Meski Jadi Abdi Negara, Anggota Polisi Ini Rela Nyambi Jadi Petani Demi 3 Anak Jadi Perwira Angkatan Bersejata RI, Namun Putra Sulungnya Harus Gugur Diberondong Peluru KKB

Sabtu, 21 Desember 2019 | 10:00
Kolase Instagram @info_tni_ad/TRIBUN MEDAN

Meski Jadi Abdi Negara, Anggota Polisi Ini Rela Nyambi Jadi Petani Demi 3 Anak Jadi Perwira Angkatan Bersejata RI, Namun Putra Sulungnya Harus Gugur Diberondong Peluru KKB

Sosok.ID - Lettu Erizal Sidabutar gugur usai baku tembak dengan Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua.

Meski gugur di medan pengabdian, nama Lettu Erizal menjadi salah satu kusuma bangsa yang harum karena jasanya mengabdi untuk negara.

Cerita haru gugurnya anggota TNI baru-baru ini tak bisa dilepaskan dari perjuangan sang ayah yang gigih berjuang demi anak-anaknya.

Aiptu Rukur Sidabutar adalah sosok ayah yang luar biasa.

Baca Juga: Setelah Kasus Ari Askhara, GIliran Eks Dirut Garuda Ini Terancam Denda Rp 10,5 Miliar dan Hukuman Penjara 20 Tahun Gegara Tipu Pemerintah AS

Sukses antarkan ketiga putranya jadi anggota TNI, Aiptu Rukur Sidabutar harus rela kehilangan putra sulungnya yang gugur dalam tugas.

Terlebih putra sulung Aiptu Rukur Sidabutar, Lettu Erizal Sidabutar bertugas di Papua dan berhadapan dengan KKB.

Seperti yang diketahui, dua orang prajurit TNI kembali gugur dalam baku tembak dengan KKB di Papua.

Dilansir Grid.ID dari laman Kompas.com, gugurnya dua anggota TNI itu terjadi usai baku tembak di Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Papua, pada Selasa (17/12/2019).

"Kontak tembak yang terjadi pada Selasa (17/12/2019) sekitar pukul 15.30 WIT tersebut, menyebabkan dua prajurit TNI gugur," ungkap Kabidpenum Puspen TNI Kolonel Sus Taibur Rahman melalui keterangan tertulis, Rabu (18/12/2019).

Baca Juga: Gegara KDRT, Yuni Shara Mengaku Tak Bisa Menikmati Rasanya Berhubungan Seksual, Dia Hanya Pura-pura Demi Melayani Suami

Instagram @info_tni_ad

Aiptu Rukur Sidabutar Rela Kerja Keras hingga Nyambi Berkebun Demi Antarkan Anaknya Jadi Anggota TNI, sang Putra Justru Gugur Kena Tembak KBB di Papua

Dua prajurit TNI itu adalah Lettu Inf Erizal Zuhri Sidabutar dan Serda Rizky.

Lettu Inf Erizal Zuhri Sidabutar dan Serda Rizky menjadi korban penembakan KKB lantaran melakukan pengamanan di kawasan tersebut.

"Satgas Gakum TNI bersama Polri sebelumnya beberapa kali mendapat informasi dari masyarakat Sugapa bahwa warga yang sedang melaksanakan persiapan perayaan Natal mendapat gangguan keamanan berupa intimidasi, kekerasan fisik, perampokan, pemerkosaan dan perampasan serta penjarahan harta benda yang dilakukan oleh KKB," kata Rahman.

Putra Aiptu Rukur Sidabutar, Lettu Inf Erizal Zuhri Sidabutar gugur dalam tugasnya sebagai anggota TNI dalam melakukan pengamanan negara.

Baca Juga: Tak Dipakai Selama 60 Tahun Sampai Akhir Hayatnya, Kacamata Rusak Milik Artis Ini Dihargai Rp 2,5 Miliar

Perjuangan Lettu Inf Erizal Zuhri Sidabutar harus berakhir dengan sangat singkat.

