Tentang Hyena, Profesi Bayaran yang Melayani Aktivitas Hubungan Intim Para Gadis Remaja menuju Dewasa, Dilakukan 3 Hari Beruntut demi Upaya 'Pembersihan Diri'

Senin, 20 April 2020 | 15:10
iStockphoto

Ilustrasi berhubungan badan

Sosok.ID-Tampaknya, terdapatbanyakprofesi dan tradisi di dunia yang belum pernah kita temui sebelumnya.

Profesidan tradisi-tradisi ini tak jarang di luar nalar dan bertentangan dengan ajaran umat tertentu.

Banyak dari mereka yang dibayar untuk berbuat jahat, berbuat hina, atau berbuat hal-hal lain yang 'luar biasa'.

Meskipun begitu, kita wajib menghargai pilihan dan keyakinan orang lain dan tidak memaksakan apa yang kita percaya agar diterima oleh mereka.

Baca Juga: Konon Diyakini Kaum Yahudi Tersembunyi di Bawah Masjid Al-Aqsha, Tilik 'Sakralnya' Harta Karun Nabi Sulaiman yang Kini Diincar Bangsa Israel

Di sebuah daerah terpencil di sebelah selatan Malawi ada sebuah tradisi yang cukup unik sekaligus membuat tercengang yang berkaitan dengan aktivitas berhubungan intim..

Setiap remaja putri yang sudah pubertas diwajibkan untuk berhubungan badan dengan seorang pria bayaran.

Hal ini oleh masyarakat setempat dilakukan sebagai ritual 'pembersihan'.

Pria yang melakukan ritual ini disebut dengan 'hyena'.

Baca Juga: Peduli Tubuhmu Meninggal Saat Olahraga, Ini 7 Cara Agar Jangan Sampai Mengalami Kematian Mendadak Saat Berada di Lapangan Olahraga

Pria itu bernama Aniva berusia 40 tahun ia berpofesi sebagai 'hyena'.

Ia seorang heyna yang paling terkenal di Nsanje atau desa tempat tinggalnya tersebut.

Hyena merupakan sebutan bagi pria yang mendapat bayaran oleh masyarakat di beberapa desa terdalam untuk memberikan 'pembersihan' seksual.

Ketika remaja putri di kampungnya yang sudah pubertas atau telah mengalami menstruasi pertama kali harus mau melakukan hubungan badan dalam waktu 3 hari secara terus-menerus.

Baca Juga: Luna Maya Kena Semprot Banyak Pihak, Dari Dokter Spesialis Hingga Fadli Zon Sebut Unggahan Artis Ini Membahayakan Masyarakat!

Hal ini dilakukan sebagai tanda bahwa mereka telah melewati masa kanak-kanak menuju ke masa sebagai wanita dewasa.

Apabila para gadis remaja tersebut menolak maka konon keluarga dan bahkan desa tersebut akan terkena penyakit atau mengalami nasib sial.

Melansir dari BBC, Aniva mengatakan bahwa wanita-wanita tersebut kebanyakan masih remaja.

"Kebanyakan yang pernah saya tiduri adalah remaja, siswi sekolah."

Baca Juga: Jadi Saksi Hidup Anang Hermansyah Mati-matian Pertahankan Rumah Tangganya Bertahun-tahun, Aurel dan Azriel Sempat Perang Dingin dengan Krisdayanti, sang Ayah: Naik Turun Itu Biasa

AFP

Aniva sang hyena ritual pembersih di Malawi.

"Beberapa remaja itu masih berusia 12 atau 13 tahun, tapi saya lebih menyenangi yang lebih tua usianya.

Semua wanita ini menikmati saya sebagai hyena."

"Mereka bangga dan menceritakan kepada yang lain bahwa pria ini benar-benar pria sesungguhnya yang mengerti caranya memuaskan seorang wanita." terang Aniva, Jumat (22/2/2016).

Meskipun Aniva berprofesi sebagai hyena, tetapi ia memiliki dua orang istri dan istrinya pun tahu akan pekerjaannya tersebut.

Baca Juga: Gunakan APD Lengkap Petugas Naik Perahu Karet Seberangi Sungai Demi Antarkan Jenazah Covid-19, Sampai Viral di Medsos!

Aniva bahkan mengakui lewat jasanya ini sebagai hyena ia telah meniduri 104 gadis remaja atau mungkin lebih banyak dari itu angkanya sejak tahun 2012 silam.

Untungnya praktik dari tradisi pembersihan ini sudah semakin jarang dilakukan dan Aniva sendiri mengaku ingin berhenti dari profesi ini.

Selain itu beberapa pihak dari luar seperti pihak gereja, pemerintah dan juga NGO melarang adanya hal ini.

Pemerintah telah memulai kampanye melawan praktik-praktik budaya yang merusak.

Baca Juga: Belasan Tahun Dituduh Rebut Bambang Trihatmodjo dari Pelukan Halimah, Mayangsari Malah Disebut sang Sahabat Sempat Mati-matian Menghindar dari sang Suami: Saya Tahu Bagaimana Mayang!

Yang lebih ditakutkan juga dengan adanya tradisi pembersihan kepada gadis remaja putri ternyata sangat berisiko.

Risiko terhadap penyakit menular atau hubungan badan dengan banyak orang bisa mengakibatkan terkena HIV/AIDS.

Apalagi ritual hubungan badan dengan hyena seperti yang dilakukan dengan Aniva tidak boleh menggunakan alat pengaman seperti kondom atau alat kontrasepsi lainnya.

Aniva sendiri mengaku bahwa dirinya juga telah positif HIV, tetapi berusaha tidak menjelaskan kepada para orang tua yang telah membayar jasanya.

(Dewa)

Artiken ini pernah tayang di Wiken dengan judulMengenal Profesi Hyena, Pria yang Dibayar untuk Berhubungan Seks dengan Remaja Putri Sebagai Tanda Kedewasaan

Editor : Rifka Amalia

Sumber : Wiken

Baca Lainnya