Bukti Indonesia Ditakuti, Dicetuskan Nelayan Tanah Air, Kini Strategi Milisi Maritim Dipakai Vietnam Hingga Tiongkok Untuk Rebutan Laut China Selatan

Sabtu, 01 Mei 2021 | 20:23
https://koarmada2.tnial.mil.id/

Bukti Indonesia Ditakuti, Dicetuskan Nelayan Tanah Air, Kini Strategi Milisi Maritim Dipakai Vietnam Hingga Tiongkok Untuk Rebutan Laut China Selatan

Sosok.ID - Laut China Selatan agaknya makin panas setelah sejumlah negara memilih untuk menabuh genderang perang dengan Tiongkok.

Hal itu dilakukan setelah China terang-terangan ingin menguasai wilayah-wilayah di kawasan laut padat aktivitas tersebut,

Yang terbaru, Filipina dan Vietnam pun sampai mengirimkan armada militernya di perbatasan laut demi halau China dari wilayah mereka.

Namun ada hal menarik dari memanasnya situasi kawasan laut yang berbatasan langsung dengan wilayah Indonesia di bagian Utara tersebut.

Baca Juga: AS Mulai Jor-joran di Garis Depan Laut China Selatan, Liaoning Panas Dibuntuti Kapal Perusak Negeri Paman Sam, China Berang: Patuhi Aturan!

Bagaimana tidak, beberapa tahun lalu saat wilayah Natuna sempat akan diespansi oleh China banyak pihak di Indonesia pun marah besar.

Bahkan ada beberapa pihak seperti nelayan ikan sampai ingin ikut turun tangan demi hancurkan kekuatan laut China di kawasan tersebut.

Tetapi strategi militer yang melibatkan nelayan ikan Tanah Air tersebut ternyata tak disetujui oleh berbagai pihak.

Lebih mengejutkannya lagi, beberapa bulan ini strategi yang juga bisa disebut milisi maritim yang dicetuskan oleh nelayan Indonesia beberapa tahun lalu itu dipakai oleh sejumlah negara.

Baca Juga: Gesekan Sedikit Saja Bisa Buat Laut China Selatan Kacau Balau, AS Sudah Ketangkap Basah Intai Latihan Militer Tiongkok, Beijing Beri Peringatan Keras

Hal itu bukan tanpa alasan, strategi militer ini digunakan untuk mengamankan wilayah maupun mengekspansi wilayah baru di Laut China Selatan oleh sejumlah negara.

Tanpa terkecuali China dan Vietnam.

Melansir dari South China Morning Post, Selasa (27/4/2021) dari sebuah majalah militer China, Naval and Merchant Ships strategi yang tempur yang pernah dicetuskan nelayan Indonesia kini dipakai oleh Hanoi.

Strategi tersebut tak lain adalah menyusun kekuatan maritim melalui beberapa kapal-kapal non militer.

Baca Juga: Perairan Asia Memanas, Armada Kapal Perang Inggris Dipimpin Kapal Induk akan Menuju Laut China Selatan di Tengah Ketegangan, Apa Tujuannya?

"Kekuatan milisi maritim Vietnam dan aktivitas mereka di perairan dekat Hainan, Kepulauan Paracel, dan Kepulauan Spratly telah mengancam penegakan hukum maritim dan keamanan pertahanan nasional China," kata majalah itu.

"Masalah ini harus ditanggapi dengan serius dan ditangani tepat waktu", lanjutnya.

Meski demikian memang ternyata milisi maritim Vietnam ini telah menjadi bagian dari militer Hanoi sejak disahkan.

Vietnam diketahui mengesahkan undang-undang yang mengatur mengenai wewenang kepada milisi maritimnya untuk melakukan patroli maupun pengawasan wilayah.

Baca Juga: Ngeri, China-AS Adu Taring di Tengah Situasi Bahaya Laut China Selatan, Pasukan Negeri Paman Sam Gila-gilaan di Garis Depan

Setidaknya tercatat sekitar 8.000 kapal penangkap ikan dan 46.000 nelayan masuk dalam bagian milisi tersebut.

Namun Naval and Merchant Ships menungkapkan setidaknya Vietnam miliki lebih dari angka tersebut atau perkiraannya mencapai 70.000.

"Ketika tidak menangkap ikan, milisi terlatih ini mengambil bagian dalam berbagai misi, terkadang bekerja sama dengan angkatan laut Vietnam," lapor majalah tersebut lagi.

"Misinya termasuk memata-matai fasilitas militer dan kapal China dan terkadang dengan sengaja bentrok dengan kapal penjaga pantai China untuk menarik perhatian media Barat."

Baca Juga: Kedaulatan Filipina Harga Mati, Duterte Keras Tolak Didikte China, Ratusan Kapal Xi Jinping Diminta Hengkang dari Wilayahnya

Strategi ini seperti yang pernah dilakukan Tiongkok beberapa waktu ini saat dituding mengespansi Whitsun Reef di wilayah sengketa dengan Filipina.

Setidaknya saat itu China mengirim lebih dari 200 kapal nelayan untuk menduduki wilayah tersebut.

Hal itu sejalan dengan niat nelayan Indonesia kala China disebut ingin merebut wilayah Natuna Utara tahun 2019 silam.

Bahkan nelayan asal pulau Jawa mengaku siap bila diminta TNI AL untuk ikut berpartisipasi mengamankan wilayah Indonesia di Natuna Utara.

(*)

Editor : Andreas Chris Febrianto Nugroho

Sumber : scmp, Kompas TV

Baca Lainnya