Padahal, perjuangan Aiptu Rukur Sidabutar untuk menjadikan ketiga anaknya jadi abdi negara tidak sesingkat perjuangan sang putra.

Seperti yang diwartakan Grid.ID sebelumnya dari kanal YouTube Jack Kemong, pada (30/7/2019), kisah Aiptu Rukur Sidabutar dalam mengantarkan ketiga putranya sukses menjadi tauladan banyak orang.

Ya, Aiptu Rukur Sidabutar tak hanya berprofesi sebagai anggota polisi tetapi juga menyambi berkebun usai bertugas.

Aiptu Rukur mengaku sudah membimbing ketiga putranya yang memiliki cita-cita menjadi anggot TNI sejak kecil.

Baca Juga: Nangis Hingga Pingsan Saat Suaminya Tewas, Istri Hakim PN Medan Sempat Ogah Dicerai Gegara Harta, Pengkuan Pengacara Jamaluddin Jadi Kunci

(TRIBUN MEDAN / DOHU LASE)

Aiptu Rukur Sidabutar (jaket hitam) dipeluk oleh keluarga saat di rumah duka, Selasa (17/12/2019) malam. Tampak pula istri Aiptu Rukur tersandar di bahu keluarganya sambil menangis tersedu-sedu.

"Kita berikan pelajaran-pelajaran yang pernah kita dapat, membantu mereka mempekerjakan pekerjaan yang belum dia ketahui.

Kita berikan arahan untuk mencapai nilainya yang terbaik," ucap Aiptu Rukur.

Sementara itu, sang istri ikut bekerja berjualan kue yang dititipkan di ruko-ruko dekat kediaman mereka.

Aiptu Rukur yang bekerja sebagai bintara di jajaran Polres Dairi, Sumatera Utara mampu mengantarkan ketiga anaknya bertugas di wilayah yang berbeda-beda.

Baca Juga: Seorang Ibu Muda Bawa Anaknya Dibawah Umur ke Sebuah Hotel Bersama Pria Bukan Suaminya, Bocah Itu Terus Menangis Dan Teriak, Ini Faktanya!

Putra pertama, Lettu Inf Erizal Zuhry Sidabutar STr.Han yang merupakan anak kedua Aiptu Rukur lulusan Akmil 2011-2015.

Saat ini, ia berhasil menjadi anggota TNI dengan pangkat Letnan Satu (Lettu) yang bertugas di Satuan Penanggulangan Teror Kopassus, Jakarta.

Sementara anak keempatnya, Letda Inf Prawira Guntara Sidabutar STr.Han merupakan lulusan Akmil 2013-2017 yang ditugaskan di Batalyon Infanteri 509 Kostrad di Jember, Jatim.

Anak kelima Aiptu Rukur, Letda Mar Rizky Akbar Sidabutar STr.Han merupakan lulusan AAL 2015-2019 dan baru saja dilantik oleh Presiden Jokowi di Istana Jakarta pada 16 Juli 2019 dan sedang menunggu penempatan.

Baca Juga: Lihat Ibunya Diperkosa Saat Masih SD, Siswa SMK di Pasuruan Ini Nekat Simpan Dendam Hingga Tikam Tetangganya Hingga Tewas, Pelaku: Ibu Saya Dulu Diperkosa Sama Dia!

Tetap semangat keluarga Aiptu Rukur Sidabutar. (Novita Desy Prasetyowati)

Artikel ini pernah tayang di Grid.ID dengan judul "Aiptu Rukur Sidabutar Rela Kerja Keras hingga Nyambi Berkebun Demi Antarkan Ketiga Anaknya Jadi Anggota TNI, sang Putra Sulung Justru Gugur Kena Tembak KKB di Papua"

Editor : Andreas Chris Febrianto Nugroho

Sumber : grid.id

Baca Lainnya