Dipecundangi Australia, Timor Leste 'Ngemis' Sokongan dari PLA China, Militernya Terlalu Lemah untuk Balas Dendam Sendirian

Jumat, 28 Agustus 2020 | 19:13
China Military

Militer China ingin dominasi dunia di tahun 2049.

Sosok.ID-Portugal dan Australia, dikenal sebagai negara yang ikut andil dalam kemerdekaan Timor Leste dari Indonesia.

Australia membantu Timor Timur untuk lepas dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Meski demikian, dua negara tersebut pernah bersitegang di tahun 2004 silam.

Sebab Bumi Lorosae, negarayang baru seumur jagung itu disadap oleh Australia di kantor kabinetnya.

Baca Juga: Sudah 18 Tahun Merdeka dari Indonesia, Dulunya Hanya Dibantu Militer Australia, Sekarang Beginilah Kekuatan Militer Timor Leste

Australiadigadang-gadang memiliki agenda terselubung di balik alasanmembantu kemerdekaan Timor Leste.

Salah satunya yakni agar mendapat manfaat teritorial laut antara Australia dan Timor Leste tanpa adanya campur tangan Indonesia.

Namun, negara itu ternyata juga menjadi musuh dalam selimut bagiTimor Leste.

Penyadapanyang dilakukan Australiamembuat hubungankedua negara semakin tegang, sehingga Timor Leste pernah dikatakan berakhir meminta bantuan China.

Baca Juga: Orang Australia Ini Kuliti Borok Negaranya Sendiri yang Pecundangi Timor Leste Pasca-Merdeka, Sebut Cerita Ini Wajib Disiarkan ke Seluruh Dunia

Mengutip The Strategist, pasca penyadapan tersebut, Timor Leste meminta bantuan ke China.

Permintaan itu dibuat oleh menteri pertahanan dan keamanan Timor Leste, Filomeno Paixao.

Pembicaaran itu dilakukan dengan Laksamana Muda Yu Wenbing dari Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA).

Pembicaraan berlangsung selama kunjungan ke Dili untuk melatih Angkatan Laut Timor Leste, dua negara tersebut berdiskusisoal kapal perang China.

Baca Juga: Sokong Kemerdekaan Timor Timur, Australia sampai Kerahkan F-111 untuk Bom Jakarta, Interfetnya Jiper Dibayangi Kapal Selam TNI AL

Hal itu membuat Australia resah, karena pengaruh militer Beijing yang mulai tumbuh di Dili.

Permintaan China untuk melatih perwira Angkatan Laut Timor, dikonfirmasi oleh sumber pertahanan lokal.

Perwira dengan awak kapal Qi Jiguang, yang berbobot 5.548 ton, dan sebuah kapal pelatihan Type-679, menerima sambutan gala saat kapal itu dibawa ke Dili.

Kapal patroli kelas Shanghai, adalah satu dari dua yang dibeli Timor Leste dari China pada tahun 2008 untuk melindungi wilayah maritimnya.

Baca Juga: Bertindak Layaknya Pahlawan Bantu Padamkan Kerusuhan Timor Leste Usai Melepaskan Diri dari NKRI, Australia Rupanya Punya Motif Terselubung, Laut Timor Sudah Diincar Sejak Awal oleh Negeri Kanguru

Kunjungan kapal perang China itu dianggap sensitif oleh Australia, membuat Perdana Menteri Australia Scott Morison melakukan kunjungan ke Timor Leste.

Kunjungan Morison salah satunya adalah agenda untuk memperkuat pengaruhnya.

Morrison juga berjanji memberikan paket langkah dukungan maritim untuk dukungan peningkatan pelabuhan angkatan laut kecil di Hera, timur Dili.

Hera akan menjadi pelabuhan rumah bagi dua kapal patroli kelas Guardian baru yang diberikan kepada Timor Leste di bawah Program Keamanan Maritim Pasifik Canberra, dengan pengiriman hingga 2023.

Baca Juga: Miskin dan Pontang-panting, 1 dari 3 Negara yang Dulu Bantu Sokong Kemerdekaan Timor Leste Kini Justru Rongrong Hasil Minyak Bumi Lorosae

Timor Leste menjadi satu dari 13 negara yang menerima kapal patroli, yang akan dibangun di halaman Austal di Australia Barat.

Progam ini merupakan bagian dari insentif maritim, untuk memanfaatkan kekuatan lunak di kawasan Asia-Pasifik untuk melawan pengaruh investasi China.

Meski demikian, bagi Timor Leste membangun hubungan dengan China, dianggap sebagai nilai yang berguna, dalam segi ekonomi dan pertahanan.

Tetapi Australia juga tidak selamanya buruk bagi Timor Leste, karena Dili menyambut baik kapal pemberian Australia itu untuk meningkatkan kemanan negerinya.

Baca Juga: Dipecundangi pun Timor Leste Tak Tinggal Diam! Dosa Besar Autralia di Masa Lalu Kini bak Bukti Munafiknya Negeri Kanguru atas Klaim China

Brigadir Jenderal Falur Rate Laek, dari Angkatan Pertahanan Timor Leste, menyebut ketegangan dengan Australia tidak mempengaruhi kerja sama antara kedua negara itu.

(Afif Khoirul M)

Artikel ini telah tayang di Intisari.ID dengan judul: Hampir Tak Ada yang Tahu, Saat Timor Leste Disadap Oleh Australia, Ternyata Mereka Pernah Minta Bantuan Ke China Untuk Lakukan Hal Ini, Australia Sampai Dibuat Ketar-Ketir

Editor : Rifka Amalia

Sumber : Intisari Online

Baca Lainnya