Tanpa Organ Jantung, Pria Ini Masih Bisa Bertahan Hidup, Ternyata Gunakan Alat Ini!

Selasa, 12 November 2019 | 06:45
Kolase GridHelath/www.ahajournals.org

Divonis Dokter Hidupnya Tinggal 12 Jam Lagi, Seorang Pria Ganti Jantungnya Dengan Sebuah Benda Asing, Ini Bendanya!

Sosok.ID -Bertahan hidup dengan organ tubuh yang kurang sempurna akan menjadi penghambat kita dalam melakukan segala aktivitas.

Salah satu organ tubuh yang penting dalam kehidupan kita adalah jantung.

Jantung merupakan organ yang sangat vital bagi tubuh, terutama dalam mengalirkan darah ke seluruh tubuh.

Kerusakan jantung tentu saja akan berakibat fatal bagi kelangsungan hidup manusia.

Baca Juga: Mak Cut, Pedagang Sayur yang Antar Putranya Kuliah di AS Setelah Gagal 53 Kali, Dapat Penghargaan dari Nadiem, Anaknya Unggah Kekecewaan Pada Sang Ayah Lewat Medsos!

Berfungsi sebagai pemompa darah agar oksigen dapat mengalir ke seluruh tubuh, nampaknya tidak mungkin seorang manusia mampu hidup tanpa jantung.

Namun dengan perkembangan teknologi di dunia medis, sejumlah ilmuwan asal Amerika Serikat mampu mematahkan semua logika tersebut.

Bahkan mereka berhasil membuat manusia pertama di dunia yang hidup meski tanpa jantung.

Manusia pertama tersebut bernama Craig Lewis, pria 55 tahun seorang pasien penyakit jantung disebuah Rumah Sakit di Amerika Serikat.

Diketahui saat itu kondisi Craig Lewis sangatlah memprihatinkan, bahkan alat pacu jantung pun disebut tidak bisa menyelamatkan hidupnya.

Baca Juga: Pelamar CPNS 2019 Baru Bisa Registrasi Nanti Malam, Inilah Formasi yang Peminatnya Rendah dengan Gaji Capai Rp 19 Juta!

Sejumlah dokter dan ahli penyakit jantung pun membuat terobosan yang revolusioner, dimana mereka menciptakan sebuah alat yang bernama pompa aliran kontinu.

Alat inilah yang menggantikan peran jantung menyuplai darah ke seluruh tubuh.

Perangkat ini bekerja dengan baling-baling yang berfungsi untuk memompa darah terus menerus di seluruh tubuh.

GridHealth

Craig Lewis, Manusia Pertama Tanpa Jantung Yang Hidup.

Sebelum diterapkan pada Craig Lewis alat ini telah di uji coba pada 55 anak sapi.

Hasilnya, setelah dipasang pada sapi-sapi percobaan tersebut ternyata mereka dapat berprilaku normal seperti biasa, meski hidup tanpa jantung.

Melihat kembali kondisi awal Craig Lewis memang sangat mengkawatirkan, dimana ia divonis mengidap penyakit amiloidosis yang sudah parah.

Dikutip dari Mayo Clinic amiloidosis merupakan penyakit langka yang dapat mempengaruhi berbagai organ dan menyebabkan gagal organ yang mematikan.

Baca Juga: Kisah Kakek Samsul, Dianggap Mustahil Oleh Warga, Tiap Hari Selama 10 Tahun Gunakan Linggis, Buat Jalan Tembusan Membelah Hutan, Ini Tanggapan Gubernur!

Immunoglobulin light chain (AL) amyloidosis adalah jenis paling umum dari amiloidosis, juga dikenal sebagai amiloidosis primer.

Kondisi ini merupakan akibat dari antibodi abnormal yang dihasilkan oleh sumsum tulang yang dapat mempengaruhi hati, ginjal, jantung, kulit dan saraf seperti yang dialami Craig Lewis.

Akibat penyakit yang dideritanya itu, Craig Lewis bahkan divonis hanya mampu bertahan hidup selama 12 jam.

Harapan datang setelah dua dokter, yakni dokter Dr. Bud Frazier dan Dr. Billy Cohn merekomendasikan jantung buatan mereka ini.

Alhasil, setelah diberi izin keluarga, jadilah alat pompa aliran kontinu ini dipasangkan pada tubuh Craig Lewis, yang tentunya akan melekat kemanapun Lewis pergi, seumur hidupnya.

Baca Juga: Viral! Diduga Kapolsek Berlutut di Depan Memohon di Depan Massa yang Bawa Parang Siap Untuk Menebas: Aja Pak, Aja, Kasi....

Setelah operasi ini selesai dilakukan, istri Lewis pun sangat senang dan takjub bahwa ia bisa melihat suaminya masih hidup meskipun tidak mempunyai detak jantung. (Anjar Saputra)

Artikel ini telah tayang di GridHealth.id dengan judul "Mengidap Penyakit Langka, Pria Ini Menjadi Manusia Pertama yang Hidup Tanpa Jantung”

Editor : Andreas Chris Febrianto Nugroho

Sumber : GridHealth.ID

Baca Lainnya