16 Tahun Tragedi Paiton Berlalu, Kecelakaan Maut Paling Mengerikan di Situbondo, Banyaknya Korban Tewas Paksa RS Awetkan Mayat dengan Balok Es

Senin, 23 Desember 2019 | 16:45
Facebook/ Motuba/ Aditya via Tribun Jogja

16 Tahun Tragedi Paiton Berlalu, Kecelakaan Maut Paling Mengerikan di Situbondo, Banyaknya Korban Tewas Paksa RS Awetkan Mayat dengan Balok Es

Sosok.ID - Rasanya sulit sekali melupakan tragedi kecelakaan maut di Situbondo pada tahun 2003 silam.

Kecelakaan maut yang menyebabkan terbakarnya sebuah bus berisi puluhan siswa SMK di rua jalan Situbondo membuat peristiwa nahas ini disebut Tragedi Paiton.

Saking banyaknya korban tewas dalam Tragedi Paiton ini, pihak rumah sakit yang kala itu menangani evakuasi mayat terpaksa harus menggunakan balok es untuk mengawetkan mayat korban kecelakaan.

Baca Juga: Petentengan Merokok di Dalam Kabin dan Ancam Bakal Ledakkan Pesawat Bila Ada yang Melarangnya, Wanita Ini Berhasil Dihentikan UsaiPramugari Berani Lakukan Ini

Terbakarnya bus pengangkut 54 siswa dan guru dari SMK Yapemda 1 Sleman di Situbondo, Jawa Timur, sudah berlalu 16 tahun.

Peristiwa mengerikan yang terkenal dengan julukan Tragedi Paiton itu terjadi di kawasan Banyu Blugur, Situbondo, Rabu (8/10/2003) malam.

Seluruh penumpang yang ada di dalam bus, kecuali kernet dan sopir tewas terbakar.

Baca Juga: Peringati Hari Ibu, Via Vallen Kenang Pengorbanan Sang Ibunda yang Habiskan Masa Mudanya untuk Mengurus Anak, Hadiah yang Diberikan Sang Biduan Dangdut Buat Warganet Salah Fokus : Saya Juga Mau Mbak

Baru dalam perjalanan pulang ke Yogyakarta, setelah melakukan study tour dan wisata di Bali, 54 orang itu justru pulang dalam kondisi tak bernyawa.

Berikut tujuh fakta mengerikan Tragedi Paiton, seperti TribunJogja.com, dikutip dari berbagai sumber.

1. Terbakar Setelah Ditabrak Truk Kontainer dari Depan dan Dihantam Truk Tronton dari Belakang

Bus AO Transport tersebut terbakar setelah truk kontainer memotong jalur dari arah berlawanan dan menabraknya, lalu sejurus kemudian dihantam truk tronton dari belakang.

Baca Juga: Diseret Satpam Masuk ke dalam Toilet, Wanita Ini Dipaksa Suruh Lepas Celana yang Ia Kenakan, Aksinya Bahkan Direkam dengan Kamera

Tangki truk tronton pecah, sehingga menyebabkan munculnya percikan api dan akhirnya merembet ke badan bus. Kebakaran begitu cepat terjadi, ditengarai karena adanya bahan-bahan yang mudah terbakar di dalam bus, seperti tas dan karpet yang ditaruh di kursi.

2. Korban Berlarian ke Belakang

Korban tewas banyak ditemukan di bagian belakang bus di dekat pintu. Diduga, para penumpang berusaha untuk ke luar dari sana, tetapi pintu tersebut justru tak dapat dibuka.

Di dalam bus juga tak dilengkapi alat pemecah kaca, sehingga penumpang tak dapat menyelamatkan diri ketika bus terbakar. Sang sopir bisa selamat setelah melompat dari bus, sedangkan kernetnya memecah kaca bagian depan.

Baca Juga: Terguling Hingga Tercebur ke Parit, Mobil Pelat Merah yang Disopiri Bocah 16 Tahun Tewaskan Ibu dan Anaknya yang Masih Balita

3. Bus Ketiga yang Sering Sial

Waktu itu, SMK Yapemda 1 Sleman menggunakan tiga bus untuk berwisata ke Bali. Bus ketiga yang sebenarnya sering mengalami sial di perjalanan, yakni mengalami dua kali pecah kaca dan pernah pula tersangkut listrik.

Namun tak disangka, justru bus kedua yang mengalami kejadian sangat tragis. Siswa yang ada di dua bus lain tak sadar, bila ternyata bus tersebut pulang tak membawa nyawa.

4. Bus Dikemudikan Sopir Cadangan

Pria bernama Budi yang saat kejadian mengemudikan bus ternyata hanyalah sopir cadangan. Sopir yang sebenarnya adalah Armando.

Baca Juga: Lakukan Hubungan Inses 4 Generasi Berturut-turut, Kakak Beradik Ini Hasilkan 12 Anak dengan Kelainan yang Mengerikan, Ada Anaknya yang Betah Tidur Bergumul Kotorannya Sendiri

Sempat beredar kabar bahwa mereka melarikan diri setelah kejadian tersebut. Namun dari pihak perusahaan otobus menyangkal bahwa sopirnya melarikan diri.

Mereka justru ikut membantu mengeluarkan penumpang.

5. Warung di Dekat Lokasi Memilih Tutup

Setelah bus yang membawa 54 penumpang itu terbakar, beberapa warung yang ada di dekat lokasi memilih tutup karena ngeri. Tempat terjadinya kecelakaan adalah sebuah jalan yang cukup tinggi.

Baca Juga: Bawa Mobil Dinas ke Acara Pernikahan Saudara, Remaja 16 Tahun Tabrak Ibu dan Anak Hingga Tewas, Begini Kronologi dan Identitas Lengkapnya

Sedangkan kiri kanannya berupa bukit dan tanaman liar yang sepi.

6. Mayat Korban Disekat dengan Balok Es

Banyaknya jumlah korban meninggal memaksa pihak RSUD Situbondo untuk mengawetkan jenazah menggunakan balok es.

Jenazah juga hanya ditempatkan di lorong, karena ruang kamar mayat tidak terlalu besar.

Baca Juga: Baru 6 bulan Mondok dan Bikin Geger dengan Jasad Bayinya yang Disembunyikan di Ember Cucian, Siswi Pesantren Ini Enggan Jawab Pertanyaan Polisi

Kebanyakan jenazah mengalami luka bakar serius. Ada bagian tubuhnya yang hilang dan beberapa sulit dikenali.

7. Terlihat Kobaran Api dan Letupan-letupan Kecil dari Jauh

Saat bus itu terbakar, warga di sekitar lokasi melihat adanya kobaran api dan letupan-letupan kecil. Petugas pemadam kebakaran juga datang untuk membantu memadamkan api. (SAY)

Artikel ini pernah tayang di Tribun Jogja dengan judul: 7 Fakta Mengerikan Tragedi Paiton yang Tewaskan 54 Siswa dan Guru Asal Sleman 14 Tahun Lalu

(*)

Editor : Tata Lugas Nastiti

Sumber : Tribun Jogja

Baca Lainnya