Kesal Armada Musuh Bakal Tembus 200 Jet Tempur, China Makin Bringas Tindas Taiwan, PLA Kirim Pesawat Anti-Kapal Selam Y-8 di Zona Identifikasi Pertahanan Udara

Senin, 05 Oktober 2020 | 19:00
Taiwan in Perspective

Ilustrasi foto - Kesal Armada Musuh Bakal Tembus 200 Jet Tempur, China Makin Bringas Tindas Taiwan

Sosok.ID - China,telah melakukan penindasan tanpa henti kepada Taiwan.

Pada Minggu pagi, China lagi-lagi mengirimkan pesawat tempurnya ke selat Taiwan.

Hal ini menandai hari keempat berturut-turut sejak dimulainya periode libur Hari Nasional dan Pertengahan Musim Gugur selama delapan hari sejak Kamis, Global Times melaporkan.

Melansir Asia Times, sebuah pesawat perang Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA), yang kemungkinan adalah pesawat perang anti-kapal selam Y-8, memasuki "zona identifikasi pertahanan udara" barat daya Taiwan pada Minggu (4/10) pagi, surat kabar yang berbasis di Taipei, Liberty Times melaporkan.

Baca Juga: Taiwan Masih Sempoyongan, Kanada malah Tantang China, Kapal Perangnya Riwa-riwi Saat Ketegangan Kian Memuncak

Sementara beberapa pengamat mengatakan kepada Global Times bahwa patroli kesiapan tempur PLA melemahkan militer di Taiwan, pada kenyataannya, mereka mungkin melakukan hal yang sebaliknya.

Tindakan tersebut sebenarnya dapat meningkatkan tekad di Taiwan, yang meningkatkan pengeluaran militernya untuk melawan ancaman tersebut,

Ini juga dapat memperkuat tekad AS untuk menghukum China secara ekonomi dan militer, dalam permainan catur yang berbahaya antara kedua negara adidaya tersebut.

Perampokan Tiongkok kemungkinan besar merupakan cerminan dari sikap agresif "Prajurit Serigala" Presiden Xi Jinping, yang telah membuat niat baik Tiongkok disia-siakan di seluruh dunia.

Baca Juga: Penghianat? Pensiunan Jenderal Taiwan Hina Angkatan Militernya Sendiri, Sebut Taipe Tak Bakal Mampu Tandingi PLA: Banyak Sampah di Negara Ini

Menurut akun Twitter otoritas pertahanan Taiwan, pihaknya dapat mengidentifikasi dua pesawat perang anti-kapal selam Y-8 di zona identifikasi pertahanan udara barat daya pada Kamis dan Sabtu.

Serangan pesawat perang PLA yang sering terjadi menunjukkan kemampuan dan tekad militer Tiongkok dalam menjaga kedaulatan nasional dan integritas teritorial, kata seorang pakar militer Tiongkok kepada Global Times pada hari Minggu.

Pakar yang menolak disebutkan namanya itu membuat klaim yang sangat meragukan bahwa serangan mendadak itu melemahkan tekad negara Taiwan.

Mengutip data yang dirilis oleh otoritas pertahanan Taiwan, media setempat melaporkan bahwa China telah melakukan 51 serangan pesawat perang dalam 16 hari sejak pertengahan September.

Baca Juga: Taipe Makin Gemetaran, PLA Kencang Lakukan Penindasan Diplomatik, 'Orang Taiwan Merasakan Ketegangan Meningkat'

Menanggapi operasi PLA, pulau tersebut telah mengacak pesawat tempur dan AS telah mengirim pembom B-1 dan memaksakan kelompok pengangkut Angkatan Laut AS ke wilayah tersebut.

Sejauh ini, China dengan bijak mundur dari pasukan AS yang superior.

Pakar militer mengatakan F-16 Taiwan dapat dengan mudah melacak dan menembak jatuh pesawat anti-kapal selam Y-8, tetapi hanya mencegat pesawat sebagai unjuk kekuatan dan determinasi.

Taiwan baru-baru ini mendapatkan kontrak senilai US $ 62 miliar dengan Lockheed Martin untuk membeli 66 jet F-16 "Viper" baru, yang ketika dikirim pada tahun 2026 akan membawa armada negara pulau itu menjadi lebih dari 200 pesawat - sebuah fakta yang membuat Beijing kesal dan mungkin mendorong serangan pesawat perang liburan.

Baca Juga: China Mendadak Melempem, Tak Jadi Perang Sampai Titik Darah Penghabisan Lawan Taiwan

Negara pulau itu juga baru-baru ini menampilkan rudal jelajah udara-ke-darat Wan Chien (Sepuluh Ribu Pedang) baru di pangkalan militer lepas pantai, bersama dengan Pejuang Pertahanan Pribumi (IDF) dan persenjataan lainnya, Taiwan News melaporkan.

Selama kunjungan Presiden Tsai Ing-wen pada 22 September ke pangkalan Angkatan Udara Magong di daerah pulau Penghu, Taiwan, militer menawarkan pandangan langka tentang rudal Wan Chien yang dikembangkan secara lokal, yang baru mulai beroperasi pada tahun 2018.

Dikembangkan oleh National Chungshan Institute of Science and Technology (NCSIST), senjata tersebut dibawa secara eksklusif oleh jet IDF dan dapat ditembakkan ke sasaran yang berjarak sekitar 200 kilometer.

Rudal yang dipandu GPS dikatakan memiliki kemampuan untuk menyerang pangkalan udara China, barak militer, dan benteng di provinsi Fujian dan Guangdong begitu mereka ditembakkan dari dekat garis median Selat Taiwan.

Baca Juga: China Jangan Jumawa, Rakyat Taiwan Sudah Siap Tempur Menghadapi Serangan Militer Negeri Panda

Menurut Reuters, pemerintahan Presiden AS Donald Trump, yang meningkatkan tekanan terhadap China, berencana untuk menjual sebanyak tujuh sistem senjata utama, termasuk ranjau, rudal jelajah, dan drone, ke Taiwan.

Hubungan antara Beijing dan Washington berada pada titik terendah dalam beberapa dekade karena tuduhan mata-mata industri, perang perdagangan yang berkepanjangan, dan perselisihan tentang penyebaran Covid-19.

Pada saat yang sama, keinginan Taiwan untuk membeli senjata meningkat setelah Presiden Tsai terpilih kembali pada Januari dan menjadikan penguatan pertahanan Taiwan sebagai prioritas utama, lapor Reuters.

Washington sangat ingin menciptakan penyeimbang militer terhadap pasukan China, membangun upaya yang dikenal di Pentagon sebagai "Benteng Taiwan", karena militer Beijing membuat langkah yang semakin agresif di wilayah tersebut. (*)

Editor : Rifka Amalia

Sumber : Global Times, Asia Times

Baca Lainnya