China Bersikap Aneh, Mendadak Ajak Diskusi Soal Laut China Selatan, Diplomat ASEAN Yakin Negosiasi Cuma Embel-embel untuk Diam-diam Pecundangi AS

Selasa, 25 Agustus 2020 | 10:42
Youtube via Intisari

Ilustrasi China Vs Amerika

Sosok.ID-Negara China, masih menjadikan Laut China Selatan sebagai perairan sengketa.

Latihan demi latihan di wilayah tersebut terus digencarkan, memunculkankekhawatiran China bersiap perang.

Tiongkok bahkan melarang ASEAN menangkap ikan di laut tersebut, kendati mereka bukan pemilik sebenarnya.

Berbeda dari biasanya, belakangan China mengajak ASEAN untuk bernogosiasi terkait urusan di Laut China Selatan.

Baca Juga: Bahaya! Jika Sukses Kuasai Laut China Selatan, Rudal Beijing Berpeluang Gebuk Jakarta dan Laut Jawa, Ini Sebabnya!

Hal ini kembali memunculkan spekulasi, bahwa China ingin menarik dukungan agar ASEAN tak memihak pada Amerika Serikat (AS).

Mengutip South China Morning Post, Beijingmenyuarakan kekhawatiran mereka mengenai risiko konflik yang meningkat di perairan tersebut.

Beijing menggunakan pernyataan Menteri Luar Negeri (Menlu) AS Mike Pompeo yang menolak klaim China.

Tiga minggu setelah penolakan klaim China atas Laut China Selatan oleh Mike Pompeo, Beijing memanggil 10 diplomat ASEAN bersama-sama bertemu.

Baca Juga: Bungkam Provokasi Militer Tiongkok yang Arahkan Moncong Rudal ke Pulau Taipei, Militer Taiwan Ungkap Siap Perang dan Akan Mudah Remukkan Tentara PLA

Tujuannya adalah menyuarakan kekhawatiran mereka mengenai konflik yang terus meningkat di perairan tersebut.

Pertemuan di Beijing awal Agustus lalu, pejabat China untuk hubungan maritim mengatakan kekhawatiran Beijing terhadap risiko tinggi dari aktivitas militer oleh negara non-regional.

Negara non regional adalah frase yang selalu dipakai China untuk membahas peran AS di Asia.

Baca Juga: Bukan Kelas Teri! Tiongkok Perluas Jangkauan Radar Jaringan Pengawasan di Laut China Selatan, Mampu Intai Pergerakan Tanpa Terlihat Kapal Lawan

Bekerja sama

Dalam pertemuan itu, pejabat China memanggil anggota ASEAN untuk bekerja sama dengan Beijing.

Pejabat tersebut mengatakan mereka seharusnya melanjutkan negosiasi Laut China Selatan secepat mungkin "untuk tunjukkan kemajuan."

China juga dengan gamblang mengatakan tidak ingin prosesnya dibajak oleh negara-negara yang tidak terlibat dalam negosiasi tersebut.

"Pejabat China memang tidak mengatakan dengan siapa China ingin unjuk gigi kemajuan mereka di Laut China Selatan, tapi sudah jelas maksud mereka adalah AS," ujar salah satu orang yang sudah paham dengan detail pertemuan itu.

Baca Juga: Pengamat Militer Amerika : Rudal Jelajah China Bisa Membom Jakarta dari Jarak Jauh

Keyakinan ASEAN

Diplomat ASEAN yakin, pertemuan itu bertujuan untuk memuluskan keinginan Beijing agar tetangga ASEAN mendukung mereka dan menendang Washington dalam angan-angan negara ASEAN.

Washington membuat China khawatir setelah administrasi Trump memberi sinyal pendekatan agresif terhadap klaim tidak berdasar China di Laut China Selatan.

Mereka juga mengatakan Beijing telah tunjukkan kemauan untuk mendiskusikan cara menyelesaikan sengketa Laut China Selatan.

Selama ini isu tersebut telah dicoba disingkirkan untuk fokus pada kerja sama ekonomi bilateral.

