemukan di Inggris, 40 Negara Tutup Perjalanan, WHO Berusaha Redam Kepanikan Dunia

Untuk diketahui, variant of interest adalah varian SARS-CoV-2 yang ditandai dengan mutasi asam amino yang menyebabkan perubahan fenotipe virus, yang diketahui atau diprediksi dapat mengubah kondisi epidemiologi, antigeneistas, dan virulensi virus.

Sedangkan, variant of concern adalah varian virus corona yang menyebabkan peningkatan penularan dan angka kematian akibat Covid-19. VoC juga merupakan varian dengan dua komponen VoI.

Virus corona baru varian Omicron masuk dalam kategori variant of concern tanpa melalui variant of interest.

Baca Juga: 3 Bahaya Covid-19 Varian Omicron yang Baru Ditemukan, Penularan Lebih Cepat hingga Menurunkan Antibodi yang Mengancam Efektivitas Vaksin

(*)

Editor : Rifka Amalia

Sumber : Kompas.com, GridHot.ID

Baca Lainnya