Follow Us

Sudah 18 Tahun Merdeka dari Indonesia, Dulunya Hanya Dibantu Militer Australia, Sekarang Beginilah Kekuatan Militer Timor Leste

Muflika Nur Fuaddah - Rabu, 26 Agustus 2020 | 21:35
(Ilustrasi) Sudah 18 Tahun Merdeka dari Indonesia, Dulunya Hanya Dibantu Militer Australia, Sekarang Beginilah Kekuatan Militer Timor Leste
The Guardian

(Ilustrasi) Sudah 18 Tahun Merdeka dari Indonesia, Dulunya Hanya Dibantu Militer Australia, Sekarang Beginilah Kekuatan Militer Timor Leste

Sosok.ID - Portugis mulai berdagang dengan pulau Timor pada awal abad ke-16 dan menjajahnya pada pertengahan abad.

Pertempuran dengan Belanda di wilayah tersebut akhirnya menghasilkan perjanjian tahun 1859 di mana Portugal menyerahkan bagian barat pulau itu.

Kemudian Kekaisaran Jepang menduduki Timor dari tahun 1942 hingga 1945, tetapi Portugal melanjutkan otoritas kolonial setelah kekalahan Jepang dalam Perang Dunia II.

Timor Timur mendeklarasikan dirinya merdeka dari Portugal pada 28 November 1975 dan diserbu serta diduduki oleh pasukan Indonesia sembilan hari kemudian.

Baca Juga: Sadar diri Bakal Dikadali China, Negara Miskin Ini Langsung Hentikan Proyek yang Didanai China Padahal Akan Disuntik Dana Rp5.8 Triliun

Lalu wilayah ini dimasukkan ke Indonesia pada bulan Juli 1976 sebagai provinsi Timor Timur.

Kampanye pengamanan yang tidak berhasil terjadi selama dua dekade berikutnya, di mana sekitar 100.000 hingga 250.000 orang tewas.

Dalam referendum populer yang diawasi oleh PBB pada Agustus 1999, mayoritas rakyat Timor-Leste memilih untuk merdeka dari Indonesia.

Namun, dalam tiga minggu berikutnya, milisi anti-kemerdekaan Timor - yang diorganisir dan didukung oleh militer Indonesia - memulai kampanye pembalasan besar-besaran.

Halaman selanjutnya...

Editor : Intisari Online

Latest