Keblinger Nafsu Duniawi, Pejabat Ini Timbun 3 Ton Duit Negara untuk Senangkan 100 Wanita Simpanan yang Hidup di Apartemen Bawah Tanah, Jadi Korupsi Terbesar Sepanjang Sejarah China

Rabu, 06 Januari 2021 | 18:30
Kolase/Intisari

Lai Xiaomin dan ilustrasi wanita simpanannya.

Sosok.ID - Di negara manapun, korupsi merupakan dosa besar karena merugikan hajat hidup orang banyak.

Bahkan di China, para koruptor kerap dijatuhi hukuman mati.

Begitu pula yang dialami pejabat Tiongkok bernama Lai Xiaoming (58), yang terancam hukuman mati setelah ketahuan menimbun 3 ton uang dan memiliki 100 wanita simpanan.

Menyadur24h.com.vn, pada Rabu (6/1/21), Lai Xiaoming yang merupakan mantan Ketua Hoa Dung Asset Management Co.Ltd. dinyatakan terlibatkejahatan besar.

Baca Juga: Baru Juga Dilantik Jadi Menteri Oleh Presiden Jokowi, Tri Rismaharini Hadapi Tugas Berat yang Sempat Buat Mensos Sebelumnya Berurusan dengan Hukum: Harus Kerja Keras

Ia telah menerima suap, korupsi, hingga memiliki gaya hidup mewah dengan uang haramnya.

Tindakannya dinilai keterlaluan, dan membuatnya sangat sulit untuk dimaafkan, sehingga terancam dihukum mati.

"Meskipun dia tulus mengakui banyak kejahatan, pengadilan mengatakan, Lai Xiaoming tidak patas dimaafkan, menyebabkan kerusakan serius pada masyarakat," ungkap Xinhua, dikutip dari Intisari.

Kini semua aset dan kekayaan yang dimiliki oleh Lai Xiaoming telah disita oleh negara.

Baca Juga: Gibran Rakabuming Raka Siap Dicokok Polisi: Tangkap Saja kalau Ada Bukti

Untuk diketahui, Lai Xiaoming ditangkap oleh polisi pada tahun 2018 silam.

Polisi menemukan bahwa di rumahnya terdapat banyak mobil, jam tangan mewah, emas batangan dan barang antik, dengan total uang simpanan seberat 3 ton.

Secara khusus, lebih dari 200 juta yuan (Rp430 miliar) juga ditemukan di rumahnya.

"Xiaoming sekali lagi terancam karena sangat serakah. Sekali lagi adalah kasus khas keserakahan tanpa batas, bertentangan dengan cara partai atau negara, tanpa berhenti atau menunjukkan penyesalan," kata pengadilan.

Baca Juga: Bangun Rumah Kecil, Pejabat China Ternyata Lakukan Hal Ini Untuk Sembunyikan Uang Hasil Korupsi!

"Xiao dulunya adalah ketua salah satu perusahaan manajemen kekayaan terbesar di China. Kejahatannya sangat membahayakan keamanan sistem keuangan nasional," katanya.

"Perlindungan keamanan finansial adalah prioritas utama Xi Jinping. Hakim pengadilan memahami ini," kata Yan Huafeng, pengacara kriminal Hangzhou.

Pada awal tahun 2020, Lai Xiaoming mengakui semua tuduhannya dalam sebuah film dokumenter yang ditayangkan di televisi Tiongkok.

Dia mengatakan bahwa dia memiliki hobi menggunakan uang tunai sehingga dia menyimpan banyak uang di rumah.

Baca Juga: Bingung Harus Sembunyikan di Mana Uang Haram Rp 622 Miliar Hasil Korupsinya, Koruptor Kelas Kakap Ini Bangun Tembok Rumahnya Pakai Bergepok-gepok Uang Tunai, Sebagian Dijadikan Kasur untuk Tidur

24h
24h

Lai Xiaoming terancam hukuman mati.

Komisi Sentral China untuk Inspeksi Disiplin (CCDI) menyimpulkan, kasus LaiXiaoming adalah "skandal keuangan terbesar dalam sejarah China".

Menurut para ahli, hukuman mati untuk Lai adalah langkah pencegahan China untuk mengunjungi industri keuangan.

Pada tahun 2012, LaiXiaoming menjabat sebagai Ketua dan Sekretaris perusahaan Hoa Dung.

Otoritas di perusahaan pengelola kekayaan milik negara terbesar di China sepenuhnya terkonsentrasi di tangannya.

Baca Juga: 18 Tahun Terus Dihantui Kemiskinan Sejak Merdeka dari NKRI, Timor Leste Habis Diporoti Pejabatnya Sendiri,Belum Dilantik Saja Sudah Terendus Jadi Koruptor

Xiaoming memiliki 120 apartemen, dan bahkan memiliki lebih dari 100 kekasih. Sedangkan simpananLai bukan hanya wanitacantik tapi juga bintang di industri hiburan Tiongkok.

Untukmenyembunyikan kekasihnya, Laimendirikanperumahan bawah tanah.

100 apartemen telah dihadiahkan kepada kekasih yang telah bersamanya selama bertahun-tahun.

Lai juga memiliki lebih dari seratus rumah, dan hubungan dengan lebih dari seratus orang dan lebih dari seratus kekasih.

Baca Juga: Koruptor Berencana Sogok Tuhan dengan Bawa Mati Duit Bergepok-gepok ke Kuburan, Minta Dosanya Dimaafkan dan Jangan Dijebloskan Neraka

Dalam konteks China melancarkan kampanye anti korupsi, LaiXiaoming berusaha menyembunyikan perilakunya.

Beberapa apartemen yang digunakan sebagai tempat menyimpan uang dapat dibeli dan dijual kembali sebanyak 5 kali untuk menghilangkan jejak transaksi.

Orang yang memberi suap atau menjalankan pekerjaan harus mentransfer uang ke rekening ibu Lai Xiaoming. Ketika ditangkap, akun ibunya memiliki 43,4 juta dollar AS (Rp601 miliar).

Untuk menghindari penyidikan, Lai juga memberikan suap untuk menyerahkan uang tunai, setelah menerima uang itu ia membawa sendiri uang itu ke rumahnya danmenyembunyikannya di brankas.

Baca Juga: Keblinger Nafsu Hidup Hedon Sampai Makan Uang Haram Rp 5,9 M,PNS Ini Malah Merengek Minta Dipulangkan Sipir Penjara Gegara Model Baju Tahanan

Jumlah total uang yang dikembalikan ke Little Yuan yang menerima suap hampir 1,8 miliar yuan (Rp3,8 triliun).

Sementara itu, Lai dan beberapa orang dekatnya menggunakan bahasa samaranuntuk menyebut rumahnya dengan sebutan"supermanyarket".(*)

Sumber: Intisari Online

Editor : Rifka Amalia

Sumber : intisari

Baca Lainnya