Analis Internasional Sebut Kebaikan Kartel Narkoba Meksiko Bersedekah pada Rakyat Miskin di Tengah Krisis Corona adalah Propaganda, Apa Tujuannya?

Senin, 20 April 2020 | 14:10

Putri penguasa kartel narkoba terkenal Joaquin

Sosok.ID- Virus corona telah menunjukkan keajaiban-keajaiban yang sebelumnya tak pernah diperkirakan.

Termasuk, melihat geng narkoba terganas di Meksiko bersedekah pada kaum terdampak pandemi Covid-19.

Namun sayangnya, kebaikan itu dikatakan hanya sebagai kedok, demi dapat mengakar lebih dalam di antara masyarakat.

Ancaman krisis ekonomi di beberapa negara akibat corona membuat kelompok yang biasanya berseberangan dengan pemerintah ikut membantu masyarakat miskin.

Baca Juga: Konon Diyakini Kaum Yahudi Tersembunyi di Bawah Masjid Al-Aqsha, Tilik 'Sakralnya' Harta Karun Nabi Sulaiman yang Kini Diincar Bangsa Israel

Misalnya di Meksiko, para geng atau kartel narkoba mulai membagikan paket bantuan ke masyarakat miskin.

Tidak main-main, dalam video yang banyak beredar di media sosial Twitter dan Facebook disebut-sebut putri penguasa obat bius terkenal Joaquin "El Chapo" Guzman bernama Alejandrina.

Alejandrina bersama rekan-rekannya memasukkan bantuan berupa kertas toilet dan makanan ke dalam kardus.

Di dalam kardus itu jelas terlihat ada foto El Chapo yang kini sedang mendekam dalam penjara dalam keamanan maksimum di Amerika Serikat (AS).

Baca Juga: Jadi Saksi Hidup Anang Hermansyah Mati-matian Pertahankan Rumah Tangganya Bertahun-tahun, Aurel dan Azriel Sempat Perang Dingin dengan Krisdayanti, sang Ayah: Naik Turun Itu Biasa

Juga jelas terlihat tulisan El Chapo 701.

Seorang saksi Reuters pada hari Kamis (16/4) mengunjungi gudang El Chapo 701, yang ditumpuk dengan kotak-kotak untuk dibagikan di sekitar Guadalajara.

Beberapa pekerja memakai masker wajah bergaya medis yang membawa gambar El Chapo.

Merek "El Chapo 701" mendapatkan namanya dari daftar Forbes pada tahun 2009 yang menempatkannya sebagai orang terkaya 701 di dunia.

Baca Juga: Gunakan APD Lengkap Petugas Naik Perahu Karet Seberangi Sungai Demi Antarkan Jenazah Covid-19, Sampai Viral di Medsos!

Telegraph
Telegraph

Mafia Italia

Forbes memperkirakan kekayaan bersihnya saat itu sebesar US$ 1 miliar.

“Kami bekerja dan berkontribusi.

"Senang sekali mengunjungi rumah Anda dan memberi Anda paket Chapo ini,” demikian keterangan sebuah postingan di halaman Facebook perusahaan yang menunjukkan Alejandrina, mengenakan masker wajah hitam yang berlukiskan wajah sang El Chapo.

Bukan cuma kartel EL Chapo, beberapa kelompok lainnya juga ikut membagikan paket di masing-masing daerah kekuasaannya.

Baca Juga: Belasan Tahun Dituduh Rebut Bambang Trihatmodjo dari Pelukan Halimah, Mayangsari Malah Disebut sang Sahabat Sempat Mati-matian Menghindar dari sang Suami: Saya Tahu Bagaimana Mayang!

Falko Ernst, seorang analis dari International Crisis Group yang berfokus pada resolusi konflik, mengatakan propaganda kartel sering bertujuan untuk mengalihkan perhatian dari kekacauan yang ditimbulkan oleh orang-orang bersenjata mereka.

"Mereka berusaha memanfaatkan ketidakhadiran negara yang dirasakan demi kebaikan mereka sendiri dan untuk lebih mengakar di masyarakat setempat," kata Ernst.

Kelompok serupa di Italia yang biasa disebut Mafia juga melakukan hal serupa.

Guardian melaporkan kelompok mafia membagikan bantuan di bagian Italia Selatan di kantung-kantung kemiskinan.

Baca Juga: Ikutan Sedih Dengar Tangisan Putra si Tukang Cilok, Ashanty Langsung Terjunkan Bala Bantuan, Sempat Panik saat Tahu Rumah Pedagang Cilik Itu Hangus Dilahap Api

Misalnya di Campania, Calabria, Sisilia dan Puglia.

Di Palermo, menurut La Repubblica, seorang yang diketahui merupakan salah satu saudara dari bos Cosa Nostra membagikan makanan kepada orang miskin.

Cosa Nostra adalah salah satu kelompok mafia yang cukup disegani di Italia.

Organisasi ini beroperasi sejak tahun 1800-an.

Baca Juga: Tak Hanya Corona, di Lab Wuhan Ternyata Ada Ribuan Virus Mematikan

(Lamgiat Siringoringo)

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul Ini aksi kartel narkoba dan mafia di kala krisis corona

Editor : Rifka Amalia

Sumber : Kontan.co.id

Baca Lainnya