Tak Hanya Pemerintah, Sejumlah Publik Figur Coba Hubungi Pimpinan TNI Untuk Beri Santunan dan Beasiswa Pada Anak Awak KRI Nanggala-402 yang Gugur, Hotman Paris: Bukan Pencitraan

Senin, 26 April 2021 | 16:23
Tribunnews/Twitter @jurnalmaritim

ilustrasi. Tak Hanya Pemerintah, Sejumlah Publik Figur Coba Hubungi Pimpinan TNI Untuk Beri Santunan dan Beasiswa Pada Anak Awak KRI Nanggala-402 yang Gugur, Hotman Paris: Bukan Pencitraan

Sosok.ID - Kabar duka menyelimuti militer Indonesia saat insiden hilang kontak kapal Selam KRI Nanggala-402 jadi sorotan beberapa hari lalu.

Awak kapal telah dinyatakan gugur dalam tugas setelah penemuan bangkai kapal selam yang terbelah di kedalaman 830 meter.

Meski demikian banyak pihak pun menyoroti nasib dari keluarga awak kapal selam KRI Nanggala-402 yang ditinggalkan.

Bahkan pemerintah Kota Surabaya baru-baru ini mengumumkan telah menyiapkan beasiswa pendidikan bagi seluruh anak awak kapal selam tersebut.

Baca Juga: Dinyatakan Gugur Saat Bertugas, 53 Awak KRI Nanggala-402 Miliki Alasan Kuat Lebih Pilih Diam di Dalam Kapal Selam Ketimbang Berenang Keluar Kapal, Ini Alasannya!

Mengutip dari Kompas.com, hal tersebut diungkapkan langsung oleh Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi.

Menurut Eri, awak KRI Nanggala-402 merupakan patriot bangsa dan penjaga kedaulatan negeri.

"Beasiswa adalah bentuk penghargaan dari Pemkot Surabaya, meski tentu ini tidak sebanding dengan pengabdian beliau-beliau yang teguh hingga akhir menjaga laut kita," kata Eri di Surabaya, seperti dikutip dari Antara, Senin (26/4/2021).

Setidaknya dari 53 awak kapal selam yang dinyatakan gugur, ada 9 orang yang diketahui merupakan warga Surabaya.

Baca Juga: Di Tengah Duka Nanggala,Kepala BIN Papua Gugur Dihujami Tembakan KKB, Bentuk Pengorbanan Brigjen TNII Gusti Putu Danny Karya

Eri telah mengunjungi sejumlah keluarga awak kapal KRI Nanggala-402 yang tinggal di sejumlah kecamatan seperti Wonokromo, Semampir, Kenjeran, Tambak Sari, Bulak Sukolilo, dan Karang Pilang pada Minggu (25/4/2021).

"Jika tidak salah, ada sekitar sembilan awak KRI Nanggala-402 yang tinggal dan ber-KTP Surabaya. Akan terus kami update. Sejak pagi hingga sore, saya sudah berkeliling mengunjungi para keluarga, berdoa bersama, memberikan semangat, bersama-sama kita melewati masa sulit ini," ujar Eri.

Tak hanya pejabat pemerintahan, sejumlah publik figur pun juga ikut andil bagian bahkan ada beberapa yang tengah berkomunikasi dengan pimpinan TNI.

Salah satunya yang diungkapkan oleh Ulama kenamaan, Ustadz Yusuf Mansur baru-baru ini.

Baca Juga: Teggelamnya KRI Nanggala 402 Semakin Menambah Daftar Panjang, Berikut 5 Insiden Maut Kapal Selam di yang Pernah Terjadi di Berbagai Belahan Dunia

Dalam sebuah unggahan di akun Instagram pribadinya, @yusufmansurnew, Senin (26/4/2021) ia mengungkapkan keinginannya untuk ikut berbagi.

Bahkan Ustadz Yusuf Mansur mengungkapkan dirinya kini tengah berkomunikasi dengan pimpinan TNI mengenai beasiswa untuk anak-anak awak KRI Nanggala-402.

Selain itu Ustadz Yusuf Mansur juga menambahkan ingin melihat anak-anak prajurit TNI yang gagah berani tersebut bisa meneruskan cita-cita orang tua mereka.

"saya coba bcr dg pimpinan TNI agar seluruh anak2 dari 53 pejuang dan pahlawan kita, diberi beasiswa di Daqu oleh kita semua. kemudian disiapkan jadi tentara di kemudian hari. aaamiin.

Baca Juga: Terpotong Menjadi 3 Bagian, KRI Nanggala-402 Beserta 53 Awak Kapal Putuskan Berpatroli Jaga Perairan Indonesia Selamanya

..bismillaah. doain bisa berkomunikasi dengan yang terkait..."

Tak hanya Ustadz Yusuf Mansur, ternyata pengacara kondang Hotman Paris pun juga melakukan hal yang serupa.

Hotman Paris Hutapea baru-baru ini mengungkapkan juga ingin memberi santunan berupa uang kepada keluarga awak kapal selam Nanggala-402 yang ditinggalkan.

Baca Juga: Postingan Lawas Komandan KRI Nanggala-402 Heri Oktavian Minta Didoakan Jika Suatu Saat Namanya Muncul di Berita, Kini Benar-benar Banjir Doa

Pengacara Rp 30 miliar itu tak mengatakan berapa jumlah pasti uang yang akan diberikan pada keluarga anggota TNI tersebut.

Hal itu diungkapkan sang pengacara kondang di kanal Youtube Intens Investigasi, Senin (26/4/2021).

Apa yang dilakukan oleh Hotman Paris tersebut menurutnya hanya spontan saja lantaran ikut merasa sedih setelah melihat video viral salah satu anak awak kapal KRI Nanggala-402 beberapa waktu lalu.

(*)

Editor : Andreas Chris Febrianto Nugroho

Sumber : Kompas.com, Instagram, Antara, YouTube

Baca Lainnya