Malam-malam Dikunjungi Presiden, Keluarga Marbot Kaget Bukan Main: Saya Gemetaran, Enggak Nyangka Pak Jokowi Datang Beri Sembako dan Uang

Sabtu, 02 Mei 2020 | 18:00
Dokumentasi Lurah Kalianyar via Kompas.com

Pembagian paket sembako dari presiden RI Joko Widodo untuk rakyat rentan terdampak corona

Sosok.ID - Beberapa waktu lalu Presiden Joko Widodo kembali turun ke lapangan untuk bagi-bagi sembako.

Meski aksinya sempat dikritik beberapa orang, namun Jokowi tetap datang sebagai bentuk keprihatinan.

Salah satu keluarga yang dikunjungi orang nomor satu di Indonesia itu pun menceritakan pengalamannya.

Baca Juga: Lagi Corona, Sekelas Presiden malah Turun Langsung Bagi-bagi Sembako, Begini Penjelasan Istana

Kaget. Tak percaya. Perasaan itu mendadak muncul menyelimuti pasangan suami istri Heri Juliansah (33) dan Lisdiawati (32).

Keduanya tak menyangka, pada hari Minggu (26/4/2020) malam, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendadak menyambangi rumahnya di Kampung Pilar, RT 01 RW 03, Kelurahan Sempur, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor.

Lisdiawati masih ingat betul ketika Jokowi yang didampingi pasukan pengaman presiden (Paspampres) menyusuri gang kecil di kampungnya untuk memberikan bantuan paket sembako dan uang tunai untuk warga di sana.

Baca Juga: Sendirian Memendam Penderitaan Demi Nyawa Sang Ibu, Gadis SMP Dipaksa Jadi Budak Nafsu Saudaranya Selama Setahun hingga Hamil 7 Bulan

Lisdiawati mengungkapkan, selain keluarganya, ada dua warga lain di kampungnya yang juga kebagian bantuan dari orang nomor satu di negara ini.

"Yang pasti kaget lihat Pak Jokowi. Datang sekitar jam 10 malam," kata Lisdiawati, kepada Kompas.com, Jumat (1/5/2020).

Lisdiawati mengatakan, sebelum membagikan bantuan itu, mantan Gubernur DKI Jakarta ini menyempatkan diri untuk berkeliling kampung.

Baca Juga: Aliran Air Tidak Lancar Atau Pipa Air Bocor? Simak #Berbagiidea Satu Ini

Sekitar 10 menit berjalan kaki, sambungnya, Jokowi tiba-tiba menghentikan langkahnya tepat di depan rumahnya. Jokowi langsung mengajak sang suami berbincang.

Dalam percakapan itu, kata Lisdiawati, Jokowi menanyakan beberapa hal mengenai pekerjaan hingga jumlah anggota keluarga.

Kepada Jokowi, sang suami mengaku berkerja sebagai marbot masjid di wilayah Yasmin, Kota Bogor.

Baca Juga: Corona, Cairan Busuk Keluar dari Tumpukan 60 Mayat dalam Truk Tanpa Pendingin, Pemandangan Itu Sukses Bikin Ngeri Polisi: Saya Baru Lihat yang Seperti Ini Pertama Kali

"Nanya-nanya kerjaan apa, suami saya bilang 'Marbot, Pak'. Terus nanya anak berapa. Habis itu ngasih amplop isinya uang. Kata Pak Jokowi 'Maaf ya enggak bisa salaman, kondisi lagi gini', terus pergi," ucapnya.

Dia menuturkan, bantuan yang diberikan Jokowi kepada keluarganya adalah paket sembako dan uang tunai sebesar Rp 1 juta.

Atas bantuan itu, ia menyampaikan ungkapan terima kasih kepada Kepala Negara.

Baca Juga: Diminta Muluskan Langkah Anak Prajurit Lolos Seleksi, Mantan Petinggi TNI Ini Tolak Mentah-mentah Permintaan Dengan Cara Menohok!

"Ya, senang dapat bantuan. Enggak nyangka Pak Jokowi datang. Sempat gemetar sih waktu itu. Anak saya saja pas mau moto sampai gemetar, hasilnya blur," kenangnya.

Sementara itu, Deputi Protokol bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin memberi penjelasan kenapa Jokowi harus turun langsung membagi-bagikan sembako kepada warga.

Bey menyebutkan, langkah tersebut merupakan cara menyatakan keprihatinan kepada masyarakat yang tengah dilanda kesulitan ekonomi akibat pandemi virus corona (Covid-19).

Baca Juga: Masa Lalunya Dirasa Kelam, Artis Ini Buka Suara Pernah Hampir 2 Kali Bunuh Diri

"Membagikan paket sembako langsung ke rakyat merupakan cara Presiden Joko Widodo secara pribadi menyatakan keprihatinan dan empati pada saudara-saudara kita yang sedang dalam kesulitan," kata Bey.

Ia mengatakan, pembagian sembako yang dimaksud itu dilakukan mantan Wali Kota Solo itu pada Minggu (26/4/2020) di wilayah Sempur, Bogor.

Ada sekitar tiga rumah warga yang didatangi langsung oleh Presiden Jokowi.

Baca Juga: Ngagetin Warga, Tetiba Mobil RI 1 Berhenti di Jalanan, Ternyata Presiden Jokowi Bagi-bagi Sembako, Publik: Kok Nggak Physical Distancing? Begini Jawaban Istana!

"Minggu sekitar pukul 21.00 WIB malam dan datang ke rumah-rumah penduduk. Presiden juga menggunakan masker dan jaga jarak sesuai protokol Covid," ucap dia.

(Ramdhan Triyadi Bempah)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul: Cerita Keluarga Marbot di Bogor, Didatangi Jokowi Malam Hari, Tiba-tiba Diberi Uang dan Sembako...

Editor : Rifka Amalia

Sumber : Kompas.com

Baca Lainnya