Panggil Kopassus Sebagai Instruktur, 2 Tentara Brunei Pernah Pingsan Saat Latihan, Hasilnya Ungguli Malaysia Saat Lomba Menembak!

Minggu, 12 Januari 2020 | 18:30
(Tribun Jambi)

(Ilustrasi Kopassus ) Panggil Kopassus Sebagai Instruktur, 2 Tentara Brunei Pernah Pingsan Saat Latihan, Hasilnya Ungguli Malaysia Saat Lomba Menembak!

Sosok.ID - Komando Pasukan Khusus (Kopassus) bukan cuma menelurkan kisah heroik di setiap misi.

Namun juga menghasilkan tentara hebat dari negara asing yang dilatihnya.

Setiap tahunnya, kerjasama antar militer negara di Asia Tenggara terus terjadi. Misalkan saja saling bertukar ilmu dalam mendidik suatu pasukan.

Indonesia sering jadi mentor negara-negara lain dalam memberi pengajaran dalam teknik penguasaan senjata dan taktik.

Baca Juga: Lelah Terlalu Lama Menjomblo, Pria Ini Nekat Pasang Spanduk Iklan Wajahnya dengan Nomor WA di Setiap Sudut Jalan untuk Cari Jodoh: Siapa Sudi Jadi Istri Saya?

Banyak tentara asing datang ke Indonesia untuk berguru dengan beberapa pasukan elite TNI.

Selain Malaysia, ternyata Tentara Brunei Darussalam pernah merasakan tangan dingin Kopassus.

Tentara Brunei yang awalnya memiliki prestasi minim di kancah internasional pada akhirnya bisa mengungguli tentara Malaysia dan Singapura berkat Kopassus.

Satu diantara prestasi pasukan elite TNI Kopassus yakni dipercaya melatih pasukan negara-negara lain.

Baca Juga: Bak Film Action, Seorang Pria Bobol ATM di Semarang Tanpa Jejak, Raup Rp 707 Juta Untuk Beli 2 Mobil Dan Dugem, Begini Kronologinya!

Negara yang pernah merasakan latihan dari Kopassus yakni Brunei Darussalam.

Korps Baret Merah Kopassus mempunyai segudang prestasi demi utuhnya NKRI. Berbagai operasi berbahaya pernah dilakukan oleh Kopassus, mulai dari penumpasan PKI, Operasi Dwikora maupun Trikora, Operasi Seroja dan juga pembebasan sandera pembajakan pesawat Garuda Woyla.

Teranyar Kopassus juga diturunkan untuk pengamanan Papua dari teror yang dilakukan oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua.

Tak hanya operasi militer, prestasi membanggakan Kopassus juga ditunjukkan ke dunia dengan menjuarai berbagai lomba tingkat internasional.

Baca Juga: Kapok Ditinggal Suami Jalani Hukuman di Penjara, Begini Alasan Mulan Jameela Tak Bisa Lepaskan Ahmad Dhani : Aku Enggak Sanggup

Lomba yang juga diikuti oleh pasukan elite dari berbagai belahan dunia.

Bahkan, Karena kehebatannya tersebut ada beberapa negara tetangga yang meminta dilatih menembak oleh TNI AD.

(TRIBUNNEWS)

Para prajurit Kopassus tengah meneriakkan yel-yel. Korps baret merah pernah menyelamatkan tentara Spanyol dari kejaran kelompok Hizbullah saat bertugas menjadi pasukan perdamaian PBB

"Mungkin mereka kagum kali Indonesia sampai sekian kali juara terus. Mereka berpikir bagaimana caranya mengalahkan Indonesia. Sehingga ada beberapa negara yang minta dilatih negara kita," kata KSAD waktu itu yang masih dijabat oleh Mulyono pada 2017 lalu.

Menurutnya yang sudah dilatih diantaranya yakni Brunei Darussalam, Laos

Tercatat hingga saat ini Indonesia menjadi negara yang paling banyak menjadi juara umum sebanyak 12 kali.

Baca Juga: Sempat Kepergok Pesan Makanan di Tengah Malam, Pengantin Baru Ini Ditemukan Tewas Bersimbah Darah di Atas Kasur, Keluarga Tolak Autopsi

Kisah Tentara Brunei Sampai Pingsan Dilatih Sertu Pardal Dari Kopassus

Prestasi membanggakan pernah ditorehkan oleh Anggota Kopassus yang berhasil menjadi pelatih menembak untuk Tim Rifle di Brunei Darussalam.

Anggota Kopassus Sertu Pardal yang mempunyai kemampuan istimewa dipercaya menjadi pelatih menembak mendapat kepercayaan melatih menembak di Brunei.

Awalnya tentara Brunei meminta TNI mengirimkan anggotanya untuk melatih tentara mereka dan Sertu Pardal ditunjuk menjadi komandan pasukan TNI yang dikirimkan ke Brunei Darussalam.

Mulai Februari hingga November 2013, Sertu Pardal menggembleng tim yang akan diterjunkan dalam ASEAN Armies Rifle Meet (AARM) tersebut.

