Nekat Nikah dengan Pacar di Usia 17 Tahun Hingga Berakhir KDRT, Artis Ini Larang Keras sang Anak Ikuti Jejaknya: Soal Nikah, Aku Keras Banget

Selasa, 28 Januari 2020 | 16:13
Instagram/@wulanguritno

Nekat Nikah dengan Pacar di Usia 17 Tahun Hingga Berakhir KDRT, Artis Ini Larang Keras sang Anak Ikuti Jejaknya: Soal Nikah, Aku Keras Banget

Sosok.ID- Merasa trauma sempat menikah di usia muda, artis seni peran, Wulan Guritno jadi keras soal masa depan sang anak.

Seolah tak ingin anaknya mengalami kegagalan yang sama seperti yang pernah ia perbuat dulu di masa muda, Wulan Guritno blak-blakkan larang sang anak menikah muda.

Pengalaman pahit alami KDRT pasca menikah muda membuat Wulan Guritno begitu keras pada sang anak soal kehidupan rumah tangga.

Bagi sebagian besar orang, pernikahan merupakan puncak sebuah hubungan.

Baca Juga: Jadi Wabah Penyakit, Bill Gates Ungkap Pernah Memprediksi Virus Corona Pada Tahun 2018 Lalu, Begini Katanya!

Tak hanya bagi mereka yang usianya sudah dewasa, kini pernikahan pun bukan sesuatu yang asing lagi bagi para anak muda.

Bahkan, pernikahan di usia muda ternyata cukup sering ditemukan di kalangan artis.

Keputusan untuk menikah muda memang tidak dianjurkan, terutama jika mempelai atau pasangan yang menikah masih tergolong remaja yang belum dewasa dan di bawah umur.

Selain dibutuhkan kematangan mental dan usia, pernikahan juga membutuhkan kematangan finansial yang mandiri.

Baca Juga: Lama Tak Bertemu, Akhirnya Fairuq Bertatap Muka Dengan Mantan Suami di Ruang Sidang Kasus Ikan Asin: Saya Membela Kebenaran Dan Harga Diri!

Dikhawatirkan, pernikahan di usia dini bisa memicu permasalahan yang tidak diinginkan dalam rumah tangga seperti kekerasan (KDRT) hingga penelantaran anak.

Kini bahkan DPR dan pemerintah menyepakati perubahan batas usia perempuan melalui revisi Undang-Undang (UU) Nomor 1 Tahun 1974 Tentang Perkawinan menjadi 19 tahun.

Saat batas usia pernikahan bagi perempuan masih 16 tahun, seorang artis dikabarkan sudah menikah di usia 17 tahun sekaligus melahirkan anaknya.

Artis tersebut merupakan wanita berdarah campuran Jawa dan Inggris, Wulan Guritno.

Baca Juga: Naik Pitam Sampai Nangis Usai Fisiknya Terus Dicecar Kuasa Hukum Trio Ikan Asin, Fairuz A Rafiq Ditegur Keras Hakim Sidang:Kamu Juga Biang Keroknya!

Saat usianya masih 13 tahun, Wulan dikabarkan sudah berpacaran dengan aktor Attila Syach.

Wulan sendiri sempat tiga tahun sekolah di London.

Setelah kembali ke Indonesia, dirinya berhubungan lagi dengan Atilla.

Orang tuanya lalu memutuskan untuk menikahkan Wulan dengan Attila, dalam usia yang masih amat belia.

Baca Juga: 6 Tahun Menghilang Dan Dikira Dieksekusi Mati Oleh Keponakannya, Sosok Adik Dari Ayah Kim Jong Un Kagetkan Publik, Ternyata Emban Tugas Rahasia Ini!

Ia kemudian menikah dengan Attila pada usia 17 tahun.

Wulan melahirkan putri pertamanya, Shaloom Razade pada 24 Juni 1998.

Belajar dari pengalamannya, Wulan Guritno ternyata tak ingin Shaloom seperti dirinya yang memutuskan untuk menikah muda.

Wulan mengakui dirinya membebaskan Shaloom untuk memilih jalan hidupnya sendiri, namun soal menikah muda, tak ada kompromi lagi.

Baca Juga: Gadis 13 Tahun Ngaku Hamil Usai Berhubungan Seks dengan Bocah 10 Tahun, Dokter Sampai Terheran-heran Tak Percaya: Dia Bahkan belum Memiliki Sel Sperma

Hal itu ia ungkapkan saat menjadi bintang tamu di acara Ngopi Dara Trans TV pada Sabtu (27/10).

"Aku gara-gara pengalaman aku, aku emang bebasin pilihan hidupnya dia, tapi soal nikah aku keras banget. Enggak ada yang namanya nikah muda," jelas Wulan.

Wulan tidak menampik bahwa rezeki dan jodoh berada di tangan Tuhan, namun soal pernikahan adalah pilihan Shaloom.

"Ya rejeki itu kan di tangan Tuhan. Tapi kalau prestasi, karir itu kan enggak ada kaitannya dengan pernikahan.

Baca Juga: Diserang Virus Corona, China Langsung Kerahkan 100 Alat Berat Untuk Bangun Rumah Sakit Khusus Selama 6 Hari, Ini Videonya!

Kamu mau udah menikah atau belum, prestasi enggak ada kaitannya," jelasnya.

Wulan sendiri memutuskan bercerai dari Attila setelah dua tahun berumah tangga.

Wulan menyatakan dirinya sudah tidak tahan terus membina rumah tangga dengan Attila.

Artis kelahiran London ini mengaku sempat menjadi korban Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) saat berada dalam pernikahan dengan Attila.

Baca Juga: Turunan sang Ibu? Anak Iis Dahlia Disemprot Artis Kawakan Bollywood Ini Usai Lontarkan Kalimat Rasis Bandingkan Fisik Orang Korea dan India : Jaga Ucapanmu!

Wulan mengatakan bahwa KDRT yang diterimanya hampir tidak terekspos publik karena saat itu ia terlibat dalam sinetron atau serial drama kolosal 'Tutur Tinular' dan 'Misteri Gunung Merapi'.

"Sehingga pada saat ada biru atau lebam itu, aku bisa bilang jatuh dari kuda, abis adegan fighting dan sebagainya.

Tuhan baik masih kasih aku alibi gitu kan. Tapi ya enggak berani bersuara karena bingung," ucap Wulan.

Baca Juga: Jadi Ratu Sinetron Lantaran Kecantikannya, Artis Ini Nyatanya Gagal Berumah Tangga Sampai 2 Kali, Begini Penampakannya Sekarang!

Wulan mengungkapkan bahwa ia malu mengumbar tindakan KDRT suaminya karena pernikahannya dengan Attila tidak direstui orangtuanya.

"Aku malu mengungkapkannya karena memang orang tua dulu bliang memang tidak menyetujui pernikahan saya dengan dia (Atila Syach)," ujar Wulan Guritno. (Rebi)

Artikel ini sudah tayang di Wiken.ID dengan judul: Dulu Dikabarkan Pacaran Sejak Usia 13 Tahun Hingga Melahirkan di Usia Muda, Artis Ini Kini Larang Keras Anaknya Menikah Muda

(*)

Editor : Tata Lugas Nastiti

Sumber : wiken.id

Baca Lainnya