Panik dan Gematar Saat Lihat Wanita Hamil Akan Melahirkan di Pinggir Jalan, Seorang Kades Lakukan Hal Ini Hingga Akhirnya Sang Bayi dan Ibu Selamat, Begini Kronologinya!

Jumat, 26 Juni 2020 | 15:00
surya.co.id/imam taufiq

Panik dan Gematar Saat Lihat Warganya Akan Melahirkan di Pinggir Jalan, Seorang Kades Lakukan Hal Ini Hingga Akhirnya Sang Bayi dan Ibu Selamat, Begini Kronologinya!

Sosok.ID - Tak pernah terbayang dalam benak Chusana Churori bahwa hari itu ia harus menolong seorang ibu yang melangsungkan persalinan.

Namun, itulah yang terjadi pada Kades Pasirharjo, Kecamatan Talun, Kabupaten Blitar tersebut.

Pria 40 tahun pada Selasa (23/6/2020) harus membantu persalinan seorang warga tetangga desa, Ny Siti Aminah (36).

Ibu empat anak, warga Dusun Bendelonje, Desa Kendalrejo, Kecamatan Talun ini mendadak melahirkan di tengah jalan dekat rumah Pak Kades saat hendak meminta bantuan bidan desa.

Namun, belum sempat ditolong bidan Ny Aminah melahirkan secara alami dibantu Pak Kades Chusana Churori.

Baca Juga: Mau Nikah Malah Bokek Hingga Tak Sanggup Beli Mahar, Pria Ini Berlagak Dirampok Agar Pernikahannya Batal, Sempat Akting Pingsan Sampai Dibopong Polisi

"Sebenarnya saya nggak punya pengalaman khusus soal itu (persalinan). Hanya kebetulan dan modal nekat. Tapi, alhamdulillah semuanya berjalan lancar," tutur Chusana saat ditemui di rumahnya, Rabu (24/6/2020) petang.

Menurut Chusana, peristiwa tersebut berlangsung tanpa terduga. Sebab, kejadiannya mendadak dan ada di depannya, sehingga ia harus menolongnya.

"Peristiwanya (ibu melahirkan) ada di depan saya dan hanya ada saya sehingga ya harus bertindak seperti itu," paparnya.

Ia menceritakan, kejadiannya itu pada Selasa (23/6/2020) petang atau sekitar pukul 16.30 WIB.

Baca Juga: Pernah Diselingkuhi Mantan Suami, Maia Estianty Kaget Dengar Penjelasan Psikolog Tentang Faktor Penyebab Selingkuh Erat dengan Mertua, Singgung Aurel dan Azriel: Waduh Anak Gue...

Bermula dirinya bertemu dengan Ny Aminah. Saat itu, ia sedang berada di dalam rumah dan tiba-tiba terdengar ada suara ibu-ibu memanggil namanya.

"Pak lurah Pak Lurah, Bu Bidan ke mana? Saat itu, saya langsung setengah lari untuk menemuinya," tuturnya.

Begitu pintu rumahnya dibuka, ia kaget di depannya, ada ibu-ibu hamil kelihatan agak panik dan sedang mencari bidan.

Tujuannya, ia mau melahirkan. Karuan, kades langsung lari ke rumah bidan, yang ada di samping kanan rumahnya.

Rupanya, bu bidan, Panti Rahayu, tak ada di rumah.

Baca Juga: Malam Pertamanya Ditunggui Keluarga Besan Hingga Keluar Kamar Disoraki Bak Jagoan, Pengantin Pria Ini Malah Jiper Sampai Dianggap Tak Menghargai Tradisi

Melihat Ny Aminah menahan sakit sambil memegangi perutnya, kades terbawa panik.

Apalagi, Ny Aminah terus mengikutinya, sedang suaminya menunggu di depan rumah bidan sambil menggendong dua anaknya, satu berusia 7 tahun dan yang kecil berusia 14 bulan.

"Melihat itu, saya agak panik dan langsung lari ke dalam rumah, untuk menggambil handphone buat menelpon bu bidan," paparnya.

