Konon Diyakini Kaum Yahudi Tersembunyi di Bawah Masjid Al-Aqsha, Tilik 'Sakralnya' Harta Karun Nabi Sulaiman yang Kini Diincar Bangsa Israel

Senin, 20 April 2020 | 10:48
Tribun Bangka

Ilustrasi - Harta karun yang masih tersembunyi di dunia

Sosok.ID - Sebagian dari kita mungkin pernah mendengar soal kisah Nabi Sulaiman.

Mulai dari Sulaiman yang dapat berbicara dengan binatang, hingga harta kekayaannya.

Setiap individu memang memiliki keyakinan masing-masing perihal kisah dan legenda yang datang dari masa lalu.

Salah satu yang selalu menarik perhatian adalah kisah para nabi yang tercantum di beberapa kitab yang pernah ada di dunia.

Baca Juga: Jadi Saksi Hidup Anang Hermansyah Mati-matian Pertahankan Rumah Tangganya Bertahun-tahun, Aurel dan Azriel Sempat Perang Dingin dengan Krisdayanti, sang Ayah: Naik Turun Itu Biasa

Bagi pemeluk tiga agama yakni Islam, Nasrani dan Yahudi, Nabi Sulaiman punya tempat tersendiri.

Kitab suci ketiga agama tersebut sama-sama meyakini keberadaan Sulaiman di masa lalu sebagai Nabi dan raja yang konon disegani oleh semua makhluk hidup.

Tak hanya manusia bahkan binatang, tumbuhan, dan angin pun tunduk kepadanya. Semua ini, tercantum dalam kitab suci.

Selain itu meski sudah beratus tahun lamanya nama tersebut mungkin masih menyisakan tanda tanya besar.

Baca Juga: Gunakan APD Lengkap Petugas Naik Perahu Karet Seberangi Sungai Demi Antarkan Jenazah Covid-19, Sampai Viral di Medsos!

Di mana sebagian orang meyakini harta Sulaiman masih ada dan disembunyikan di suatu tempat seperti harta karun.

Bahkan ini tercatat dalam sebuah kitab suci bernama Tawarikh II, yang di dalamnya tertulis:

"Sekarang berat emas yang datang ke Salomon dalam satu tahun adalah enam ratus tiga puluh dan enam talenta emas, / Selain itu ia memiliki pedagang, dan dari pedagang perdagangan rempah-rempah, dan dari semua raja-raja Arab, dan dari para gubernur negara."

honestreposrting
honestreposrting

The Dome of Rock dan masjid Al Aqsa.

Selain itu tercatat pula bahwa :

Baca Juga: Belasan Tahun Dituduh Rebut Bambang Trihatmodjo dari Pelukan Halimah, Mayangsari Malah Disebut sang Sahabat Sempat Mati-matian Menghindar dari sang Suami: Saya Tahu Bagaimana Mayang!

"Raja Salomo membuat dua ratus sasaran emas yang dipatahkan: enam ratus syikal emas pergi ke satu sasaran. \/ Dan dia membuat tiga ratus tameng dari emas yang dipukuli; tiga pound emas pergi ke satu perisai: dan raja menempatkan mereka di rumah hutan Lebanon. / Selain itu, raja membuat takhta besar dari gading, dan melapisinya dengan emas terbaik.… / Dan semua bejana minuman raja Salomo adalah emas, dan semua bejana rumah hutan Libanon adalah dari emas murni; tidak ada yang perak: itu tidak ada yang dicatat pada zaman Salomo…. / Jadi Raja Salomo melebihi semua raja di bumi untuk kekayaan dan kebijaksanaan."

Baca Juga: Tak Hanya Corona, di Lab Wuhan Ternyata Ada Ribuan Virus Mematikan

Kekayaan Nabi Sulaiman telah membuat banyak orang percaya bahwa ada harta karun besar yang disembunyikan di suatu tempat, dan menunggu untuk ditemukan.

Namun, apakah isi dari 'harta' ini agak tidak pasti, dan dapat berkisar antara benda-benda emas dan perak hingga Ark yang lama didambakan Perjanjian.

Dalam sebuah teks Ibrani yang disebut 'Risalah Vessel', yang diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris sekitar beberapa tahun yang lalu, 'harta' Salomon meliputi Tabut Perjanjian, Tabernakel, alat musik emas, dan jubah imam besar.

Objek lain yang mungkin dari 'Harta Karun Sulaiman' dapat ditemukan dalam banyak legenda yang menyelimuti kisah dari raja ini.

Baca Juga: Ikutan Sedih Dengar Tangisan Putra si Tukang Cilok, Ashanty Langsung Terjunkan Bala Bantuan, Sempat Panik saat Tahu Rumah Pedagang Cilik Itu Hangus Dilahap Api

Sinar Harian
Sinar Harian

Tentara Israel

Salah satu legenda seperti itu berbicara tentang Sulaiman yang memiliki cincin meterai di mana nama Allah diukir.

Dengan cincin ajaib ini, Sulaiman mampu memerintahkan iblis untuk menjalankan perintahnya.

Lalu banyak dugaan dimana beberapa peninggalan dan jejak Sulaiman ada di Yerusalem hal ini dilihat dari dinding yang dibangunnya di sekitar Yerusalem.

Dekorasi batu dalam bentuk dua Bintang Daud yang saling bertautan yang dikenal oleh umat Muslim dan orang Yahudi sebagai Khatam Suleiman.

Baca Juga: Tak Kapok Berumah Tangga di Usia Injak Setengah Abad, Juragan Minyak Ini Minta Anak-anaknya Adakan Audisi untuk Calon Ibu Tiri, Padahal Sudah 5 Kali Gagal Kawin-Cerai

Selain itu diyakini dinding tersebut berfungsi untuk melindungi kota dari roh jahat.

Simbol ini telah dikaitkan dengan kekuatan supranatural dan perlindungan sejak zaman kuno.

Lalu benda yang paling dicari selain hartanya adalah peninggalannya seperti kuil suci yang menurut rumor kini tengah diincar oleh bangsa Israel dan diyakini tersembunyi di bawah masjid Al Aqsha yang hingga kini kebenarannya tidak dapat dipastikan.

Dalam literatur kuno Temple of Solomon atau Kuil Sulaiman yang dikenal dengan Haikal Sulaiman juga masih menjadi misteri meski umat Yahudi meyakini keberadannya di bawah masjid Al-Aqsha.

Baca Juga: Diam-diam Ikat Janji Suci dengan Pria Bule, Artis Cantik Ini Ternyata Dinikahi oleh Aktor Hollywood, Berikut Profil Suaminya

Selumnya pendapat tersebut sudah mendapat banyak bantahan salah satunya dari Israel Finkelstein arkeolog dari universitas Tel Aviv yang tak meyakini keberadaannya disana.

Artikel ini telah tayang di Intisari dengan judul Konon Tersembunyi di Tanah Palestina, Inilah Harta Karun 'Sakral' Nabi Sulaiman yang Konon Sangat Diinginkan Oleh Kaum Yahudi.

(Afif Khoirul M)

Editor : Rifka Amalia

Sumber : Intisari Online

Baca Lainnya