Kisah Polwan Cantik Terkurung di Toilet Rumah Gembong Narkoba Saat Nyamar Untuk Bongkar Kasus, Yosia: yang Saya Tangkap Bukan Orang Biasa

Minggu, 28 Juni 2020 | 16:13
(facebook.com/Yosia Primi Wahyudi)

Kisah Polwan Cantik Terkurung di Toilet Rumah Gembong Narkoba Saat Nyamar Untuk Bongkar Kasus, Yosia: yang Saya Tangkap Bukan Orang Biasa

Sosok.ID - Kisah Polwan (polisi wanita) ini membuat orang berdecak kagum.

Menjelang HUT ke-74 Bhayangkara, cerita penyamaran polwan cantik ini patut dikenang.

Aksinya tentu saja bagi sebagian orang akan membuat deg-degan

Dia terjebak di kamar mandi hotel saat bertugas menjebak seorang bandar narkoba.

Aksi penyamarannya nyaris ketahuan. Kamar hotel yang digerebek sang polwan ketika itu sedang disewa sang gembong narkotika.

Polwan berani itu adalah Bripka Yosia Primi Wahyudi.

Polisi wanita yang satu ini menjadi andalan tim reserse narkoba Polres Metro Jakarta Pusat dalam mengungkap kasus narkoba.

Baca Juga: Ngeluh Sakit dan Susah Bernapas, Ternyata Ada Gigi yang Bersarang di Hidung Bocah Ini, Terungkap Kejadian 4 Tahun Silam yang Jadi Penyebabnya

Penyamaran tim reserse Narkoba

Siapa sangka wanita anggun, sopan, dan lugu ini pernah menggagalkan penyelundupan narkoba bahkan menggerebek pabrik ganja.

Saat ditemui di ruang reserse Narkoba Polres Jakarta Pusat, wanita kelahiran Bojonegoro ini menceritakan pengalaman suka dukanya selama dua tahun menjadi tim pengungkap kasus narkoba.

Wanita berusia 23 tahun ini menceritakan pengalaman kala dirinya menggerebek pabrik produksi ganja yang dikemas menjadi liquid pada Juli 2019 lalu.

Menurut dia, tak mudah untuk mengungkap kasus narkoba.

Sebab Yosia sendiri harus mencari informasi ke berbagai pihak untuk mendapatkan informasi itu.

"Tidak bisa kami (lakukan) penangkapan itu berjalan sehari atau dua hari untuk pengungkapan. Harus sampai beberapa minggu baru keungkap," kata Yosia beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Gegara Utang Kampanye Senilai Rp 1,6 Miliar, Insiden Banting Botol Bir di Pendopo Bupati Tulungagung Terjadi, Begini Kronologinya!

(Dokumentasi Pribadi) via Tribunnews
(Dokumentasi Pribadi) via Tribunnews

Bripka Yosia Primi Wahyudi, Polwan Polres Jakarta Pusat, Kamis (12/9/2019).

Awalnya beli ganja untuk penyamaran

Bahkan, untuk mengungkap kasus narkoba ini, Yosia Primi harus menyamar sebagai pembeli narkoba jenis ganja.

Awalnya, Yosia menggunakan akun Instagram-nya untuk mengincar pemilik pabrik produksi ganja bermodus liquid vape.

“Saya jadi pembeli, lalu alibinya saya pesan dan kemudian saya kepo gitu cari tahu di mana pabrik liquid,” katanya.

Hingga akhirnya, Yosia dan pemilik pabrik mengatur janji bertemu di tempat pembuatan ganja liquid vape di kawasan Jakarta Timur.

Selain mengungkap pabrik produk ganja, Yosia juga mengaku pernah terlibat menangkap sepasang suami istri dari Nigeria yang saat itu hendak menyelundupkan sabu seberat 2,6 kilogram.

Saat itu ia mengikuti pasangan suami istri ini mulai dari Bandara Soekarno Hatta hingga penginapannya di Apartemen Kelapa Gading.

Karena istri sang pengedar sabu sudah ditangkap terlebih dahulu, tim buru sergap pun mencari suaminya yang bersangkutan di kawasan Johar Baru, Jakarta Pusat.

Baca Juga: Kebal Pesona Ariel Noah yang Dijuluki Bujang Paling Digilai Seantero Indonesia,Dita Soedarjo Ogah Dijodohkan dengan Mantan Luna Maya: Nggak Mungkinlah!

Terjebak di kamar mandi

Untuk mengikuti gerak-gerik pelaku itu, Yosia pun menginap di hotel tempat di mana sasarannya hendak diciduk.

Bahkan, ia menyelinap ke toilet di kamar pelaku selama seharian.

Sebab, pelaku urung keluar dari kamarnya.

