Profesor Abal-abal Dibiarkan Bicara Soal Corona, Netizen Meradang: Dokternya pada Meninggal, Kaum Anji malah Makin Banyak

Senin, 03 Agustus 2020 | 19:15
tangkap layar Youtube Dunia Manji

Anji Manji

Sosok.ID - Musisi sekaligus YouTuber Anji Manji, kembali menghebohkan publik setelah mengunggah sebuah tayangan di kanal YouTubenya.

Seperti diketahui, belakangan Anji sangat vokal mengkritisi masalah virus corona di Indonesia.

Bahkan di kesempatan sebelumnya ia menyebut bahwa pandemi Covid-19 tidak semengerikan apa yang digaungkan pemerintah dan media.

Pernyataan-pernyataan dikecam banyak pihak. Sebab fakta di lapangan menunjukkan jumlah korban meninggal akibat corona yang terus bertambah.

Baca Juga: Sebarkan Paham Covid-19 Tak Terlalu Berbahaya Hingga Nyinyiri Foto Jurnalis Nat Geo, Anji Manji Minta Maaf, Sebut Ada Kesalahpahaman

Tak cuma di Indonesia, corona juga melumpuhkan segala sektor di tiap negara di dunia.

Ekonomi melemah, ratusan ribu nyawa melayang, sehingga pernyataan Anji disayangkan oleh beberapa pihak.

Sebelumnya, Anji sempat mengundang sosok Hadi Pranoto yang disebut sebagai seorang profesor, pakar mikrobiologi, sekaligus Kepala Tim Riset Formula Antibodi Covid-19.

Dalam kesemapatan tersebut, Hadi mengklaim telah menemukan andibodi untuk melawan virus corona.

Baca Juga: Mendadak Ikut Kaum Jerinx SID, Anji Manji Siap Datangi RS Covid-19 Tanpa Masker, Sebut Corona Tak Berbahaya hingga Iri dengan Hak Istimewa Fotografer Nat Geo

Ia menyebut temuannya dapat menyembuhkan banyak orang.

Anji mengunggah video tersebut pada 31 Juli 2020, sementara pihak YouTube menghapusnya pada Minggu (2/8/2020) malam.

Unggahan Anji sebelumnya diberi judul "Bisa Kembali Normal? Obat Covid-19 Sudah Ditemukan!!."

Jika membuka link unggahan terkait, apa yang kita temui yakni tulisan "Video ini telah dihapus karena melanggar Pedoman Komunitas YouTube".

Baca Juga: Corona Umpak-umpakan, RS Darurat Covid-19 Jakarta Malah Gelar Dangdutan Malam-malam, Netizen Geram: Ini Mau Saling Menularkan Virus atau Bagaimana?

Dalam wawancaranya dengan Anji, Hadi Pranoto mengklaim telah melakukan riset selama berpuluh-puluh tahun untuk menemukan obat virus corona.

Hadi mengatakan obat herbal yang diciptakannya berbentuk cairan, dengan bahan-bahan racikan yang dapat ditemui di Indonesia.

"Herbal ini bisa menyembuhkan dan juga bisa mencegah. Kalau vaksin itu kan disuntikkan kalau ini kan diminum. Ini brupa cairan. tapi dalam cairan itu tergantung berapa kandungan yang bisa membunuh covid-19," ujar Hadi, mengutip Warta Kota.

Ungkap Hadi, ia menciptakan ramuan itu untuk menyelamatkan nyawa masyarakat yang tengah berjuang melawan infeksi virus corona.

Baca Juga: Ditantang Debat Jerinx SID, Hotman Paris Langsung Revisi Caption Instagram, sang Musisi Bali: Kok Takut Sih Bang? Saya Kira Anda Pintar

"Untuk kamampuannya, alhamdulillah sudah ribuan orang yang sudah kita sembuhkan baik yang sudah terinfeksi, maupun gejala, semuanya sembuh dan sehat."

