Taliban Afghanistan Bakal Ikuti Jejak Indonesia? Sosok Mantan Wapres RI Ini Buktikan Pengaruh Indonesia Pada Kelompok Milisi: Dia Mengunjungi Pesantren-pesantren (Indonesia)

Rabu, 18 Agustus 2021 | 20:31
The Guardian

Taliban Afghanistan Bakal Ikuti Jejak Indonesia? Sosok Mantan Wapres RI Ini Buktikan Pengaruh Indonesia Pada Kelompok Milisi: Dia Mengunjungi Pesantren-pesantren (Indonesia)

Sosok.ID - Saat ditanya soal Afghanistan saat ini, Kepala Staf Presiden Moeldoko mengatakan sikap pemerintah sangat jelas terhadap tindakan radikalisme dan terorisme.

Moeldoko menyinggung munculnya kekhawatiran akan bangkitnya sel terorisme di Indonesia setelah Taliban menguasai Afghanistan.

Untuk diketahui Jamaah Islamiyah yang kerap melakukan aksi teror di Indonesia adalah kelompok yang berafiliasi dengan jaringan teroris Al Qaeda pimpinan Osama Bin Laden yang dekat dengan Taliban.

"Sikap dasar pemerintah kita sangat clear terhadap tindakan-tindakan terorisme dan tindakan-tindakan radikalisme, sangat jelas pemerintah," kata Moeldoko di Kantor Staf Presiden, Jakarta, Rabu, (18/8/2021).

Baca Juga: Jadi Salah Satu yang Paling Dicari Dan Hanya Ditemukan Rekaman Suaranya, AKhirnya Sosok Juru Bicara Taliban Muncul Setelah Afghanistan Jatuh

Moeldoko enggan berkomentar mengenai sikap pemerintah Indonesia terhadap kondisi di Afghanistan yang kini di kuasai kelompok Taliban.

Termasuk apakah pemerintah akan mengakui Afghanistan di bawah kendali Taliban atau tidak.

Menurut Moeldoko masalah tersebut menjadi kewenangan Kementerian Luar Negeri.

"Saya tidak mau mendahului, bidang tugasnya Menlu saya mohon nanti menanyakan kepada Menlu," katanya.

Baca Juga: Taliban Makin Ganas Rebut Banyak Kota, Akhirnya Tentara Afghanista Buka Suara Penyebab Kekalahan Mereka: Pasukan Kami Disalahgunakan

Sebelumnya, eks Wakil Presiden Indonesia (RI), Jusuf Kalla (JK) percaya saat ini Taliban lebih moderat ketimbang 20 tahun yang lalu, yang begitu sangat konservatif dan memaksa pemerintah dengan keras.

“Saya yakin Taliban itu banyak berubah tidak seperti waktu di pemerintahan dia yang pertama, antara tahun 1996 hingga 2001. Saya kira dia lebih terbuka,” kata JK pada konferensi pers, Senin (16/8/2021).

JK menceritakan bahwa ia pernah 2 kali mengundang perwakilan Taliban ke Jakarta untuk melihat bahwa Islam bisa berkembang di negara Indonesia secara moderat.

Saat itu, perwakilan Taliban sangat kagum melihat muslim di Indonesia bisa menjalankan ibadah dengan cara yang baik, tidak perlu menggunakan cara yang konservatif.

Baca Juga: AS Bukan Pemegang Militer Terhebat, Pasukan Taliban Buktikan Saat Buat Tentara Afghanistan yang Dilatih Amerika Kocar-kacir, Perang Saudara Pecah!

Tangkap layar YouTube Kompas TV

Moeldoko, Kepala Staf Presiden

“Dia mengunjungi pesantren-pesantren. Satu tujuannya ialah untuk mengubah cara berpikir mereka agar terbuka,” ujarnya.

Jusuf Kalla diketahui aktif dalam upaya damai di Afghanistan.

Saat masih menjabat sebagai Wakil Presiden RI periode 2014-2019, ia pernah beberapa kali terlibat langsung dalam perundingan damai Afghanistan.

JK menegaskan Indonesia tidak pernah mengambil keuntungan dari kesulitan negara lain.

Baca Juga: Pos Militer Perbatasan Lenyap, 46 Tentara Afghanistan Cari Perlindungan di Pakistan

Namun, ia meyakini, Indonesia akan tetap selalu menjaga hubungan antar negara, termasuk dengan Afghanistan yang dipimpin Taliban.

Ia meyakini pemerintah maupun para pengusaha Indonesia akan siap nantinya menjalin ekonomi dengan Afghanistan yang dia sebut memiliki penduduk sebesar 38 juta orang.

Jumlah tersebut lebih besar daripada jumlah penduduk Malaysia dan merupakan pasar yang cukup menjanjikan menurutnya.

Baca Juga: Afghanistan Jatuh ke Tangan Turki, Amerika Memilih Mundur

“Saya pikir ini memakan waktu, tunggu stabil dulu pemerintahan mereka,” katanya.

Selama ini Afghanistan kerap dibantu Amerika, sampai gaji pegawai pun didukung Amerika.

Padahal Afghanistan memiliki sumber daya yang kaya.

“Saya yakin sikap Taliban tidak seperti tahun 2000 atau 20 tahun yang lalu, yang begitu sangat konservatif dan memaksa pemerintah dengan keras. Pengalaman-pengalaman itu saya kira kemudian mengubah sikap Taliban,” ujarnya. (*)

Editor : Andreas Chris Febrianto Nugroho

Sumber : Tribunnews.com

Baca Lainnya