Sengit, PLA Kejar Kapal Perang AS pada Peringatan Arbitrase Laut China Selatan, Beijing Yakin Joe Biden Inginkan Baku Hantam

Selasa, 13 Juli 2021 | 21:00
China Military

(Ilustrasi) Kapal China di Laut China Selatan.

Sosok.ID - Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA) mengusir kapal perang Amerika Serikat (AS) dari Xisha pada peringatan 5 tahun 'penguasaan' Laut China Selatan.

Pada hari Senin, (12/7/2021), yang menandai ulang tahun kelima dari apa yang disebut arbitrase Laut China Selatan, AS mengalami pukulan langsung ketika mencoba membuat provokasi di Laut China Selatan,

Dikutip dari Global Times, China menyebut sikap AS sepenuhnyasebagai “perusak stabilitas regional.”

Tanpa izin dari pemerintah China, kapal perusak rudal berpemandu AS USS Benfold secara ilegal masuk tanpa izin ke perairan teritorial yang diklaim China di Xisha pada hari Senin.

Baca Juga: PLA China Genjot Tentaranya di Pegunungan Demi Menang Perang, Senjata hingga Taktik Mati-matian 'Dibakar'

Kolonel Senior Tian Junli, juru bicara komando, mengatakan dalam sebuah pernyataan yang dirilis pada hari yang sama bahwa Komando Teater Selatan Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA) mengorganisir pasukan laut dan udara untuk melacak,memantaunya dan mengusirnya

Global Times menyebut Kepulauan Xisha adalah wilayah yang melekat pada China.

Langkah militer AS secara serius dinilai melanggar kedaulatan dan keamanan China, merusak perdamaian dan stabilitas di Laut China Selatan, dan melanggar hukum internasional dan norma-norma hubungan internasional.

Tian menambahkan, ini menandai lebih banyak hal yang tak terbantahkan. Bukti militerisasi AS di kawasan dengan hegemoni navigasi.

Baca Juga: Mimpi Buruk Nelayan Filipina Setelah Milisi Beijing Tabrak Kapal di ZEE Laut China Selatan, Sosok Randy Megu: Saya Sangat Takut..

Zhang Junshe, seorang peneliti senior di PLA Naval Military Studies Research Institute, mengatakan kepada Global Times pada hari Senin bahwa langkah AS menunjukkan bahwa pihaknya terus melakukan provokasi atas nama "kebebasan navigasi".

Dengan putusan arbitrase yang ilegal dan tidak sah, tetapi China menunjukkan tekad dan kemampuan yang kuat – bahkan lebih dari lima tahun yang lalu – dalam menjaga kedaulatan dan keamanannya.

Laporan CNN mneyebutkan, sebelum langkah provokatif itu, AS memperingatkan China bahwa pihaknya mendukung apa yang disebut keputusan Laut China Selatan dalam sebuah pernyataan yang menandai ulang tahun kelima keputusan yang menolak klaim teritorial China atas jalur air itu, yang berpihak pada Filipina.

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken mengatakan pada hari Minggu (10/7) bahwa AS dapat meminta pakta pertahanan timbal balik AS-Filipina jika ada tindakan militer China terhadap “aset Filipina di wilayah tersebut.”

Baca Juga: Terang-terangan Ngaku Ingin Bumi Hanguskan Taiwan Sampai Provokasi Kirim Puluhan Jet, Nyatanya China Kocar-kacir Saat Taipei Keluarkan Senjata Rahasia Ini!

Chen Xiangmiao, asisten peneliti di Institut Nasional untuk Studi Laut China Selatan di Provinsi Hainan China Selatan, mengatakan bahwa "keputusan Arbitrase Laut China Selatan" lahir di bawah manipulasi politik oleh kekuatan Barat yang dipimpin AS dan berfungsi sebagai alat untuk menahan dan mencoreng China dengan kedok hukum internasional.

AS dan mitranya termasuk Jepang dan Kanada berusaha menggambarkan China sebagai "perusak norma internasional dan multilateralisme" dan AS sebagai "pembela" dalam narasi mereka dengan meningkatkan keputusan di Laut China Selatan, kata Chen.

