Amerika Ganti Presiden, Korut Langsung Buat kapal Selam Peluncur Rudal Nuklir

Sabtu, 14 November 2020 | 06:13
KCNA

Amerika Ganti Presiden, Korut Langsung Buat kapal Selam Peluncur Rudal Nuklir

Sosok.ID - Amerika Serikat (AS) bisa terlibat ketegangan baru dengan Korea Utara (Korut).

Pasalnya Korut menilai pergantian presiden AS adalah masalah baru bagi mereka.

Lantas seperti apa prediksinya?

Korea Utara disebut-sebut dapat meluncurkan uji coba rudal nuklir sebagai peringatan kepada Joe Biden menjelang waktu pelantikannya. Hal itu diungkapkan oleh sejumlah pakar politik global.

Baca Juga: Tak Sanggup Telan Pil Pahit Selama Ini Dibohongi, Remaja 14 Tahun Nekat Habisi Kedua Orang Tua dan Adik-adiknya Usai Temukan Fakta Ibu Kandungnya Selama Ini Ternyata hanya Ibu Tiri

Express.co.ukmemberitakan, hal itu terjadi setelah kandidat Demokrat Joe Biden diumumkan sebagai pemenang pemilihan AS. Tahun lalu, Korea Utara memberi label Biden sebagai "anjing gila" yang "harus dipukuli sampai mati dengan tongkat".

Kantor Berita Pusat Korea (KCNA) resmi Korea Utara sebelumnya mengatakan Biden membuang sampah yang bertentangan dengan martabat pimpinan tertinggi Korea Utara.
Kantor berita yang dikelola pemerintah Korea Utara itu menambahkan bahwa tindakan Biden pantas mendapatkan "hukuman tanpa ampun".

Para ahli telah memperingatkan bahwa Korea Utara dapat melakukan uji coba nuklir menjelang pelantikan presiden baru AS dengan langkah berani.

Evans Revere, dari Council on Foreign Relations, mengatakan kepadaTime.com: "Ada kemungkinan Pyongyang akan melakukan uji coba rudal nuklir atau jarak jauh sebelum pelantikan atau segera setelahnya."

Dia menambahkan bahwa langkah tersebut akan menjadi cara pemimpin Korea Utara untuk meletakkan sinyal dengan presiden baru AS dan meningkatkan pengaruh negosiasi dengan Washington.

Baca Juga: Tangis Ruben Onsu Pecah, Harga Dirinya Seolah Amblas Diinjak-injak Usai Betrand Peto Disebut Sebagai Anak Pungut: Lo Nggak Tau Ya Bagaimana Kalo Jadi Gue

Revere menjelaskan bagaimana Biden akan mengambil pendekatan yang berbeda ke Korea Utara daripada pemerintahan Donald Trump.

"Tim Biden akan memperhatikan kegagalan pendekatan Trump, yang sama dengan menutup mata terhadap akumulasi senjata nuklir Korea Utara dan pengujian rudal jarak menengah," papar Revere seperti yang dilansirExpress.co.uk.

Beberapa ahli percaya bahwa Kim dapat segera meningkatkan ketegangan dengan Amerika atas hasil pemilu.

Bruce Klingner, rekan senior di Heritage Foundation, mengatakan kepada Washington Post: "Korea Utara secara historis meningkatkan ketegangan di awal pemerintahan baru AS dan Korea Selatan untuk, dalam kata-kata seorang pembelot Korea Utara, 'melatih mereka seperti anjing' dan mendorong konsesi."

Baca Juga: Sosok Dokter Penakluk Bidan dari Jember, 2 Kali Hancurkan Rumah Tangga Bidan Gegara Diajak Selingkuh, Terbongkar Karena Video Panasnya Viral

Ketika Barack Obama memenangkan masa jabatan pertamanya sebagai presiden AS, Korea Utara meluncurkan rudal balistik di atas Laut Jepang.

Kim Jong-un juga mengawasi peluncuran uji coba rudal balistik berbahan bakar padat selama beberapa bulan pertama Presiden Trump menjabat.

Namun selama masa kepresidenan Trump, dia mengaku telah membentuk "persahabatan khusus" dengan pemimpin Korea Utara tersebut.

Awal tahun ini, Presiden Trump mengatakan dia "menyukai" Kim dan diktator Korea Utara "menyukainya" sebagai balasannya.

Selama debat presiden terakhir pada bulan Oktober, Trump mengulangi bagaimana pemerintahannya memiliki hubungan yang baik dengan Pyongyang.

“Korea Utara? Kami tidak sedang berperang. Kami memiliki hubungan yang baik. Orang-orang tidak mengerti — memiliki hubungan yang baik dengan para pemimpin negara lain adalah hal yang baik,” jelas Trump.

Namun hubungan Korea Utara dengan Biden tampaknya sudah dimulai dengan jalan berbatu setelah media yang dikelola pemerintah mengecam mantan Wakil Presiden AS atas komentarnya tentang Kim.

"Anjing rabies seperti Biden dapat melukai banyak orang jika mereka dibiarkan berlarian. Mereka harus dipukul sampai mati dengan tongkat, sebelum terlambat," tulisKCNA.

Ledakan brutal itu terjadi setelah Biden mencap pemimpin Korea Utara itu sebagai "tiran", membandingkannya dengan Hitler.

Pada bulan Oktober, Kim mengungkap rudal balistik antarbenua baru selama parade militer yang menurut para ahli dapat menewaskan setidaknya 1,5 juta orang dalam hitungan detik.

Laporan pekan lalu mengklaim bahwa Korea Utara sedang membangun kapal selam nuklir hari kiamat yang mampu memusnahkan target musuh.

Ha Tae-keung, dari komite intelijen parlemen Korea Selatan, mengatakan kepada Reuters: “Salah satu kapal selam yang dibangun Korea Utara dapat membawa rudal balistik yang diluncurkan oleh kapal selam (SLBM).

“Salah satunya adalahRomeo Classyang dimodifikasi dan yang lainnya berukuran sedang-besar,” jelasnya.(*)

Artikel ini pernah tayang di Kontan dengan judul "Hubungan Korut-AS diprediksi memburuk pasca Joe Biden menang, ini sinyalnya"

Editor : Seto Ajinugroho

Sumber : kontan

Baca Lainnya