Sebagai manusia biasa, Yosia kala itu sempat mengkhawatirkan keselamatannya.

“Saya kekurung. Takut sebenarnya, takut ketahuan. Pokoknya saya takut mati di situ karena yang saya tangkap bukan orang biasa,” kata Yosia.

Benar saja, Yosia nyaris tepergok di tempat persembunyiannya.

Namun, pelaku mencoba kabur dari hotel hingga akhirnya ditembak mati petugas kepolisian.

Baca Juga: Sombong Tak Butuh Duit, Ahok Lebih Pilih Jadi Gubernur Jakarta Ketimbang Komisaris Pertamina, Padahal Gajinya 19 Kali Lebih Banyak Senilai Rp 180 Juta, Ini Alasanya!

(Dokumentasi Pribadi) via Tribunnews
(Dokumentasi Pribadi) via Tribunnews

Bripka Yosia Primi Wahyudi, Polwan Polres Jakarta Pusat, Kamis (12/9/2019).

Tak kenal lelah Menurut Yosia, menjadi seorang anggota polisi itu harus sigap ketika ditugaskan mengungkap suatu masalah.

Bahkan, wajib tak kenal lelah. Ia tak pernah mengeluh meski dirinya harus bergadang demi mengungkap suatu kasus narkoba.

“Saya punya tanggung jawab untuk mengungkap kasus narkoba ya misalnya, ya itu harus saya jalani dengan senang. Toh juga ini passion saya,” kata Yosia.

Dengan menangkap pengedar dan mengungkap kasus narkoba, ia berharap pendistribusian Narkoba ke masyarakat semakin berkurang.

“Saya selalu bayangin jika itu menyasar (kasus narkoba) itu ke keluarga atau ke teman saya. Saya tidak akan sanggup lihatnya, maka saya akan terus tangkap para pengedar itu,” tuturnya.

Baca Juga: Status dan Haknya Sebagai PNS Dicabut Secara Tidak Hormat oleh Bupati, Guru SMPN 2 Tulungagung yang Divonis Bersalah dalam Kasus Pungli Kini Justru Menangkan Kasasi MA

Pulang pagi baju seksi

Kisah undercover polwan cantik juga dihimpun Tribunnews.

Seorang netizen bertutur tentang penyamaran menakjubkan seorang polwan cantik.

Akun dengan nama Tiwi Puspita Sari satu di antaranya.

Ia cerita tentang polwan yang tak lain tetangganya.

Tiwi bertutur tetangganya melakukan penyamaran total untuk menangkap penjahat.

Polwan tersebut sampai harus lapor ketua RT tempat tinggalnya.

Baca Juga: Sudah Gembar-gembor Bakal Segera Nikahi Aurel Hermansyah, Atta Halilintar Tiba-tiba Ingin Ngajak Pisah : Aku Enggak Kuat Tapi Kita Beneran Harus Pisah

"Itu supaya tidak terjadi tak salah paham akibat penyamaran tersebut," tulisnya.

Si ketua RT kemungkinan telah berkomitmen untuk tidak membocorkan penyamaran polwan cantik tersebut.

"Ada tetangga yg jadi polwan. Memang totalitas banget kalau lagi menyamar. Sampe kadang beliau harus konfirmasi ke pak RT karna akan menyamar menjadi PSK untuk beberapa hari. Pulang subuh pake pakean seksi juga. Salut lah semoga untuk kasus yg lain cekap tanggap seperti ini. Dan lagi jika yg menjadi korban dari kalangan kebawah. Semoga perlakuannya akan sama," tulis Tiwi.

Baca Juga: Jelas-jelas Ditentang sang Mertua, Artis Tampan Ini Ngotot Ajak Kawin Lari Anak Menteri, Selang Lima Hari Kemudian Langsung Dijemput Polisi

Kali ini tampil beda

Cerita lain dari akun Facebook dengan nama Vita Kurnia Fahrianti.

Seperti diketahui polisi dikenal dengan potongan rambut cepak dan rapi namun ia pernah menjumpai hal yang tak disangka.

"Aku sendiri jg salut sama penyamaran bapak polisi, hebat sekali , aku kira yang gondrong pake kalung rante itu preman ternyata intel nya polisi," imbuh Vita.

Akun lain dengan nama Elang Jajo menulis tebakan penyamaran polisi saat meringkus Ius Pane.

"Nyamar jdi pemulung y pak...." tulisnya. (*)

Artikel ini pernah tayang di BangkaPos.com dengan judul "Aksi Penyamaran Polwan Cantik Nyaris Ketahuan saat Terjebak di Toilet Kamar Bandar Narkoba"

Editor : Andreas Chris Febrianto Nugroho

Sumber : Bangkapos.com

Baca Lainnya