Baca Juga: Gawat! Militer AS Berencana Tempatkan Puluhan Rudal di Kawasan Asia-Pasific Termasuk Laut China Selatan, Tiongkok dan Rusia Langsung Bertindak!

Pernyataan Menlu China

Menteri Luar Negeri (Menlu) China mengatakan jika departemennya yang relevan akan masalah ini telah mempertahankan 'komunikasi normal' dengan perwakilan ASEAN di China.

Namun ia tidak menjelaskan lebih jauh.

Sudah lebih dari dua dekade, China dan ASEAN telah mendiskusikan potensi tindakan untuk mengatur ketegangan teritori di jalur perairan strategis itu.

Diperkirakan kapal dagang senilai 3.4 triliun Dolar AS lewat wilayah itu setiap tahunnya.

Klaim China untuk semua wilayah Laut China Selatan diprotes keras oleh Brunei Darussalam, Malaysia, Filipina, Vietnam dan Taiwan.

Baca Juga: Terbongkar! Kelicikan Tiongkok Saat Getol Bangun Pulau Buatan di Laut China Selatan Ternyata Untuk Kuasai ASEAN, Rudal China Diperkirakan Bisa Jangkau Jakarta!

Kesepakatan China dan ASEAN

China dan ASEAN menyepakati bersama Deklarasi Kode Militer Kepentingan di Laut China Selatan (DOC) pada 2002, tapi kesepakatan itu baru diadopsi dengan benar sampai 2011 silam.

Mereka memulai negosiasi untuk tindakan yang lebih pragmatis pada 2013 dan akhirnya 2018 ASEAN dan China mencapai kesepakatan "Teks Draft Negosiasi" yang digunakan sebagai dasar negosiasi kode militer wilayah itu.

Dalam pertemuan ASEAN dan China pada November 2019, Perdana Menteri China Li Keqiang mengumumkan pembacaan pertama telah selesai dan Beijing mengusulkan rentang waktu tiga tahun untuk selesaikan kode sampai 2021.

Baca Juga: Langka! Terekam Detik-detik Kapal Selam Tiongkok di Terowongan Rahasia Bawah Laut China Selatan, Terbongkar Strategi Cerdik Hadapi Musuh di Sarangnya Rudal Balistik

Namun China kebanyakan mangkir, tidak banyak kemajuan berjalan sejak itu, dan negosiasi telah hampir terlupakan karena pandemi virus Corona.

Sebelumnya jika tidak terjadi wabah, ASEAN dan China menjadwalkan beberapa pertemuan rutin untuk negosiasi.

Pertama rencananya akan dilaksanakan di Brunei pada Februari, selanjutnya d Filipina pada Mei, Indonesia pada Agustus dan di China pada Oktober.

Dalam pertemuan Kamis kemarin, Menlu Indonesia Retno Marsudi dengan Menlu China Wang Yi di Hainan mengatakan China siap bekerja sama dengan negara ASEAN untuk memastikan kesepakatan awal kode tindakan.

Baca Juga: Semakin Nekat Tabrak Aturan! China Pakai Pesawat Pembom Susuri Wilayah Negera-negara di ASEAN Hingga Buat Vietnam Berang

Ahli regional yakin kemajuan kode itu telah menjadi sangat penting karena tekanan AS dan ketegangan yang terjadi antar negara yang berkepentingan.

Tercatat tahun lalu ada baku hantam Vanguard Bank, lalu konflik perairan Natuna di Indonesia, dan ketegangan kapal Vietnam dengan kilang minyak lepas pantai Malaysia.

(Maymunah Nasution)

Artikel ini telah tayang di Intisari.ID dengan judul: Biasanya Agresif Kokang Senjata dan Tolak 'Pembicaraan Manis', Tiongkok Tiba-tiba Memohon Lanjutan Perbincangan Laut China Selatan Dengan Diplomat ASEAN, Ada Apa?

Editor : Rifka Amalia

Sumber : Intisari Online

Baca Lainnya