Berdiri Kaku dengan Pandangan Mata Tajam, Sosok Berpakaian Hitam Mendadak Muncul di Pinggir Sungai Saat Evakuasi Siswa SMPN Turi 1, Netizen Ramai Sebut Penampakan Hantu

Selasa, 25 Februari 2020 | 18:20
Kolase gambar dokumentasi BNPB via Tribunnews dan tangkap layar Facebook/Antoxking

Berdiri Kaku dengan Pandangan Mata Tajam, Sosok Berpakaian Hitam Muncul di Pinggir Sungai Saat Evakuasi Siswa SMPN Turi 1 yang Hanyut, Netizen Ramai Sebut Penampakan Hantu

Sosok.ID - Kasus kematian 10 siswa SMPN 1 Turi, Yogyakarta yang tewas terseret arus usai menyusuri sungai masih terus bergulir.

Mengutip Tribunnews, kali ini pihak kepolisian telah menetapkan 3 tersangka atas kasus kematian 10 siswa SMPN 1 Turi, Yogyakarta.

Namun di balik ramainya kasus kematian 10 siswa SMPN 1 Turi yang menyusuri sungai, viral foto penampakan sosok berpakaian serba hitam mendadak muncul berdiri kaku di pinggir sungai.

Sosok berpakaian serba hitam ini mendadak muncul saat salah seorang warga sibuk pertaruhkan nyawanya untuk menyelamatkan para siswa yang terseret arus sungai.

Baca Juga: Duduk di Bahu Sofa di Samping Andika Mahesa yang Ngelesot di Lantai, Kaki Ayu Ting Ting yang Hampir Menendang Wajah eks Vokalis Kangen Band Jadi Sorotan : Kakinya Kurang Sopan

Penampakan sosok berpakaian hitam tersebut langsung ramai disebut-sebut sebagai hantu oleh warga sekitar.

Sontak saja foto penampakan sosok berpakaian hitam di pinggir sungai itu mendadak viral dan ramai dibicarakan netizen di media sosial Facebook.

Seperti yang diberitakan Sosok.ID sebelumnya, diketahui sebanyak 10 siswa SMPN 1 Turi, Sleman, Yogyakarta tewas mengenaskan saat melakukan kegiatan susur sungai Sempor.

Kejadian nahas ini terjadi di sungai Sempor, Sleman pada Jumat (21/2/2020).

Baca Juga: Penganut Teori Bumi Datar Tewas secara Tragis di Peluncuran RoketUap Miliknya:AkuMembangun Roketku, dan Aku Akan Melihat Bumi dengan Mataku Sendiri

Melansir Kompas.com dan Tribun Jogja, Selasa (25/2/2020) saat ini pihak kepolisian Polda DIY telah menetapkan 3 tersangka atas kasus kematian 10 siswa SMPN Turi 1 ini.

Berdasarkan keterangan dari Kabid Humas Polda DIY, Kombes Yulianto salah satunya adalah guru olahraga sekaligus pembina pramuka SMPN Turi 1 yang berinisial IYA.

Hal tersebut disampaikan dalam konferensi pers yang digelar oleh Kepolisian Daerah Istimewa Yogyakarta pada Sabtu (22/2/2020) sore.

Dalam konferensi pers tersebut, Yulianto mengatakan, penetapan IYA sebagai tersangka dilakukan setelah polisi melakukan gelar perkara dan memeriksa sejumlah saksi.

Baca Juga: Bukannya Merugikan, Rupanya Begini Alasan Cerdas BJ Habibie Pilih Lepaskan Timor Leste 20 Tahun Lalu yang Kini Justru Menguntungkan Indonesia dan Dapat Respon Baik dari Dunia

Atas perbuatannya, IYA bakal dijerat dengan pasal 359 dan 360 KUHP tentang kelalaian yang menyebabkan orang lain meninggal dunia dan kelalaian yang menyebabkan orang lain luka-luka dengan ancaman hukuman penjara 5 tahun.

Berdasarkan kesaksian para saksi mata dan korban selamat, kejadian nahas yang menimpa 10 siswa SMPN Turi 1 ini terjadi dengan sangat cepat.

Sebanyak 249 pelajar yang mengikuti kegiatan susur sungai ini hanyut terbawa aliran sungai yang mendadak naik lantaran hujan deras di bagian hulu.

Melansir dari Kompas.com, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Sleman, Makwan mengatakan jumlah peserta yang berhasil selamat berjumlah 216 orang.

Baca Juga: Lihat Sendiri Saat Krisdayanti Ajak Raul Lemos ke Kamar Saat Liburan di Bali, Begini Reaksi Aurel Hermansyah Ketika Tahu Miminya Hamil Duluan

Sedangkan yang ditemukan tewas terbawa arus sungai deras sebanyak 10 siswa.

Dikutip Sosok.ID dari Kompas TV dan Tribunnews, Selasa (25/2/2020) dari data yang dihimpun dari Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Bencana BNPB, puluhan institusi tergabung menjadi satu tim untuk mengevakuasi pelajar yang menjadi korban kejadian ini.

