Kirim Surat Tantangan Perang Terbuka, KKB Papua Kena Getahnya Saat Diladeni TNI-Polri, Begini Kronologinya!

Kamis, 18 Februari 2021 | 12:52
Instagram @kodam17

(ilustrasi) Kirim Surat Tantangan Perang Terbuka, KKB Papua Kena Getahnya Saat Diladeni TNI-Polri, Begini Kronologinya!

Sosok.ID - Kabupaten Intan Jaya, Papua kini memang sedang mencekam setelah beberapa kali anggota kelompok kriminal bersenjata (KKB) sering menebar teror.

Bahkan KKB tak segan menghabisi nyawa siapapun tanpa memandang buluh meski korban adalah warga sipil sekalipun.

Tak sampai di situ, kenekatan KKB tersebut masih berlanjut dengan menantang berduel dengan pasukan gabungan TNI-Polri.

Tantangan itupun disampaikan melalui sepucuk surat yang ditujukan pada pasukan TNI-Polri di Intan Jaya.

Baca Juga: Bahaya! KKB Papua Tiba di Kota, Warga Ketakutan Berbondong-bondong Mengungsi ke Kompleks Gereja: Pengungsi Sudah 1.000 Orang

Namun nahas, saat diladeni oleh TNI-Polri, anggota KKB itupun tak berkutik hingga akhirnya tewas kena pelor petugas.

Tiga anggota kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Intan Jaya, Papua, tewas dirterjang peluru aparat keamanan.

Ketiganya ditembak aparat ketika berupaya menyerang aparat keamanan.

Ketiganya diketahui bernama Janius Bagau, Januarius Sani, dan Justinus Bagau.

Baca Juga: Kematian Dramatis Anggota KKB Papua yang Tantang Perang TNI-Polri, Loncat ke Jurang, Rampas Senjata hingga Tewas Diberondong Tembakan

Dua dari tiga anggota KKB yang tewas tersebut diketahui yang sebelumnya melakukan provokasi untuk mengajak perang terbuka kepada aparat keamanan beberapa waktu lalu.

"Janius Bagau dan Januarius Sani keduanya turut menandatangani surat pernyataan perang kepada TNI-Polri yang beberapa waktu yang lalu," kata Kepala Penerangan Kogabwilhan III, Kolonel CZI IGN Suriastawa melalui keterangan tertulis, Selasa (16/2/2021).

Dikatakan Suriastawa, tindakan tegas yang dilakukan personel TNI terhadap anggota KKB tersebut terjadi pada Senin (15/2/2021).

Saat kejadian itu, personelnya sedang melakukan pengejaran terhadap pelaku penembakan Prada Ginanjar Arianda.

Baca Juga: Kalang Kabut Terekam Tenteng Senjata, 4 Orang Diduga KKB Papua Ngacir Kabur Masuk Hutan saat Lihat Drone TNI,Videonya Viral di Medsos

Tangkap layar YouTube/Wartakotalive
Tangkap layar YouTube/Wartakotalive

Kalang Kabut Terekam Tengah Tenteng Senjata, 4 Orang Diduga KKB Papua Ngacir Kabur Masuk Hutan saat Lihat Drone TNI, Videonya Viral di Medsos

Saat mengetahui keberadaan seorang anggota KKB, aparat berusaha melakukan penangkapan.

Namun, pelaku yang diketahui bernama Janius Bagau tersebut justru kabur.

Karena itu, petugas melakukan tindakan tegas.

"Saat pemeriksaan, orang tersebut (yang kemudian diketahui bernama Janius Bagau) tiba-tiba melarikan diri dengan meloncat ke jurang. Tim terpaksa menembaknya setelah tembakan peringatan dan seruan untuk kembali tidak diindahkan," ujar Suriastawa, melalui keterangan tertulis, Selasa (16/2/2021).

Baca Juga: Kemarin Koar-koar Tantang TNI untuk Perang Terbuka, 3 Anggota KKB Papua di Intan Jaya Tewas Usai Kena Tembak di Intan Jaya

Dibawa ke puskesmas

Tak berselang lama, petugas mendapatkan informasi terkait adanya penemuan salah seorang warga yang mengalami luka tembak dan sedang dilarikan ke Puskesmas Sugapa.

Mendapat informasi itu, petugas berusaha melakukan pengecekan.

Ternyata warga yang terluka tersebut diketahui buronan yang sebelumnya dilumpuhkan aparat karena berusaha kabur.

Baca Juga: Bupati Intan Jaya Ungkap Detik-detik Penyiksaan yang Dilakukan KKB Papua pada Masyarakat Sipil dan PNS: Bilang Merah Putih Lalu Disiksa

"Setelah dilakukan pengecekan dan dicocokkan dengan KTP yang didapatkan saat pemeriksaan, dipastikan orang tersebut adalah Janius Bagau salah satu anggota KKB yang sering melakukan aksi teror di Sugapa dan menjadi salah satu penandatangan surat pernyataan perang kepada TNI Polri beberapa waktu yang lalu," kata dia.

Mengetahui hal itu, aparat gabungan dari TNI-Polri lalu melakukan penjagaan secara ketat di puskesmas tersebut.

Serang petugas

Saat sedang dilakukan perawatan itu, Janius Bagau kemudian dijenguk kedua rekannya bernama Januarius Sani dan Justinus Bagau.

Baca Juga: Mengejutkan! Sejak Dilantik Bupati Intan Jaya dan Anak Buahnya Tak Bisa Bekerja Gegara KKB Papua, Bahkan Bakal Dieksekusi Jika Tak Diberi Uang Tebusan

Namun, beberapa saat kemudian mereka bertiga justru melakukan aksi nekat dengan berusaha kabur dan menyerang aparat yang bertugas.

Karena aksi mereka membahayakan keselamatan, akhirnya petugas melakukan tindakan tegas.

Baca Juga: Tak PuasBerondong Tembakan kepada2 Prajurit sampai Tewas, KKB Papua Tantang TNI-Polri Perang Terbuka: Kami Tidak Takut! Akan Kami Hadapi!

"Ketiganya berusaha melarikan diri, menyerang dan berusaha merampas senjata dari aparat gabungan TNI-Polri yang berjaga di Puskesmas. Dengan sigap aparat melumpuhkan ketiga orang itu hingga tewas," kata dia.

"Dipastikan ketiganya merupakan anggota dari KKB yang selama ini sering melakukan aksi teror dan penyerangan terhadap masyarakat dan aparat keamanan di Sugapa," sambung Suriastawa.

(Tribunnews)

Editor : Andreas Chris Febrianto Nugroho

Sumber : Tribunnews.com

Baca Lainnya