Bangga Bisa Sekolahkan Anak Sampai Sarjana Meski Tak Pernah Kuliah, Seorang Ayah Minta Pakai Toga di Hari Wisuda Putranya

Senin, 18 November 2019 | 16:45
Dokumentasi pribadi Twitter/Twitter/@AimanHamizan via Kompas.com

Bangga Bisa Sekolahkan Anak Sampai Sarjana Meski Tak Pernah Kuliah, Seorang Ayah Minta Pakai Toga di Hari Wisuda Putranya

Sosok.ID - Belum lama ini sebuah kisah menyentuh dari sebuah video berdurasi singkat viral di media sosial Twitter.

Kisah menyentuh tersebut adalah cerita seorang ayah yang ingin mengenakan toga milik sang anak di hari wisuda.

Bangga bisa menyekolahkan sang anak hingga lulus jadi sarjana, seorang ayah ingin merasakan bagaiman rasa bahagia sang anak sebagai sarjana dengan mengenakan toga.

Tak ayal, cerita ini pun viral dan ramai dibicarakan publik di media sosial Twitter.

Baca Juga: Hendak Mesum Sampai Tepikan Mobil di Jalan Sepi , Oknum Kades Mendadak Tewas, sang Pacar Gelap Teriak-teriak Panik

Selain menjadi hari bahagia bagi mahasiswa, hari wisuda atau kelulusan juga menjadi momen membanggakan bagi orangtua yang sudah berhasil menyekolahkan anaknya.

Tak terkecuali bagi Ayah Aiman Hamizan, mahasiswa yang baru saja lulus dari jurusan Bisnis Pemasaran University of Wollongong, Malaysia KDU.

Ada yang berbeda dari momen wisuda yang berlangsung pada Sabtu (16/11/2019) kemarin.

Sang Ayah meminta izin kepada Aiman untuk mengenakan toga wisudanya, karena selama ini belum pernah merasakannya.

Baca Juga: Diseruduk dan Digigit Babi Hutan Secara Brutal, Petani Sawit Ini Tewas Mengenaskan, sang Istri Sempat Kejar-kejaran dengan Babi Saat Selamatkan Suami

Kisah ini pertama kali dibagikan Aiman melalui akun Twitter-nya @AimanHamizan.

Aiman mengunggahnya di hari yang sama dengan menyertakan video pendek sang ayah saat difoto mengenakan toga wisuda.

Tangkap layar Twitter/@AimanHamizan
Tangkap layar Twitter/@AimanHamizan

Cuitan viral tentang seorang ayah yang ingin merasakan rasanya pakai toga di ari wisuda.

Twitnya pun langsung mendapatkan respons dari pengguna Twitter yang lain.

Hingga Senin (18/11/2019) pukul 07.30, unggahan itu sudah dibagikan oleh hampir 76 ribu akun Twitter dan mendapat 800-an komentar.

Baca Juga: Analis CIA Ungkap Kebohongan Terbesar AS Kepada Saddam Husein, Inilah Kebenaran dari Senjata Kimia Pemusnah Massal Irak

Tak sedikit pengguna Twitter yang berkomentar dan berbagi pengalaman yang sama ketika ibu atau ayahnya juga ingin mengenakan toga.

Salah satunya komentar dari pengguna Twitter asal Indonesia, @nikitaprn.

"That's what my mom did when i was graduated. 'Mama mau coba boleh? Dulu mau kuliah enggak bisa karena harus mikirin adik-adik Mama' And I cried inside," tulisnya sembari mengunggah foto sang ibu mengenakan toga Universitas Diponegoro (Undip).

Baca Juga: Bergilir Perkosa Remaja 14 Tahun, 7 Siswa SMA Ini Malah Dibebaskan oleh Polisi, Alasannya Bikin Publik Emosi Setengah Mati!

Tak menyangka akan viral

Kembali pada kisah Aiman dan ayahnya. Mengulik lebih jauh kisah Aiman, Kompas.com menghubungi Aiman, Minggu (18/11/2019).

Aiman mengaku tidak menyangka twitnya akan mendapat respons dan menjadi viral.

"Tak menyangka. Saya hanya mau kongsi (berbagi) pengalaman saya di Twitter. Alhamdulillah ternyata semua warganet tersentuh dengan video itu," kata Aiman.

Ia menceritakan, ayah yang ia panggil Abah itu menyampaikan keinginannya meminjam pakaiannya setelah ia berfoto.

Baca Juga: Gegara Terlalu Percaya dengan Mantan Preman, Baim Wong Tekor Bandar Hingga Rp 14 Juta dan Terpaksa Harus Penjarakan sang Satpam Rumah

Mengetahui permintaan sang ayah, ia pun segera melepas toganya dan memberikannya kepada sang ayah, lengkap dengan buket bunga yang ia terima sebagai ucapan selamat.

"Selepas saya ambil gambar, tiba-tiba Abah tanya soalan itu (ingin mengenakan toga). Semestinya saya beri kepada Abah," ujarnya.

Aiman sendiri merasa terharu saat mendengar permintaan sang ayah yang meminta izin meminjam jubahnya dengan alasan belum pernah merasakan mengenakan baju kebanggaan itu.

"Saya terharu karena ayah saya cakap begitu. Happy juga disebabkan hari yang bermakna," ujar dia.

Baca Juga: Balita Ini Disiram Air Panas Hingga Meregang Nyawa Oleh Ayahnya, Saat Diperiksa Psikiater Ternyata Ia Miliki Masa Lalu yang Tak Biasa!

saat semua sudah terpakai, jubah, topi, dan bunga wisuda, Aiman melihat raut bahagia di muka ayahnya.

"Abah excited dan tersentuh di hati," kata Aiman.

Banyaknya akun yang membagikan dan merespons video pendek yang ia bagikan, Aiman berharap, apa yang dibagikannya dapat menjadi inspirasi.

"Semoga video itu dapat menginspirasi anak muda untuk beri pengalaman dan kebahagiaan terbaik bagi keluarga tersayang," ujar dia.

Baca Juga: Suami Korban Pelecehan Sperma di Tasikmalaya Buru Pelaku Hingga Kerumahnya, Urungkan Niat Menangkap Setelah Bertemu Tetangga Rumah, Ini Penjelasannya!

Selain itu, ia juga berpesan kepada mereka yang masih berjuang menyelesaikan pendidikan agar senantiasa mengingat jasa keluarga, khususnya orangtua.

"Saya ingin pesan kepada semua anak anak di kuliah, setinggi mana kita belajar, yang pertama sekali, kita harus buat keluarga gembira.

Tanpa mereka, siapalah kita," kata Aiman. (Luthfia Ayu Azanella/Kompas.com)

Artikel ini sudah pernah tayang di Kompas.com dengan judul: Kisah Viral dari Malaysia, Abah yang Minta Pakai Toga Putranya di Hari Wisuda...

(*)

Editor : Tata Lugas Nastiti

Sumber : Kompas.com

Baca Lainnya