Satu Per Satu Pelaku Penyerangan Mapolsek Ciracas Mulai Terungkap, Selain TNI AD, Diduga Ada Oknum TNI AU dan AL yang Ikut Terlibat

Jumat, 04 September 2020 | 19:13
TRIBUNNEWS/HERUDIN

Suasana Mapolsek Ciracas Jakarta Timur pasca perusakan oleh sejumlah orang tidak dikenal, Sabtu (29/8/2020).

Sosok.ID - Pelaku di balik insiden penyerangan Mapolsek Ciracas mulai terungkap.

Selain dari TNI AD, diduga ada oknum dari TNI AU dan AL yang juga terlibat dalam peristiwa tersebut.

Pihak TNI sendiri berjanji akan mengusut tuntas siapa saja yang melakukan penyerangan pada Sabtu (29/8/2020) lalu itu.

"Siapa pun yang terlibat, dari instansi mana pun juga, dari matra mana pun juga, agar diproses sesuai hukum yang berlaku," kata Komandan Pusat Polisi Militer (Danpuspom) TNI Mayjen Eddy Rate Muis dalam konferensi pers yang ditayangkan Kompas TV, Kamis (3/9/2020).

Baca Juga: Selama Ini Selalu Dituding Tinggalkan Anang Hermansyah Demi Pria Tajir, Krisdayanti Nyatanya Sering Modali Bisnis sang Mantan Suami Tapi Tak Pernah Sukes

Eddy mengatakan, sesuai perintah Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, penyelidikan dan penyidikan akan dilakukan secara transparan.

Dengan demikian, proses tersebut dapat diakses ataupun dilihat masyarakat.

Sementara itu, dari hasil investigasi sementara, menurut Eddy, selain dari matra darat, diduga terdapat prajurit dari matra udara dan laut yang turut terlibat.

Tercatat, delapan prajurit di luar matra darat yang turut menyerbu Mapolsek Ciracas dan sekitarnya.

Baca Juga: Seluruh Tamu Mendadak Dikirimi Video Panas Pengantin Wanita, Mempelai Pria Ngamuk Batalkan Pernikahannya Usai Aib sang Calon Istri Terbongkar

"Kemarin data yang masuk ada satu orang dari oknum prajurit Angkatan Udara (AU) dan tujuh orang dari oknum TNI Angkatan Laut (AL)," ujar Eddy.

Ia pun mengaku sudah berkoordinasi dengan Puspom AU dan AL terkait dugaan keterlibatannya masing-masing prajurit dari dua matra tersebut.

Pihaknya saat juga ini tengah berupaya untuk menghadirkan para terduga tersebut.

"Puspom TNI telah bekerja sama dengan Puspom Angkatan Udara dan Puspom Angkatan Laut untuk memeriksa prajurit tersebut," kata dia.

Baca Juga: Ashanty Sadar Diri Tak Pantas Jadi Pendampingnya di Pernikahan, Tangis Aurel Hermansyah Pecah Saat Mohon-mohon ke sang Ibu Sambung untuk Jadi Pendamping di Pelaminan: Bunda Emang Yakin Masih Hidup?

Berdasarkan pemeriksaan sementara oleh TNI AD sejak 29 Agustus hingga 2 September 2020, sebanyak 29 terduga pelaku telah ditetapkan sebagai tersangka dan telah dilakukan penahanan.

Total, 51 prajurit dari 19 kesatuan telah diperiksa.

Sebanyak 21 prajurit masih menjalani pemeriksaan lanjutan dan seorang prajurit lainnya telah dikembalikan karena statusnya adalah murni saksi.

Adapun penyerangan Mapolsek Ciracas berawal dari kecelakaan tunggal yang dialami anggota TNI, Prada MI, di sekitar Jalan Kelapa Dua Wetan, Ciracas, Jakarta Timur, tepatnya di dekat pertigaan lampu merah Arundina.

Baca Juga: Nasi Sudah Jadi Bubur, Nekat Gorok Ibu Kandungnya Gegara Tak Diberi Uang, Pria Ini Hanya Bisa Menyesal Seumur Hidup: Saya akan Ziarah Kalau Sudah Bebas Nanti

Para prajurit tidak mengecek kebenaran informasi terlebih dulu terkait kecelakaan tersebut.

Mereka terprovokasi informasi hoaks.

Akibat kecelakaan itu, MI menderita luka di bagian wajah dan tubuh.

Kepada pimpinannya, Prada MI mengaku mengalami kecelakaan tunggal.

Baca Juga: Ngaku Dijebloskan ke Rumah Sakit Jiwa Meski Salah Diagnosa hingga Dipaksa Telan Obat-obatan yang Rusak Otaknya, Gideon Tengker Ancam Gugat 1 Triliun USD ke Nagita Slavina dan Raffi Ahmad

Namun, informasi berbeda disampaikan MI kepada rekan-rekannya.

MI mengaku dikeroyok sejumlah orang.

Selain itu, para prajurit juga mendapat informasi yang menghina TNI.

Kabar bohong tersebut kemudian memicu amarah para tentara. Jiwa korsa jadi alasan.

Baca Juga: Baru Kemarin Sore Kim Jong Un Kirim Pasukan untuk Tembak Mati Siapapun yang Ada di Perbatasan China Demi Hentikan Covid-19, Korea Utara Dikabarkan Sedang Latihan untuk Gelar Parade Militer Besar-besaran di Pyongyang

Selain merusak fasilitas Polri, massa juga merusak pertokoan dan menyerang warga yang melintas di lokasi.

(Achmad Nasrudin Yahya)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Selain TNI AD, Anggota TNI AL dan AU Diduga Ikut Terlibat Penyerangan Mapolsek Ciracas"

Editor : Dwi Nur Mashitoh

Sumber : Kompas.com

Baca Lainnya