Menyerahkan Diri, 3 Anggota KKB Papua Lekagak Telenggen Bocorkan Informasi Peran dan Pembagian Tugas, Termasuk Pantau Gerak-gerik Aparat

Senin, 17 Mei 2021 | 17:36
dok.

3 Anggota OPM atau KKB Papua kelompok Lekagak Telenggen menyerahkan diri.

Sosok.ID -Tiga anggota KKB Papua dari kelompok Lekagak Telenggen menyerahkan diri kepada aparat TNI Satgas Yonif 715/Mtl yang melaksanakan patroli keamanan di Kampung Tanah Merah, Papua, Sabtu (15/5/2021).

Dari tiga anggota KKB Papua yang menyerahkan diri itu didapat informasi terkait pembagian tugas.

Kepala Penerangan Kogabwilhan III Kolonel Czi IGN Suriastawa mengatakan mereka yang menyerahkan diri masing-masing berinisial YAW (34), MM (17), dan OM (41).

“Tiga orang yang menyerahkan diri itu merupakan anggota kelompok teroris Lekagak Telenggen,” kata Suriastawa dalam keterangannya, Minggu (16/5/2021), dikutip dari Tribunnews.

Ketiganya segera diperiksa oleh petugas.

Baca Juga: Dipukul Mundur TNI-Polri, 2 Anggota KKB Papua Tewas dalam Kontak Senjata Dini Hari, 1 Kabur dalam Kondisi Terluka

Dari hasil pemeriksaan, diketahui peran masing-masing tiga anggota itu.

Pembagian Tugas

Berdasarkan pengakuan dari ketiganya, kata Suriastawa, diketahui mereka memiliki tugas yang berbeda-beda.

Suriastawa mengatakan YAW yang juga terlibat perang di Tembagapura tahun 2017-2019 bertugas sebagai pemantau aparat keamanan yang akan masuk ke Kampung Tigilobak.

Sementara MM, lanjutnya, bertugas sebagai pencari logistik dan dana dari masyarakat.

Baca Juga: Mainnya Jago Kandang Tantang TNI Duel, KKB Papua Melempem Dihajar Kekuatan Pasgab, Ajudan Komandan Pasukan Lekagak Telenggen Tewas Usai Kontak Senjata

Sedangkan OM, berperan sebagai pendamping saat YAW dan MM melaksanakan tugasnya.

Selain menyerahkan diri, kata Suriastawa, ketiganya juga menyerahkan sejumlah senjata.

Senjata tersebut antara lain berupa senapan angin, golok, anak panah, munisi SS2, softgun, beberapa dokumen, ransel, ponsel, dan lainnya.

“Saat ini, ketiga teroris dan barang bukti sudah diserahkan kepada Satgas Nemangkawi Polri untuk pemeriksaan dan proses lebih lanjut,” kata Suriastawa.

Sementara itu, sebelumnyapada Kamis (13/5/2021) pukul 07.30 WIB, kontak senjata antara pasgab TNI dan KKB Lekagak Telenggen pecah.

Baca Juga: Anak Buahnya Gembar-Gembor Siap Perang, Pemimpin KKB Papua Malah Akui Takut Berhadapan Dengan TNI, Sadar Bisa Langsung KO Bila Indonesia Kerahkan 3 Senjata Mematikan Ini!

Kontak senjata dilaporkan terjadi di Kampung Wuloni, Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua.

"Pasukan yang kontak tembak adalah gabungan TNI (Kopassus, Kostrad, dan Yonif 500/R)," tulis Pangdam XVII/Cenderawasih Mayor Jenderal (Mayjen) TNI Ignatius Yogo Triyono, melalui pesan WhatsApp.

Sementara itu, KKB yang terlibat baku tembak dengan pasgab TNI adalah kelompok separatis yang dipimpin oleh Lekagak Telenggen.

Baca Juga: Tak Berkutik, 3 Satuan Khusus TNI Termasuk Kopassus Turun Tangan Serbu KKB di Papua, Salah Satu Pemimpin Pasukan Lekagak Telenggen Tewas, Begini Kronologinya!

Dari aksi baku tembak dengan pasgab TNI tersebut, 2 anggota KKB dilaporkan tewas.

Salah satunya diduga adalah Lesmin Waker, komandan pasukan angin KKB pimpinan Lekagak Telenggen.

(*)

Editor : Rina Wahyuhidayati

Sumber : Kompas.com, tribunnews

Baca Lainnya