Stok Makin Menipis di Tengah Wabah Virus Corona, Harga Sebotol Dettol di Online Shop Ini Bisa Tembus Rp 111 Juta

Selasa, 31 Maret 2020 | 10:35
Facebook | Amazon

Dettol dikabarkan bisa mematikan virus corona, benarkah?

Sosok.ID - Adanya wabah virus corona membuat semprtan desinfektan banyak diburu masyarakat.

Banyaknya permintaan ini kemudian menjadikannya barang yang langka dan berharga.

Bahkan, saking langkanya ada yang menjual hingga ratusan juta.

Sebotol semprotan Dettol terlihat dibanderol seharga 5.600 poundsterling (sekitar Rp 111,7 juta) di eBay, akibat langkanya stok barang.

Baca Juga: Gelar Resepsi dengan Rombongan Tamu Sampai 4 Bus, Hajatan di Purwokerto Dibubarkan Polisi, Ratusan Orang Disemprot Desinfektan Hingga Balik Pulang Dikawal Aparat

Harga itu terpampang dalam sebuah iklan terdaftar di eBay, untuk barang-barang antibakteri seperti semprotan disinfektan.

Seorang penjual mematok harga itu untuk produk Dettol Antibacterial Surface Cleaner Spray 750ml.

Di situasi normal, satu botol barang tersebut bisa didapat dengan harga 1 poundsterling (setara dengan Rp 20.000) di banyak supermarket Inggris.

Dilansir dari pemberitaan Mirror, ada 11 orang yang menawar produk semprotan tersebut.

Baca Juga: Angkut Tenaga Medis Corona, Pesawat Lionair Habis Dilalap Api saat Lepas Landas, Seluruh Penumpang Tewas

Namun barang itu bukan satu-satunya produk Dettol yang harganya melonjak drastis di eBay.

Sebotol semprotan disinfektan antibakteri all-in-one Dettol, dibanderol dengan harga 2.050 poundsterling (sekitar Rp 40,9 juta).

Mirror juga mengabarkan ada 19 orang yang menawar barang dengan harga selangit itu.

Terkait lonjakan harga ini, seorang juru bicara eBay meyakinkan pelanggan bahwa iklan itu telah diturunkan dan kini diterapkan larangan khusus terkait harga barang.

Baca Juga: Soroti Wabah Virus Corona yang Sukses Lumpuhkan Dunia, Mbah Mijan Sebut Ada Campur Tangan Manusia di Balik Covid-19 : Saya Tidak Percaya Bahwa Virus Semata-mata Wabah

Dia menjelaskan bahwa eBay tidak membiarkan penjual mengeksploitasi konsumennya.

"Kami telah membuat Emergency Listing Restrictions untuk barang-barang seperti masker, hand sanitizer, tisu toilet, dan (susu) formula bayi."

"Kami juga telah meluncurkan sistem pelaporan harga, yang memungkinkan konsumen melaporkan harga barang yang tidak masuk akal secara real time," ungkap juru bicara tersebut.

Dia menambahkan Emergency Listing Restrictions tidak hanya berlaku untuk barang-barang yang disebutnya, tapi untuk semua barang yang dijual di eBay.

Baca Juga: Agar Tak Kluyuran, ODP Corona di Aceh Diberi Biaya Hidup Harian Rp 200.000 Per Hari

Kemudian Tyla.com mengabarkan, sistem penyaringan telah dipasang eBay untuk mencegah barang-barang dipatok dengan kenaikan harga yang tidak masuk akal.

"Jika penjual berusaha menghindari penyaringan, kami akan mengambil tindakan penegakan yang diperlukan termasuk penangguhan akun."

"Kami terus mengambil langkah-langkah yang semakin agresif, untuk menghilangkan pencatutan pada platform kami," lanjut juru bicara eBay.

Dilansir dari Mirror, tim keamanan internasional eBay telah bekerja dengan Badan Standar Perdagangan untuk membantu menghapus produk-produk yang harganya tidak masuk akal.

Baca Juga: Lockdown India Ambyar! Ribuan Buruh Terlantar Nekat 'Merangkak' demi Pulang: Saya Takut Kelaparan, Bukan Corona

(Aditya Jaya Iswara)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Stok Langka, Penjual Patok Harga Produk Dettol Rp 111 Juta di eBay"

Editor : Dwi Nur Mashitoh

Baca Lainnya