Viral di Media Sosial, Pasien Virus Corona di RSPI Angkat Bicara Merasa Stress Keluarganya Jadi Sorotan: Berada di Tempat yang Salah Pada Waktu yang Salah...

Selasa, 03 Maret 2020 | 12:35
Kolase twitter @bananahoe/TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN

Viral di Media Sosial, Pasien Virus Corona di RSPI Angkat Bicara Merasa Stress Keluarganya Jadi Sorotan: Berada di Tempat yang Salah Pada Waktu yang Salah...

Sosok.ID - Virus corona kini terdeteksi telah menjangkit warga negara Indonesia yang membuat publik gempar.

Kabar tersebut disampaikan oleh Presiden Jokowi pada hari Senin (2/3/2020) di Istana Negara, kemarin.

Virus Corona dikabarkan telah menginfeksi dua orang WNI yang kini telah di bawah penanganan dokter di RSPI Sulianto Saroso, DKI Jakarta.

Bahkan keluarga dan kediaman pasien tengah berada di bawah pengawasan dari pihak Dinas Kesehatan untuk mencegah persebaran virus tersebut.

Hingga kini kediaman pasien yang beralamatkan di Depok, Jawa Barat telah diisolasi oleh pihak berwajib dengan diberikan garis polisi mengelilinginya.

Baca Juga: Tinggal Serumah Dengan Pasien Positif Virus Corona, Orang Ini Disebut Negatif, Ternyata Karena Hal Ini Tak Terinfeksi!

Tak hanya itu saja, kini rumah tersebut diamankan dengan radius 20 meter agar disterilkan selama 14 hari mendatang.

Kabar mengenai virus dengan nama lain COVID-19 itu menggemparkan publik.

Hingga belum lama ini beredar gambar tangkapan layar pernyataan dari salah satu pasien yang kini sedang di tangani oleh tim dokter di RSPI.

Gambar mengenai tangkapan layar percakapan melalui pesan singkat dari ponsel pun kini menjadi viral di media sosial.

Baca Juga: Harga Masker Naik Lebih dari 10 Kali Lipat dan Menjadi Langka di Pasaran Setelah Jokowi Umumkan Kasus Virus Corona, Ancaman 5 Tahun Penjara Bagi Oknum Penimbun Menanti

Percakapan atau penjelasan yang viral tersebut diduga dari salah satu pasien yang bersinggungan langsung dengan warga negara Jepang yang disebut lebih dulu terinfeksi virus corona.

Salah satu akun media sosial Twitter dengan alamat @bananahoe mengunggah gambar percakapan tersebut pada (2/3/2020).

Ada tiga potongan gambar yang diunggah oleh pemilik akun.

Dalam keterangan unggahan tersebut, pemilik akun mengaku bahwa pasien yang kini disebut sedang terinfeksi virus corona itu adalah sahabat dari orang tuanya.

Baca Juga: 2 WNI di Depok Positif Virus Corona, Anies Baswedan Larang Warganya Kunjungi Dua Tempat yang Diduga Jadi Lokasi Penularan Covid-19

Penjelasan yang diduga diberikan oleh pasien virus corona yang tinggal di Depok itu menjelaskan mengenai kondisi dan kronologi kejadian hingga dirinya diberitakan terjangkit virus dari China itu.

Twitter @babanahoe
Twitter @babanahoe

Salah satu penjelasan dari orang yang diduga pasien virus corona di Depok

"Halo Semua. Saya Sita yang dikabarkan positif corona. Yes, yang fotonya barusan disebarkan di grup ini. Maaf daritadi siang saya ga komen apapun karena saya bingung sekali."

"Saya lihat di TV soal saya dan ibu saya positif corona. Dan juga baca di berbagai grup Whatsapp dengan inisial saya maupun ibu saya, juga alamat lengkap rumah saya."

"Alhasil sampai rumah saya masuk berita karena banyak sekali media mendatangi dan menyebarkan data yang tidak akurat. Kejadiannya adalah saya batuk dan demam dari tanggal 16 Februari dan sejak itu ga keluar rumah."

Baca Juga: 2 Orang Indonesia Positif Corona, Jessica Iskandar Langsung Terkena Dampak Hingga Pernikahan Terancam Diundur: Kalau Richard Sih Bilang Sedih...

"Hari Kamis lalu karena masih sakit saya ke RS Mitra Keluarga Depo dan di info bahwa saya bronchopneumonia dan ibu saya tifus."

"Kami saat itu masih tidak ada pikiran apapun meskipun dirawat. Kemudian hari Jumat lalu ada teman saya yang kalian pasti kenal juga, nelpon saya dari Malaysia untuk memberi info bahwa ada orang Jepang yang positif corona per 26 Februari dan dia ke Amigos Kemang tanggal 14 Februari dan ke Paloma (tempat saya host) tanggal 15 Februari."

twitter @bananahoe
twitter @bananahoe

unggahan percakapan yang diduga klarifikasi dari pasien virus corona

"Demi keamanan dn kesehatan nasional, saya info ke dokter agar saya diperiksa karena itu saya di isolasi dari hari Minggu. Saya bahkan sampai sekarang tidak tahu dan tidak kenal orang Jepang ini siapa."

"I Just Happen to be in the wrong place at the wrong time. (saya hanya berada di tempat yang salah dan di waktu yang salah)."

Baca Juga: Kesal dengan Kehidupan, Pria Ini Mendadak Mati Saat Live Siaran TV

"Kenapa saya ga info apapun di grup? Karena saya bingung sampai sekarang tidak ada satu dokterpun yang nyamperin untuk menjelaskan apapun ataupun memeberi lihat hasil tes saya."

"Aku pun melakukan sebisaku untuk memberikan info keluarga dan teman dekat saya dan mereka telah dihubungi oleh dinas kesehatan dan dibawa untuk diambil sampelnya juga untuk memastikan virus tidak tersebar."

Pengirim pesan dalam gambar tangkapan layar percakapan yang diunggah oleh akun @babanahoe itu juga meminta untuk tak menyebarkan gambar dirinya maupun keluarganya.

Baca Juga: Dansa Pembawa Petaka, Kronologi Dua WNI Terjangkit Virus Corona

potongan percakapan yang diunggah di sosial media dan menyebut dirinya adalah salah satu pasien virus corona ini pun menjadi viral dimedia sosial.

Hingga berita ini diterbitkan, unggahan ini telah lebih dari 44.100 kali diretweet dan 54.7000 lebih disukai. (*)

Editor : Andreas Chris Febrianto Nugroho

Sumber : Kompas.com, Twitter, Tribunnews.com

Baca Lainnya