Baca Juga: Tengah Malam Bangun Langsung Lihat Istri Sedang Bersetubuh dengan Pria Lain di Rumahnya, Pria Ini Spontan Langsung Tebas Istrinya Pakai Parang

via tribun-timur.com
via tribun-timur.com

Sat-81 Kopassus

Pelatihan yang diterapkan oleh Sertu Pardal ternyata diluar batas kemampuan dari tentara Brunei Darussalam, bahkan tentara negeri penghasil minyak tersebut banyak diantaranya yang pingsan mengikuti kerasnya pelatihan yang dilakukan Sertu Pardal.

Seperti diketahui Kopassus merupakan satu diantara pasukan elite yang dimiliki oleh TNI.

Kemampuan prajurit pilihan ini tak diragukan lagi, anggota Kopassus punya kemampuan menembak yang sangat amat baik dan diatas rata-rata.

Urusan menembak merupakan men latihan sehari-hari bagi anggota Kopassus.

Baca Juga: Eddie Mardjoeki Nalapraya, Bapak Pencak Silat Dunia, Veteran Perang Kemerdekaan, Gunakan Beladiri Dan Pemrakarsa Bom Tinja Lawan Belanda

Anggota Korps baret merah sangat terlatih dan punya kemampuan menembak yang sangat tinggi.

Tak hanya sekali Kopassus sudah mengirimkan anggotanya untuk melatih menembak di Brunei Darussalam.

Saat Satuan Penanggulangan Teror atau Sat 81 Gultor Kopassus menjadi tuan rumah Kejuaraan Menembak dalam rangka HUT Kopassus ke 63 bulan April lalu, calon pelatih nembak yang siap diberangkatkan ke Brunei itu hadir dalam Kejuaraan Menembak yang diadakan Sat Gultor.

Berkat gemblengan dari Kopassus tersebut tim Menembak Brunei mengungguli Malaysia dan Singapura

Baca Juga: Megawati Soekarno Putri Dibuat Kaget Saat Diberi Surprise Kedatangan Prabowo di HUT PDI-P: Terimakasih Pak Bowo

Sebelumnya Sultan Halsanah Bolkiah sejak tahun 2003 telah diangkat menjadi warga kehormatan Kopassus.

Sultan Halsanah tercatat 2 kali mengunjungi Makopassus yaitu tahun 1996, dan tahun 2003.

Ketika ia datang ke Makopassus di tahun 2003 itulah, Danjen Kopassus Mayjen TNI Sriyanto menobatkan Sultan Halsanal Bolkiah sebagai warga kehormatan Kopassus.

(Tribun Solo)

Kopassus Makan Daging Ular di Depan Sultan Kaya Raya Brunei Darussalam, Jokowi Sampai Tak Mau Lihat

Jadi jangan heran kalau Sultan Halsanah Bolkiah begitu percaya kepada Kopassus untuk mengajari militernya, terutama Tim Menembak Brunei Darussalam.

Cerita Komando Pasukan Khusus yang menggigit kepala ular sampai putus bukan saja pernah disajikan langsung di depan mata Jenderal Pentagon Amerika Serikat.

Bahkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pernah secara langsung mengajak seorang raja menyaksikan anggota Kopassus memakan ular hidup.

Kala itu kehadiran raja kaya raya Brunei Darussalam hadir di Indonesia dalam mempererat hubungan antar kedua negara.

Baca Juga: Mundur Dari Status Keluarga Kerajaan, Pasangan Pangeran Harry Dan Meghan Markle Buat Ratu Elizabeth II Geram, Ini yang Akan Mereka Alami!

Sesuai jadwal, Jokowi memang mengajak Sultan Brunei Darussalam Hassanal Bolkiah itu ke markas Kopassus.

YouTube/ CGV Channel Global Video
YouTube/ CGV Channel Global Video

Aksi debus para anggota Kopassus

Jokowi yang duduk bersama Sultan di kursi depan tampak serius melihat pertunjukkan debus yang menampilkan aksi makan dan minum daging serta darah ular.

Tampak di tengah-tengah pertunjukan, Jokowi menutup mulutnya sambil menunjukkan ekspresi ngeri.

Baca Juga: Viral 11 Tahun Punya Pasangan Cantik Dan Setia, Pria Ini Malah Main Serong Dengan Sahabat Istrinya Dengan Alasan Tak Masuk Akal, Ini Kronologinya!

Saking ngerinya, Kepala Negara sampai menoleh ke arah Sultan dan putranya, Pangeran Mateen Bolkiah.

Jokowi pun spontan bergidik ngeri sendiri sambil tertawa. (Muhammad Ridho)

Artikel ini telah tayang di Tribunpekanbaru.com dengan judul "Tentara Brunei Sampai Pingsan Dilatih Sertu Pardal Dari Kopassus, Malaysia Tercengang Seketika"

Editor : Andreas Chris Febrianto Nugroho

Sumber : TribunPekanbaru.com

Baca Lainnya