Jenazah Bergeletakan di Lantai, Video Suasana Mencekam RS di Wuhan Akibat Virus Corona Beredar di Medsos, Puluhan Pasien Menjerit Putus Asa

Sabtu, 25 Januari 2020 | 19:45
Kolase gambar tangkap layar YouTube/South China Morning Post dan Video Mirror UK

Jenazah Bergeletakan di Lantai Tanpa Ada yang Berani Sentuh, Video Suasana Mencekam RS di Wuhan Akibat Virus Corona Beredar di Medsos, Puluhan Pasien Menjerit Putus Asa

Sosok.ID - Belum lama ini beredar video viral yang menunjukkan suasana mencekam akibat wabah virus Corona di salah satu rumah sakit di Wuhan, China.

Dalam video viral tersebut, diperlihatkan puluhan orang diduga terjangkit virus Corona menjejali rumah sakit Wuhan, China dengan jerit putus asa mereka.

Lebih parahnya, dalam video viral ini, beberapa jenazah tergeletak begitu saja di antara para pasien virus Corona di lantai tanpa ada yang berani menyentuh.

Diketahui penyebaran virus Corona di Wuhan, China semakin meluas dan memaksa pemerintah melakukan tindakan pencegahan.

Baca Juga: Ingin Batalkan Pernikahan Tapi Tak Berani Ngomong Langsung ke Calon Istri, Pria Ini Sengaja Curi Speaker Seharga Rp 3,9 Juta agar Ditangkap Polisi

Mengutip Kompas.com, sampai detik ini, Pemerintah China melalui Komisi Nasional Kesehatan mengumumkan 25 orang telah meninggal karena wabah virus Corona.

Meluasnya penyebaran virus Corona membuat pemerintah terpaksa menutup dan mengisolasi tiga kota besar dalam upaya pencegahan.

Dilansir Sky News, Jumat (24/1/2020), selain 25 orang tewas, sejauh ini China mencatat lebih dari 800 kasus virus Corona.

Akibat meluasnya penyebaran virus yang berasal dari hewan liar ini, pemerintah pun mulai mengambil tindakan ekstrem seperti karantina besar-besarnya.

Baca Juga: Yakini Bakal Terancam Tak Selamat di Alam Baka, Suku Pribumi Ini Jadikan Kepala Manusia Sebagai Mas Kawin untuk Calon Istri

Sejumlah kota yang dianggap sebagai pusat penyebaran epidemik diisolasi dengan pengamanan ketat.

Langkah ekstrem itu terpaksa dilakukan demi mencegah virus menyebar keluar.

Salah satu kota yang pertama kali diisolasi dari dunia luar adalah Wuhan dengan 11 juta penduduk.

Baca Juga: Jembatan Penyambung Pulau Jawa Dan Bali Hebohkan Warga Dewata, Prof. Dr. I Gusti Ngurah Sudiana: Bali Akan Rusak

Ditutupnya kota dengan 11 juta penduduk ini, membuat kota yang sebelumnya ramai dan dikenal sebagai salah satu kota wisata, berubah menjadi kota hantu.

Dilansir Sosok.ID dari Mirror UK, Sabtu (25/1/2020) suasana sebaliknya justru diperlihatkan oleh salah satu rumah sakit umum di Wuhan, China.

Beredar luas di media sosial dan viral, video berdurasi sekitar 1 menit ini pertama kali disebarkan oleh seorang wanita yang mengaku sebagai perawat di akun Weibo miliknya.

Baca Juga: Sunat Seorang Bocah, Tukang Khitan Ini Justru Potong Alat Vital Pasien, Begini Akhirnya!

Dalam video berdurasi singkat tersebut menunjukkan suasana kacau dan penuh kepanikan di salah satu rumah sakit di Wuhan.

Sejumlah staff rumah sakit dengan pakaian pelindung berwarna putih terlihat bersliweran di koridor yang dipenuhi oleh pasien.

Koridor rumah sakit yang tak seberapa luas itu dijejali oleh ratusan orang yang menggunakan masker.

Baca Juga: Tak Pernah Terlihat di Layar Kaca Setelah Menyandang Status Duda, Sahrul Gunawan Kini Gandeng Gadis Cantik Asal Aceh, Ini Sosoknya!

Beberapa orang berdiri, duduk di bangku atau lantai, namun ada juga yang berbaring di lantai dengan kondisi memprihatinkan.

Melansir Mirror UK, dalam postingan yang viral itu, perawat yang merekam video ini menulis bahwa tenaga medis rumah sakit dan ratusan pasien telah berhari-hari terjebak dengan 3 jenazah.

Ketiga jenazah tersebut tergeletak begitu saja di lantai dengan kain putih menutupi badan mereka.

Beberapa staf rumah sakit bahkan ada yang terpaksa berjalan melangkahi jenazah tersebut lantaran sudah tak ada lagi ruang yang tersisa.

Baca Juga: Tak Pernah Terlihat di Layar Kaca Setelah Menyandang Status Duda, Sahrul Gunawan Kini Gandeng Gadis Cantik Asal Aceh, Ini Sosoknya!

Sesekali terdengar jerit putus asa orang-orang yang terjebak di dalam rumah sakit tanpa bisa berbuat apa-apa.

Mengutip Mirror UK, Sabtu (25/1/2020) ketiga jenazah tersebut berada di rumah sakit lantaran tak ada keluarga yang mengambil.

Masalah semakin menjadi-jadi kala pihak rumah sakit kehabisan ruangan untuk merawat pasien yang jumlahnya terus membludak.

Baca Juga: Gedek Lihat Tingkah Ayu Ting Ting Akting Manja Sama Suami Orang, Ruben Onsu Geplak Tangan Ayu Pakai Centong Kayu

Tak ayal, video suasana mencekam rumah sakit di Wuhan tersebut viral dan ramai dibicarakan di media sosial.

Melansir Mirror UK, wartawan media South China Morning Post, Thomas Yau sendiri sudah mengkonfirmasi kebenaran rekaman video ini.

Berdasarkan informasi yang dikumpulkannya, Thomas Yau mengatakan kejadian ini terjadi di sebuah rumah sakit PMI di daerah Wuhan.

Ketiga jenazah tersebut diletakkan di atas lantai begitu saja karena tidak lagi ada ruangan dan tak ada keluarga yang mengambil.

Baca Juga: Bikin Ratusan Penumpang Protes Hingga Penerbangan Delay 3 Jam, Pasutri Ini Tega Telantarkan Anaknya yang Diduga Terpapar Virus Corona di Bandara: Bukan Saya yang Sakit!

Seperti yang diberitakan Sosok.ID sebelum ini, masyarakat Wuhan kini tak bisa mengakses kereta dan bus ke luar kota.

Penerbangan domestik maupun internasional serta akses transportasi laut juga ditutup.

Bahkan, transportasi umum di dalam kota seperti bus dan kereta bawah tanah juga dilaporkan tidak beroperasi.

Sejauh ini warga hanya diperingtakan untuk tak meninggalkan rumah.

(*)

Editor : Tata Lugas Nastiti

Sumber : Kompas.com, Mirror

Baca Lainnya