Pejabat China Ketakutan Saat WHO Selidiki Asal-usul Pandemi, Warganya 'Menangis' Beberkan yang Terjadi di Awal Kemunculan Covid-19, Misteri Akan Terungkap?

Jumat, 29 Januari 2021 | 04:40
Pixabay

Ilustrasi COVID-19.

Sosok.ID- Asal-usul kemunculan virus corona, hingga kini masih menjadi teka-teki.

Banyak spekulasi beredar, namun kebenarannya masih menjadi misteri.

Virus yang muncul pertama kali di Wuhan, China, pada Desember 2019 ini sempat memunculkan beragam teori konspirasi.

Banyak yang meyakini Covid-19 berasal dari virus yang diciptakan manusia, meski hingga saat ini tak ada bukti untuk menguatkannya.

Baru-baru ini, kerabat korban virus corona memberikan pengakuan mengenai virus tersebut di awal kemunculannya.

Baca Juga: China Ungkap Tingkat Deteksi Covid-19 Lebih Efektif Jika Swab Diambil dari Dubur

MelansirDaily Mail, Rabu (27/1/2021), kerabat korban virus corona Wuhan mengatakan pihak berwenang China telah menghapus grup media sosial mereka dan menekan mereka untuk tetap diam.

Mereka diminta untuk tak membeberkan kondisi Wuhan saat itu.

Sementara, saat ini tim Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) berada di kota itu untuk menyelidiki asal-usul pandemi.

Puluhan kerabat telah bergabung secara online dalam upaya bersama untuk akuntabilitas dari pejabat Wuhan yang mereka salahkan karena gagal mencegah virus itu menyebar, sehingga menimbulkan pandemi dunia.

Baca Juga: 9 Hari Lalu Jelas-jelas Sudah Dinyatakan Meninggal Dunia karena Covid-19 dan Dimakamkan, Nenek 85 Tahun Bikin Keluarganya Bergidik Merinding karena Tiba-tiba Pulang ke Rumah

Namun, sejauh ini upaya tersebut telah digagalkan secara resmi oleh pemerintah dengan pemantauan kelompok media sosial dan intimidasi, kata keluarga terdekat.

Tetapi tekanan meningkat dalam beberapa hari terakhir.

China tampaknya berupaya untuk membungkam kritik apa pun dan menghindari rasa malu selama penyelidikan WHO yang sangat sensitif.

Grup di platform media sosial WeChat yang digunakan oleh 80 hingga 100 anggota keluarga selama setahun terakhir tiba-tiba dihapus tanpa penjelasan sekitar 10 hari yang lalu, kata Zhang Hai, seorang anggota grup dan kritikus vokal penanganan wabah corona.

Baca Juga: 'Jika Tak Sanggup Mundur Saja!' Kader Gerindra Disanksi Partai Usai Kritik Anies Baswedan yang Minta Bantuan Jokowi Tangani Covid-19

"Ini menunjukkan bahwa (otoritas China) sangat gugup. Mereka takut keluarga-keluarga ini akan berhubungan dengan ahli WHO," kata Zhang (51), yang ayahnya meninggal di awal pandemi yang diduga Covid-19.

Para ahli WHO tiba di Wuhan pada 14 Januari dan dijadwalkan keluar dari karantina 14 hari kemudian pada Kamis.

"Ketika WHO tiba di Wuhan, (pihak berwenang) secara paksa menghapus (grup itu). Akibatnya kami kehilangan kontak dengan banyak anggota," Zhang menambahkan.

Kerabat terdekat lainnya mengonfirmasi penghapusan grup. WeChat sendiri adalah platform media sosial yang dioperasikan oleh raksasa digital China Tencent.

Baca Juga: Natalius Pigai Diolok-olok Secara Rasis gegera Tolak Vaksin Pemerintah, Refly Harun Kecewa Tak Ada Tindakan: Kalau yang Dihina Pendukung Jokowi Langsung Ditangkap

Platform populer tersebut secara rutin menyensor konten yang dianggap tidak pantas oleh pemerintah.

Kerabat menuduh pemerintah provinsi Wuhan dan Hubei membiarkan Covid-19 lepas kendali dengan mencoba menyembunyikan wabah ketika pertama kali muncul di kota pada Desember 2019, kemudian gagal memberi tahu publik dan ceroboh dalam merespon.

Menurut angka resmi China, virus corona menewaskan hampir 3.900 di Wuhan, terhitung sebagian besar dari 4.636 kematian yang dilaporkan Tiongkok.

Namun, banyak kerabat dekat yang tidak mempercayai angka-angka itu.

Baca Juga: Bukannya Isolasi malah Mesum, Video CCTV Oknum Polisi Pasien Covid-19 Bercinta di Ranjang Rumah Sakit dengan ASN Berstatus Janda Jadi Gunjingan

Mereka mengatakan kelangkaan pengujian pada hari-hari awal wabah yang kacau membuat banyak orang kemungkinan besar telah meninggal tanpa dipastikan mengidap penyakit tersebut.

Meskipun China telah mengendalikan pandemi secara luas di negaranya, tetapi mereka telah menggagalkan upaya independen untuk melacak asal-usulnya.

Sebaliknya,China malah berusaha untukmelempar kesalahan atas korban manusia dan ekonomi dunia yang mengerikan dengan mengatakan, tanpa bukti, bahwa virus corona muncul di tempat lain.

Tim ahli virus WHO akhirnya diizinkan masuk ke Wuhan dua pekan lalu.

Baca Juga: Warga Geger Dengar Kabar Dokter Palembang Tewas Sehari Setelah Divaksin Covid-19, Apakah Berkaitan?

Penyelidikan mereka yang sangat diawasi terhadap asal-usul virus akan dimulai pada hari Kamis, di bawah keamanan yang ketat, setelah karantina 14 hari.

Anggota keluarga lain, seorang pensiunan yang putrinya yang sudah dewasa meninggal karena virus Januari lalu, mengatakan pekan lalu dia dipanggil oleh pihak berwenang dan diperingatkan untuk tidak "berbicara dengan media atau dimanfaatkan oleh orang lain".

Pihak berwenang mendatangirumahnyapada hari Selasa "danmengatakan hal lama yang sama dan memberi saya 5.000 yuan ($ 775) sebagai pembayaran belasungkawa", tambahanomin itu.

Pemerintah Partai Komunis menahan segala sesuatu yang mencerminkan pemerintahannya secara buruk, dan hari-hari awal wabah tetap menjadi salah satu topik paling sensitif di China saat ini.

Baca Juga: Dekat dengan Jakarta, Setahun Berlalu Wilayah Ini Ternyata Bebas Dari Kasus Covid-19, Ini Rahasianya!

Beberapa kerabat Wuhan telah mencoba mengajukan tuntutan hukum untuk meminta kompensasi dan hukumanbagi para pejabat, tetapi mengatakan pengadilan telah menolaknya.

Pemerintah Wuhan berulang kali gagal menjawab pertanyaan AFP terkait keluarga dan tuntutan mereka.

Zhang meminta para ahli WHO untuk 'berani' bertemu dengan kerabat terdekat korban virus corona, mengatakan para penyelidik kemungkinan akan disesatkan atau dihalangi oleh otoritas China.

Wawancara dengan keluarga terdekat diyakini mampu membantu proses penyelidikan, tetapi itu terlalu mustahil untuk dikejar, mengingat betapa otoriternya pemerintahan China. (*)

Sumber: Intisari Online.

Editor : Rifka Amalia

Sumber : Intisari Online

Baca Lainnya