Harapan Menipis, China Tidak Tahu Siapa Patient Zero Corona Agar Bisa Buat Vaksin Anti Virus

Selasa, 11 Februari 2020 | 13:15
SCMP/FELIX WONG

Harapan Menipis, China Tidak Tahu Siapa Patient Zero Corona Agar Bisa Buat Vaksin Anti Virus

Sosok.ID - Wabah virus Corona di Wuhan, China sedang meneror dunia.

Bermula dari peringatan seorang dokter bernama Lei Weinlang bahwa Wuhan bakal terkena wabah penyakit mematikan namun dianggap bualan belaka kini malah jadi mimpi buruk.

Sialnya Lei juga sudah meninggal gegara Corona padahal mungkin saja ia tahu siapa 'dalang' dari wabah mematikan ini.

Mengutip The Sun, Selasa (11/2/2020) para peneliti di China dan dari seluruh dunia berlomba untuk menemukan sumber awal mula virus Corona.

Baca Juga: Bukannya Jaga Kebersihan di Tengah Ancaman Virus Corona, Wanita asal Wuhan Ini Malah Sengaja Meludahi Gagang Pintu di Rumah Tetangganya, Aksinya yang Tak Bertanggung Jawab Terekam Kamera CCTV

Hal ini karena sudah ada kematian pasien Corona diluar China di Filipina pada 2 Februari 2020 lalu.

Sampai saat ini 11 juta penduduk kota Wuhan sedang dikarantina.

Awal mula para peneliti China mengatakan jika pasar daging di kota itulah penyebab Corona virus.

Ada pula dugaan kuat mengenai sup kelelawar yang jadi penyebab utama lahirnya virus Corona.

Dua kemungkinan itu memang paling rasional namun para peneliti China juga mempunyai dugaan mengerikan lain mengenai awal mula virus ini.

Baca Juga: Bukannya Tak Terinfeksi karena Sudah Kebal, Ahli Sebut Virus Corona Mungkin Sudah Menjangkiti Masyarakat Indonesia Tapi Tak Terdeteksi

Jurnal ilmu kedokteran The Lancet baru-baru ini menerbitkan update mengenai laporan klinis pertama virus Corona.

Yang membuat mereka tercengang ialah 13 dari 41 kasus pertama orang yang tertular virus Corona tidak memiliki hubungan atau tidak pernah bersinggungan dengan pasar daging Wuhan maupun makan sup kelelawar.

Temuan ini memperkuat dugaan jika Corona muncul sendiri didalam tubuh manusia atau dalam istilah medis orang yang pertama terkena virus Corona dilabeli Patient Zero.

SCMP
SCMP

Patient Zero Corona Virus, belum ditemukan.

Daniel Lucey, seorang spesialis penyakit menular di Universitas Georgetown mengatakan: "Diperkirakan penyebaran cepat virus pertama kalinya dari pasar daging Huanan pada bulan Desember, namun nyatanya itu tak benar."

"Alih-alih virus sudah menyebar secara diam-diam di Wuhan, patient zero ini 'bersembunyi' di antara banyak pasien Corona lainnya saat ini."

Baca Juga: Khawatir akan Tularkan Virus Corona, Pasangan Ini Hadiri Pernikahan Sendiri Secara Online, Tamu Undangan Saksikan Mereka dari Tempat Karantina Melalui Live Streaming

"Jadi dapat disimpulkan pasar daging Wuhan bukan asal mula lahirnya Corona," ujar Daniel.

Seperti disebutkan diatas, dokter Lei Weinlang yang membuat peringatan pertama kali akan adanya Corona mungkin saja mengetahui virus ini berawal dari seseorang yang sudah terjangkit Corona untuk pertama kalinya atau itu dia Patient Zero Corona.

Sialnya Lei sudah keburu mati dan tidak bisa menunjukkan siapa Patient Zero Corona.

Padahal jika saja tahu, peneliti China bisa mengukur perilaku, karakteristik, dan mutasi virus sehingga bisa membuat vaksin demi menyembuhkan pasien secepat mungkin.

scmp.com
scmp.com

Dokter Li Wenliang yang ditangkap karena mengirim pesan peringatan tentang virus corona, telah meninggal dunia pada Jumat (7/2/2020).

Menteri Kesehatan China Ma Xiaowei telah memperingatkan bahwa coronavirus tampaknya sudah bermutasi dan melompat dari manusia ke manusia lebih cepat daripada ketika wabah pertama kali dimulai.

Hingga saat ini mengutip dari worldometers.com, di China sendiri sudah 1.018 orang meninggal dan 4.043 lainnya sembuh gegara virus corona. (Seto Aji/Sosok.ID)

Editor : Seto Ajinugroho

Sumber : The Sun

Baca Lainnya