Sejumlah warga pun diketahui ikut membantu tangan saat kejadian nahas ini terjadi.

Baca Juga: Keliling Dunia Selama 4 Bulan, Raffi Ahmad Blak-blakkan Ungkap Negara Favoritnya Hingga Nyaris Tiap Hari Program Bikin Anak: Kalau Negara Itu Duluan, Nagita Bisa Hamil di Perjalanan!

Salah satu warga yang menjadi saksi mata dan turun langsung mengevakuasi para korban adalah warga Kembangarum Wetan, Turi, Darwanto atau Kodir (30).

Saat kejadian nahas ini terjadi, Kodir berada di pinggir sungai untuk memancing.

Namun saat hendak memancing, Kodir mendengar suara teriakan anak-anak meminta tolong dan langsung bergegas mencari sumber suara.

Saat mengetahui bahwa sumber teriakan itu adalah sekelompok pelajar yang hanyut terbawa arus sungai, Kodir tanpa pikir panjang langsung terjun menyelamatkan para korban.

Baca Juga: Pernikahan Dibatalkan Seminggu Sebelum Lamaran Gegara Cinta sang Calon Istri Beralin ke Laki-laki Lain, Pria Ini Nekat Sebarkan Video Panas Calon Istrinya ke Facebook

Sontak saja aksi heroik Kodir ini sempat diabadikan oleh seseorang dan viral di media sosial.

Namun di antara banyaknya foto-foto aksi heroik Kodir saat menyelamatkan para siswa, ada salah satu foto yang tak kalah ramai dibicarakan netizen di jagat media sosial.

Foto tersebut menampakkan sosok Kodir yang tengah sibuk menyelamatkan beberapa siswa yang hanyut terbawa arus sungai.

Jika diperhatikan baik-baik, banyak netizen menemukan keanehan yang tertangkap dalam foto tersebut.

Baca Juga: Banjir Sampai Menggenangi Istana Kepresidenan, DPRD Sebut Pemprov DKI Jakarta yang Ogah-ogahan Tangani Banjir : Emang Sepertinya Bukan Prioritas Pak Gub

Keanehan tersebut adalah penampakan sosok seseorang mengenakan pakaian serba hitam, berdiri kaku dengan pandangan tajam di pinggir sungai.

Tak ayal, sosok ini mendadak langsung jadi pembicaraan hangat para warganet.

Banyak yang menyebut bila sosok berpakaian serba hitam tersebut adalah penampakan hantu penunggu sungai yang mencari tumbal.

Dilansir Sosok.ID dari Tribunnews Bogor, sosok berpakaian serba hitam di pinggir sungai ini rupanya menarik perhatian warganet yang penasaran.

Tangkap layar Facebook/Antoxking
Tangkap layar Facebook/Antoxking

Sosok berpakaian hitam yang disebut-sebut adalah penampakan hantu

Baca Juga: Dibela-bela Kendarai Motor Dari Surabaya ke Sleman Dengan Bawa Kado Ulang Tahun, Ayah Ini Justru Dapati Anaknya Membujur Kaku: Anak Saya Sudah Tidak Ada...

Namun setelah ditelusuri lebih lanjut, sosok penampakan tersebut tidaklah seperti yang disangka-sangka oleh warganet.

Pemilik akun yang menyebarkan foto ini, Antoxking mengungkapkan fakta yang sebenarnya.

Melalui bagian kolom komentar, Antoxking menjelaskan bahwa sosok penampakan yang ikut tertangkap tersebut bukanlah sosok hantu.

Melainkan sosok adik Kodir yang ikut menyelamatkan para siswa yang hanyut terbawa arus deras sungai Sempor.

Baca Juga: Tak Sepenuhnya Baik, Ada Dampak Buruk Akibat Indonesia Dinyatakan Sebagai Negara Maju

"Kui ki adine sing nulungi kui yoan, tapi deknen nunggu kono (Itu adiknya yang tolong korban, dia nunggu di situ (pinggir sungai))," jawab akun Facebook Antoxking dalam kolom komentar.

Melansir Tribunnews Bogor, pemilik akun Facebook Antoxking juga awalnya sempat berpikir bahwa sosok tersebut adalah sosok penampakan hantu.

Baca Juga: Jomblo Dan Disuruh Milih Salah Satu Dari Finalis Indonesian Idol, Dul Jaelani Disebut Maia Estianty Suka Mendua Seperti Ayahnya: Persis Bapak e!

Namun ketika diklarifikasi kembali, sosok tersebut adalah adik Kodir yang ikut membantu evakuasi para siswa.

Sampai berita ini ditayangkan, postingan akun Facebook Antoxking ini telah disukai lebih dari 1,7 ribu pengguna dan dibagikan lebih dari 700 kali.

Tangkap layar Facebook/Antoxking
Tangkap layar Facebook/Antoxking

Postingan akun Facebook terkait penyelamatan siswa SMPN Turi 1 yang ramai dibicarakan netizen

(*)

Editor : Tata Lugas Nastiti

Sumber : Facebook, Tribunnews Bogor

Baca Lainnya