Rugi Bandar, Kucurkan Dana Ro 17,5 Triliun Demi Mesin Tempur Canggih, Nyatanya Kapal Induk HMS Dauntless Hanya Sanggup Melaut 6 Hari dan 4 Tahun Nganggur Gegara Rusak

Senin, 22 Juni 2020 | 14:00
seaforces.org

(Ilustrasi HMS Dauntless) Rugi Bandar, Kucurkan Dana Ro 17,5 Triliun Demi Mesin Tempur Canggih, Nyatanya Kapal Induk HMS Dauntless Hanya Sanggup Melaut 6 Hari dan 4 Tahun Nganggur Gegara Rusak

Sosok.ID - Salah satu penilaian kekuatan militer sebuah negara adalah armada atau alat-alat tempur canggih.

Dalam hal militer maritim, salah satu catatan kecanggihan sebuah alat tempur negara itu adalah memiliki kapal induk.

Hanya beberapa negara saja yang diketahui memiliki kapal induk yang menunjang kekuatan militer mereka di kelautan.

Termasuk negeri Ratu Elizabeth, Inggris yang dikenal dengan kekuatan militernya yang cukup disegani di dunia.

Baca Juga: Setelah Negara ASEAN, India dan Taiwan, Kini China Berulah Lagi Untuk Duduki Kepulauan Senkaku yang Bikin Jepang Marah Besar: Kami Akan Merespons dengan Tegas!

Namun militer Inggris baru saja mengalami kerugian yang cukup membuat mereka harus memutar otak.

Sebab kucuran dana senilai 1 miliar poundsterling atau Rp 17,5 triliun mereka kini sia-sia, yang seharusnya bisa dimaksimalkan untuk menambah kekuatan tempur militernya.

Yakni proyek kapal induk yang satu ini bisa dikatakan gagal dan membuat militer Inggris merugi.

Bagaimana tidak, kapal tempur yang digadang-gadang akan merajai militer dunia ini ternyata hanya bisa melaut selama 6 hari saja.

Baca Juga: 43 Tentaranya Jadi Korban Adu Jotos dengan India di Perbatasan, China Langsung 'Unjuk Gigi' Lewat Siaran Latihan Militer di Ketinggian 15 Ribu Kaki

Sisanya dalam 4 tahun ini, kapal induk bernama HMS Dauntless tersebut menganggur.

Kapal itu menganggur lantaran kerusakan mesin dan kekurangan awak hingga tak bisa digunakan untuk operasi.

Mengutip dari Daily Mirror, Sabtu (20/6/2020), kapal ini pun sekarang sedang diupayakan untuk diperbaiki mesin utamanya.

Perbaikan mesin utama padahal memerlukan waktu selama satu tahun, maka kapal induk ini total menganggur 5 tahun apabila tak ada kerusakan lainnya.

Baca Juga: Gawat! Konflik Tiongkok vs Kapal Induk AS Berpotensi Geser ke Laut Natuna, TNI AL Siagakan 4 Kapal Tempur Sekaligus: Militer Asing yang Sedang Memanas Berpotensi Geser ke Selatan

Dauntless adalah salah satu dari enam kapal perang Inggris Tipe 45, yang juga dikenal sebagai kapal penghancur "kelas D", yang dimaksudkan menjadi ujung tombak AL Inggris di era modern.

Kapal tersebut kini hanya menghabiskan hari-harinya di pelabuhan Portsmouth ketimbang jalankan tugas negara, seperti yang diungkap oleh Kementerian Pertahanan Inggris.

Dengan beban seberat 8.000 ton kapal tersebut seperti tanpa daya saat terombang-ambing dilautan lantaran masalah di mesin dieselnya.

Lantaran tahu bahwa kapal tersebut memiliki masalah mendasar pada mesinnya, pejabat yang berwenang berdalih Dauntless digunakan sebagai kapal pelatihan saja.

Baca Juga: Pantas Saja India Berang, Rupanya Ini yang Dilakukan China Sebelum Bentrokan Berdarah Terjadi

Dan kini sedang diupayakan agar bisa melaut di tahun 2021 sebagai kekuatan militer tambahan bagi kerajaan Inggris.

Saudaranya yakni kapal HMS Daring dalam 2 tahun terakhir juga diikat di dermaga, sedangkan kapal induk lainnya yakni HMS Diamond hanya melaut 15 hari selama 2019.

Lalu HMS Defender berlabuh sejak 2017 dan tidak beroperasi lagi, begitu juga dengan HMS Dragon dan HMS Duncan.

Hal lain yang mengkhawatirkan adalah, keenam kapal yang diluncurkan antara 2006-2010 itu, total perjalanannya hanya 649 hari berdasarkan data pada 2019.

Baca Juga: Tak Sudi Bahas Perdamaian, PM India Tegaskan Militernya Siap Sambut Bentrokan Bersenjata Lawan China Kapanpun!

Sebaliknya pada 2012, mereka melaut dua kali lebih banyak yakni 1.122 di laut lepas.

Kesalahan lalu diketahui terdapat di mesin yang tidak kuat menggerakkan kapal-kapal raksasa ini, sehingga menjadi terlalu panas.

Kemudian muncul pengumuman bahwa kapal akan mendapat mesin tambahan seharga 160 juta poundsterling (Rp 2,8 triliun), yang akan dipasang di galangan kapal Merseyside.

Baca Juga: Bersikeras Bungkam Soal Jumlah Tentaranya yang Tewas Dihajar India di Perbatasan, China Disebut Intel Amerika Serikat Takut Dipermalukan Musuh

Para ahli juga mengatakan, kendala lain di kapal-kapal itu adalah kurangnya pelaut.

Itu sebabnya terkadang kapal-kapal tersebut dipakai sebagai kapal latihan.

Salah seorang direktur Save The Royal Navy, Pete Sandeman mengungkap bahwa kapal-kapal raksasa milik Inggris itu sudah terlalu lama menganggur sebelum masalah akhirnya bermunculan bagi kapal itu sendiri.

Baca Juga: India Membalas! Giliran 43 Tentara China Mati di Tangan Militer Negeri Bollywood

Namun Militer AL Inggris membantah pernyataan tersebut dengan mengatakan bahwa kapal-kapal tempur itu dibuat untuk berbagai tingkat kesiapan, dan dirawat dengan siklus pemeliharaan, pelatihan, libur dan peluncuran yang telah terjadwal. (*)

Editor : Andreas Chris Febrianto Nugroho

Sumber : Dailymail.co.uk, military today

Baca Lainnya