Baru menelpon dan belum sempat diterima bu bidan, Ny Aminah, yang ada di sampingnya, tiba-tiba mengerang kesakitan.

Bersamaan itu, Ny Aminah langsung terduduk di paving di samping rumahnya dan rumah bidan.

Baca Juga: Kondang Pada Masanya, Ekonomi Komedian Senior Ini Pernah Terpuruk Gegara 6 Bulan Tak Ada Pemasukan, Sosok Jendral Ini Jadi Penyelamatnya

"Dia (Ny Aminah) berteriak aduh pecah pak, pceah pak (maksudnya ketubannya sudah keluar)," teriak Ny Aminah ditirukan kades.

Tak hanya Ny Aminah yang panik, namun kades juga demikian. Lebih-lebih Ny Zuhriyah, istri kades langsung lemas.

"Ya, kami semua panik, namun tak tahu apa yang harus kami lakukan. Namun, melihat Bu Aminah seperti itu, saya dengan cepat membuka pakaiannya, terutama yang menghalangi proses persalinan itu," ujarnya.

Untungnya, Ny Aminah sudah berpengalaman melahirkan karena sudah ketiga kali dan mau yang keempat kalinya saat itu.

Meski dalam kondisi kepepet, Chusanah dengan cepat mengambil posisi terlentang di atas paving.

Baca Juga: Makan Hati Dituduh Duakan Ariel Noah saat Masih Jadi Istri Sah Hingga Berujung Cerai, Sarah Amalia Pernah Hardik Awak Media: Anda Semua Belum Puas?

Tanpa ada yang memberi tahu, kades itu langsung duduk di depan paha Aminah. Hanya hitungan detik, kepala bayi itu sudah terlihat.

"Begitu kepalanya terlihat, kedua tangan saya siap menadahinya. Bersamaan itu, saya memanggil istri saya, untuk mengambilkan selimut," ujarnya.

Meski kepala bayi itu sudah terlihat, namun Pak Kades mengaku tak berani berbuat apa-apa.

DIa hanya kedua tangannya siap menadahi. Rupanya, itu keluar dengan sendirinya dan langsung ditadahi dengan kedua tangannya.

"Ya, saya sempat gemetaran karena saya nggak punya pengalaman khusus (menangani proses persalinan)," ungkapnya.

Baca Juga: Pantas Saja Ongkos Resepsi Dibayari, Wanita Ini Ternyata Harus Ikhlas Suami Berubah Jadi Ayah Tiri, sang Ibu Main Serong dengan Mantu Sampai Hamil

Begitu bayi sudah berada di tanggannya, Pak Kades Chusanah langsung bernafas lega.

Ia kemudian menyelimuti bayi laki-laki tersebut. Setelah melahirkan, Ny Aminah dan bayinya, langsung dilarikan ke Puskemas Talun, berjarak 4 km dari rumah kades.

"Saya antar sendiri dengan mobil saya. Sedang, suaminya mengikuti di belakang bersama dua anaknya," ujarnya.

Selama di mobil atau dalam perjalanan ke puskemas, kondisi Ny Aminah sehat. Termasuk, bayinya sehingga membuat kades tak khawatir.

Baca Juga: Seolah Bermain Api dengan China, Amerika Serikat Kerahkan 60 Persen Kekuatan Militer di Asia-Pasifik, 375 Ribu Tentara Disiagakan

Sementara, Heti Candra Susanti, Kepala Puskesmas Talun mengatakan, kondisi bayi Ny aminah cukup sehat karena usia kandungannya cukup normal 9 bulan tiga hari.

"Berat bayinya 3,3 kg, panjangnya 50 cm. Meski persalinannya seperti itu, semuanya berjalan lancar sehingga membuat keduanya tak ada masalah," paparnya. (Imam Taufiq)

Artikel ini telah tayang di surya.co.id dengan judul "Kisah Kades di Blitar Tiba-tiba harus Menolong Ibu Melahirkan di Jalan: Bayinya Saya Tadahi 2 Tangan"

Editor : Andreas Chris Febrianto Nugroho

Sumber : Surya.co.id

Baca Lainnya