Baru Saja Lulus Jadi Perwira TNI, Sosok Pemuda Ini Langsung Jadi Sorotan Sampai Dihampiri KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa, Ayahnya Ternyata Bukan Orang Sembarangan!

Senin, 12 Oktober 2020 | 20:00
Youtube TNI AD

Brigjen TNI Ricky Samuel (kiri) dan Letda Nugra Pussaka (kanan)

Sosok.ID- Belakangan ini, sosok Perwira TNI muda mendadak menjadi sorotan publik.

Sosok tersebut bernama Letda Nugra Pussaka.

Tak heran jika dirinya menjadi anggota TNI, ternyata sang ayah juga merupakan petinggi TNI yaitu Brigjen TNI Ricky Samuel.

Profil dan biodata Brigjen TNI Ricky Samuel pun turut jadi sorotan setelah anaknya, Letda Nugra Pussaka baru saja lulus pendidikan dan menjadi perwira TNI muda 2020.

Baca Juga: Ngotot Lepaskan Diri, Timor Leste Surati Indonesia Butuh Bantuan Medis, KRI dr Soeharso 990 dan Kapal Perang RS Level III Dikirim RI ke Bumi Lorosae

Bahkan Jenderal Andika Perkasa dan istrinya juga mengenal sosok Brigjen TNI Ricky Samuel.

Hal ini tampak saat Jenderal Andika Perkasa dan Bu Hetty berbincang dengan Letda Nugra Pussaka setelah upacara kelulusan.

"Oh anaknya Bang Ricky?" tanya Bu Hetty Andika Perkasa, dilansir dari tayangan channel Youtube TNI AD.

"Iya anaknya Mas Ricky" jawab Jenderal Andika Perkasa.

Baca Juga: Geser Posisi Kopassus di Jajaran Pasukan Tempur Terhebat di Dunia, Begini Taktik Perang LLR Filipina yang Hingga Mampu Geser Baret Merah Indonesia

Jenderal Andika Perkasa juga mengaku dekat dengan Ricky Samuel saat sama-sama pendidikan Sesko.

"Kita itu dekat waktu Sesko sama-sama" ujar Jenderal Andika Perkasa.

Melansir dari Wikipedia, Brigjen TNI Ricky Samuel lahir di Manado, Sulawesi Utara pada tanggal 30 Oktober 1963 dan meninggal di Cianjur, Jawa Barat pada 8 Juni 2009.

Ricky Samuel meninggal dunia dalam kecelakaan Helikopter Bolkow-105/HS-7112/Riky Route, yang jatuh di kawasan perbukitan Rawa Beber, Cianjur Selatan, Senin 8 Juni 2009.

Baca Juga: Tak Gentar Hadapi Mantan Komandan Tertingginya, Ini Sosok Anggota TNI yang Hadang Gatot Nurmantyo di TMP Kalibata Meski Sampai Ditunjuk Wajahnya

Ricky merupakan lulusan Akademi Militer (Akmil) tahun 1986 terakhir kali berpangkat Kolonel Infanteri dengan jabatan Komandan Pusdikpassus.

Ricky Samuel dikarunia 2 anak bernama Assila Amelia dan Nugra Pussaka.

Riwayat Jabatan:

- Asisten Intelijen Kopassus TNI AD (2007-2008)- Komandan Pusat Pendidikan Kopassus (2008-2009)

Sosok Ricky Samuel pernah sedikit diungkap putrinya, Assila Amelia.

Baca Juga: Diburu Pasukan TNI Seantero Indonesia, Begini Nasib Istri dan Anak DN Aidit Setelah Pentolan PKI Itu Lenyap Bak Ditelan Bumi: Lama Menulis Nama Aidit di Kertas Ujian

Melanasir dari Kompas dalam artikel 'Tuhan Lebih Sayang Mama & Papa', cerita Assa (panggilan Assila Amelia) tentang mendiang ayahnya tak jauh beda dengan pandangan rekan dan kerabat Ricky.

“Orang lurus dan bersahaja.” Begitu komentar mereka.

“Kak Ricky selalu memikirkan orang lain di samping sangat taat beribadah dan dermawan,” kenang Irna yang diminta Ricky menjaga anak-anaknya selama ia dinas di luar kota.

Baca Juga: Didaulat Jadi Menhan, Prabowo dan Pasukan Prajurit TNI malah Sibuk Menanam Singkong, untuk Apa?

Ricky juga rajin berpuasa. Bahkan beberapa hari sebelum kejadian, Ricky sempat puasa.

”Padahal, katanya badannya sedang tidak fit.”

Seperti sebuah firasat, beberapa hari sebelum tewas dalam kecelakaan itu, Ricky sudah membayar gaji pembantunya beberapa bulan ke depan.

Baca Juga: Beredar Video Dokumenter Detik-detik Peristiwa Gerakan 30 September 1945, Ternyata Ini Salah Satu Pelaku Pembunuhan Jenderal-jenderal TNI!

Bahkan, uang sekolah anak pembantunya juga sudah dilunasi.

”Dia juga pesan agar saya menjaga anak-anaknya,” kata Irna yang juga diserahi tugas mengatur keuangan keluarga.

Baca Juga: KKB Papua Makin Kurang Ajar Tembaki Pesawat, Sejumlah Maskapai Kini Ogah Angkut Pasukan TNI-Polri ke Intan Jaya

”Sepertinya ia ingin memenuhi kewajibannya dulu sebelum pergi.”

(*)

Artikel ini telah tayang di surya.co.id dengan judul "Profil dan Biodata Brigjen TNI Ricky Samuel Ayah Letda Nugra Pussaka, Dekat Jenderal Andika Perkasa"

Editor : Andreas Chris Febrianto Nugroho

Sumber : Surya.co.id

Baca Lainnya