Zhao Lijian, juru bicara Kementerian Luar Negeri China, pada hari Senin mengecam AS karena pernyataannya mengabaikan fakta.

AS dinilai melanggar dan menyimpangkan hukum internasional, bertentangan dengan komitmen publik lama pemerintah AS untuk tidak mengambil posisi dalam masalah kedaulatan di Laut China Selatan, memprovokasi sengketa di Laut China Selatan dengan sengaja, dan menghancurkan perdamaian dan stabilitas di kawasan itu, yang sangat tidak bertanggung jawab.

Baca Juga: Mulai Berani? Taiwan Desak AS Hancurkan China untuk Hentikan Invasi, Ketakutan Perang Sangat Kencang

Adapun China mengklaim telah menganjurkan negosiasi dan konsultasi yang bersahabat untuk menyelesaikan masalah Laut China Selatan, memperlakukan tetangga Laut China Selatan secara setara dan menahan diri secara maksimal ketika menjaga kedaulatan, hak, dan kepentingan kami di Laut China Selatan.

Sebaliknya, sejak awal tahun ini, pihak AS disebut Beijing telah melakukan pengintaian jarak dekat selama hampir 2.000 kali dan lebih dari 20 latihan militer skala besar di laut China Selatan.

"Ini memperlihatkan logika politik kekuasaan dan praktik hegemoniknya," kata Zhao.

Serangkaian provokasi oleh AS terhadap masalah Laut China Selatan telah mengungkap bahwa AS sebenarnya adalah “perusak norma-norma internasional dan multilateralisme,” kata Chen.

Selama lima tahun terakhir, hubungan China-Filipina telah mengalami perkembangan yang baik dan situasi di Laut China Selatan dinilai telah mengalami peningkatan yang stabil, yang tidak disebabkan oleh keputusan ilegal.

Baca Juga: China Sebut Jepang Gali Kuburan Sendiri Jika Nekat Gabung Militer AS Bantu Taiwan Menang Perang

Tetapi Chen mencatat, kebijakan rasional pemerintah Filipina di Laut China Selatan dan konsensus yang dicapai dengan China untuk mengesampingkan keputusan tersebut dan tidak menganggap keputusan tersebut sebagai prasyarat untuk menangani masalah Laut China Selatan.

Dalam beberapa tahun terakhir, China dan Filipina telah meluncurkan kerja sama di industri perikanan, penegakan hukum kelautan, dan memerangi epidemi, kata Chen.

China dan negara-negara terkait di Laut China Selatan telah secara efektif mengelola perbedaan melalui dialog dan konsultasi, dan terus-menerus mempromosikan kerja sama praktis, kata Zhao.

Zhao menambahkan, China dan anggota ASEAN telah sepenuhnya dan efektif menerapkan Deklarasi tentang Perilaku Para Pihak di Laut China Selatan, dan membuat kemajuan penting dalam memajukan konsultasi tentang kode etik di Laut China Selatan.

Baca Juga: China Soroti Pesawat Bekas AS Baru Dibeli Langsung Bakar Tentara Muda Filipina dalam Kecelakaan, Total 53 Tewas

Namun, beberapa politisi Filipina mencoba menekan pemerintahan Duterte tentang masalah Laut China Selatan untuk keuntungan politik mereka sendiri, klaim Vhina.

Wakil Presiden Leni Robredo pada hari Senin mengecam pemerintahan Duterte karena kegagalannya untuk memanfaatkan “kemenangan arbitrase” Filipina melawan China lima tahun setelah keputusan itu, media Filipina melaporkan.

Chen mengatakan karena Robredo kemungkinan akan mencalonkan diri sebagai presiden, dia mencoba menciptakan citra publik bahwa dia berjuang untuk kepentingan nasional untuk memenangkan lebih banyak dukungan dalam pemilihan 2022.

Minoritas politisi di Filipina ingin mendapatkan dukungan dari kekuatan pro-AS dan anti-China terlepas dari kepentingan warga Filipina. (*)

Editor : Rifka Amalia

Sumber : Global Times

Baca Lainnya