"Itu paling banyak kta salurkan di Sumatera, Bali, dan Jakarta. Kita mensuplai untuk pengobatan dan penyembuhan pasien di wisma atlet juga," klaimnya.

Pernyataan Hadi Pranoto dianggap sesat oleh banyak warganet.

Apalagi Hadi mengklaim obatnya mampu menyembuhkan pasien corona hanya dalam waktu hitungan hari saja.

Baca Juga: Jerinx Bikin Geram Hotman Paris, Pengacara Kondang Minta Langsung Gubernur Bali Untuk Bawa Musisi Itu ke Kuburan Pasien Covid-19 Agar Tak Dianggap Bohongan

"Kita hanya memerlukan waktu dua sampai tiga hari sudah selesai. Setelah itu sistem antibody kita sudah kuat, kemudian kemampuan kita melawan covid-19 sudah bisa maksimal."

Anji pun merekomendasikan ramuan temuan Hadi.

Namun rupanya, kecaman muncul dari banyak sisi. Tak sedikit yang meragukan apakah Hadi benar seorang profesor atau bukan.

Teman sesama musisi Anji Manji, dr. Tompi bahkan ikut berkomentar. Menyebut Anji harus berhati-hati dalam menyebarkan informasi yang masih belum valid kebenarannya.

Baca Juga: Siap Mati Temui Pasien Covid-19 Tanpa APD, Ladeni Jerinx SID Dianggap dr. Indra Yovi Cuma Buang Energi, Suami Nora Alexandra Umpati Dokter Corona

"Lagi heboh banget ama berita @duniamanji wwcra profesor penemu obat covid , bukan GAK MUNGKIN loh, bs ajaa bener. Tp begini Anji, sebuah penemuan apalagi medis ya... HARUS di presentasikan dengan tata cara ilmiah, supaya teruji terukur dan bs diulang," tulis Tompi melalui akun Twitter @dr_tompi.

Selain Tompi. musisi Fiersa Besari juga mengomentari tayangan YouTube Anji.

Fiersa menyandingkan kolase bidik layar Hadi Pranoto di YouTube Anji dengan berita bahwa Hadi Pranoto adalah keluarga dari penyelenggara hajatan di Bogor yang sebelumnya ditegur oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Selain teman sesama selebriti, tak sedikit warganet ikut mengeluarkan opininya.

Baca Juga: Bikin Heboh, Jerinx SID Ingin Bertemu Pasien Positif Covid-19 Tanpa APD Untuk Buktikan Ada Tidaknya Virus Corona, Bahkan Sampai Tantang Jubir Gugus Tugas Covid-19 Riau

Mereka menyayangkan sikap Anji yang meresahkan masyarakat awam.

Salah satu yang mengungkapkannya adalah akun dengan nama pengguna @fullmoonfolks, Bhagavad Sambadha.

Ia memberikan sindiran keras kepada Anji dan kaum-kaum yang terkesan menyepelekan pandemi covid-19.

"Dokternya pada meninggal, yang modelan anji nambah banyak," tulisnya.

Baca Juga: Bukan karena Takut Corona apalagi Manut WHO, Jerinx SID Social Distancing agar Selamat dari Sakit Panu dan Kurap

Cuitan tersebut direspon ribuan warganetdan bahkan mendapat retweet sebanyak lebih dari 14 ribu, disukai oleh lebih dari 30 ribu pengguna Twitter, dan masih terus bertambah.

"Kenapa ya yang berprestasi dan bermanfaat bagi kemaslahatan rakyat banyak malah dipanggil pulang tapi s*mpah model anji sama jerinx malah bukan cuma tetep idup tapi malah makin bacot?" kata akun @Dika76595557, yang tampak menumpahkan kekesalannya. (*)

Editor : Rifka Amalia

Sumber : Twitter, Warta Kota

Baca Lainnya