Jabatan Moeldoko Bakal Digantikan Mantan Kapolri? Kursi Kepala Staf Presiden Disebut Bakal Segera Bergeser Bekas Rekan Tito Karnavian!

Senin, 15 Maret 2021 | 15:48
Tangkap layar Youtube Najwa Shihab

Jabatan Moeldoko Bakal Digantikan Mantan Kapolri? Kursi Kepala Staf Presiden Disebut Bakal Segera Bergeser Bekas Rekan Tito Karnavian!

Sosok.ID - Nama Kepala Staf Presiden, Jenderal (Purn) Moeldoko memang santer jadi pemberitaan beberapa waktu ini.

Hal itu tak lepas dari polemik yang terjadi dalam tubuh Partai Demokrat hingga melahirkan Kongres Luar Biasa (KLB).

Dalam KLB yang diadakan di Deli Serdang beberapa waktu lalu sempat menimbulkan berbagai polemik dan kontroversi.

Salah satunya penunjukkan Moeldoko sebagai ketua Partai Demokrat yang baru.

Baca Juga: Kemarahan Kapolri, Teror di Sigi Akhirnya Direspon Idham Azis, Kirim Tim Khusus Untuk Tembak Mati Anggota MIT: Tindak Tegas!

Kejadian tersebut pun jadi sorotan publik lantaran saat ini diketahui tampuk kepemimpinan partai Demokrat memang sedang dipegang oleh anak dari mantan Presiden ke 6, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Desakan demi desakan pun ditujukan pada pemerintah pusat lantaran ada nama salah satu pejabatnya masuk dalam pusara konflik partai Demokrat.

Isu lain pun semakin santer saat Moeldoko disebut-sebut bakal melepas jabatannya di pemerintahan.

Bahkan beberapa nama-nama calon pengganti Moeldoko untuk menjabat sebagai Kepala Staf Presiden yang baru pun sudah santer terdengar.

Baca Juga: Bukan Presiden Jokowi, Ternyata Ini Sosok yang Ditakuti Oleh Kapolri Idham Azis: Saya Juga Takut Sama Bang Bahar...

Melansir dari TribunSumsel, Senin (15/3/2021), Ketua Koordinator Jaringan Pemuda Indonesia (JAPI) Iradat Ismail mencium adanya pergantian kursi KSP dalam waktu dekat ini.

Menurut Iradat, bahkan ada kemungkinan besar Moeldoko memilih untuk berhenti dan fokus mengurus partai Demokrat yang saat ini dalam kondisi panas.

"Saya kira soal waktu saja. Tidak lama lagi, Pak Moeldoko akan melepaskan jabatan Kepala Staf Kepresidenan dan totalitas mengurus Partai Demokrat," kata Iradat, Sabtu (13/3/2021).

Selain itu, Iradat juga mengunngkapkan bahwa saat ini kemungkinan ada empat nama sosok yang bakal menggantikan Moeldoko di kabinet Jokowi.

Baca Juga: Kapolri Sindir Gaya Istri Pejabat Polisi Daerah yang Minta Fasilitas Berlebihan, Idham Azis: Ibu Negara Mau Pulang ke Solo Tidak Ada yang Antar!

Wartakotalive/Budi Sam Law Malau
Wartakotalive/Budi Sam Law Malau

Mantan Kapolri Jenderal Idham Azis

”Kalau kami dengar-dengar mengerucut ada empat sosok," ujar dia.

Keempat sosok tersebut bukanlah sosok sembarangan bahkan pernah menjabat sebagai salah satu orang penting dalam kesatuannya.

Keempat sosok ini juga memiliki jabatan tinggi saat masih aktif dalam kesatuannya masing-masing.

Setidaknya menurut Iradat, nama-nama yang santer bakal menjadi pengganti Moeldoko antara lain adlaah Mayjen TNI (Purn) TB Hasanuddin yang kini jadi politisi dari PDI Perjuangan.

Baca Juga: Hari Ini Dilantik Jadi Kapolri, Ternyata Idham Azis Miliki Putra Dengan Prestasi Mentereng, 2 Kali Capai Nilai Terbaik di Akpol

Selain itu ada mantan KSAD Jenderal (Purn) Mulyono, dan Letnan Jenderal TNI (Purn) Agus Sutomo yang ternyata pernah menjadi pengawal pribadi mantan Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Sudah bukan rahasia lagi, TB Hasanuddin juga pernah menjabat sebagai salah satu sosok penting dalam pemerintahan.

Yakni kala itu menjabat sebagai Sekretaris Militer era Presiden SBY dan Megawati Soekarnoputri.

Namun sosok yang terakhir ini lebih santer terdengar meski bukan berasal dari TNI.

Baca Juga: Disebut Bakal Gantikan Tito Karnavian Jadi Kapolri, Mantan Wakil Kepala Densus 88 Ini Pernah Buru dan Jebloskan Pangeran Cendana ke Penjara

Sosok tersebut tak lain adalah mantan rekan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian.

Jenderal (Purn) Idham Azis menjadi salah satu nama yang paling santer bakal menggantikan posisi Moeldoko sebagai KSP.

Mantan Kapolri ini memang menjadi salah satu nama penting hingga dikait-kaitkan sebagai pengganti Moeldoko.

"Empat nama ini memang menonjol kalau bicara KSP pengganti Pak Moeldoko. Tapi sekali lagi ini masih prediksi dan spekulasi. Kita tunggu saja," kata Iradat.

(*)

Editor : Andreas Chris Febrianto Nugroho

Sumber : Tribunsumsel.com

Baca Lainnya