Tak Kalah dengan Demam K-Pop di Korea Selatan, Inilah Girl Band Legendaris Korea Utara Bentukan Kim Jong Un, Inilah Fakta dari Grup Vokal Perempuan Korut Tersebut!

Selasa, 08 Oktober 2019 | 06:00
YouTube/Rumoaohepta7

Tak Kalah Dengan Demam K-Pop di Korea Selatan, Inilah Girl Band Legendaris Korea Utara Bentukan Kim Jong Un, Inilah Fakta Dari Grup Vokal Perempuan Korut Tersebut!

Sosok.ID - Tak banyak orang yang tahu mengenai apa yang ada di dalam negeri Korea Utara.

Terlalu tertutupnya informasi mengenai Korea Utara membuat apa yang ada di dalamnya terkadang menjadi hal yang menarik untuk dikulik.

Salah satunya perihal dunia hiburan yang ada di dalamnya.

Negara tetangga yang sedang marak hiburan yang bertajuk K-POP, yang biasanya terdapat grup vokal baik pria maupun wanita.

Baca Juga: Vietnam Takut Bukan Main Terhadap Menteri Susi Pudjiastuti yang Dijuluki Ratu Bajak Laut

Apakah di Korea Utara yang notabene berbatasan langsung juga seperti itu?

Ternyata Korea Utara juga punya cara sendiri untuk menghadirkan hiburan bagi masyarakatnya.

Satu grup yang disebut-sebut paling terkenal adalah Moranbong, kelompok girl band yang lima anggotanya dipilih sendiri oleh Kim Jong Un.

Kelompok yang juga dikenal sebagai Moran Hill Orchestra ini didirikan oleh Kim Jong Un pada 2012, dan merupakan kelompok musik wanita pertama di Korea Utara.

Baca Juga: Tangis Haru Orang Tua dan Rektor Universitas Ini Pecah Saat Serah Terima Ijazah Almarhum Syahrul Mubarok, Meninggal Sebelum Wisuda Karena Idap Penyakit Cukup Lama

The Guardian
The Guardian

Kim Jong Un

Melansir Time (16/1/2018), para anggotanya dipilih langsung oleh pemimpin Korea Utara tersebut sebagai bagian dari upaya modernisasi budaya “muluk-muluk”, menurut media pemerintah Korea.

Mereka dikenal dengan kostum bergaya militer yang dimodifikasi, pertunjukan panggung mewah, dan lagu-lagu kebangsaan.

Namun, sebagian besar repertoar mereka sepertinya terfokus pada satu subjek: pemimpin muda Korea Utara itu sendiri.

Disebutkan lirik dalam lagu itu seperti, "Bagaimana dia bisa begitu baik," atau “Senyumnya begitu hangat dan manis."

Baca Juga: Kisah Putri Diana, Gara-gara Rebutan Mendiang, Dua Artis Hollywood Ini Pernah Berantem, Saksinya Seorang Penyanyi Legendaris

"Saya tidak punya pilihan selain diambil olehnya dan hatinya yang hangat."

Grup ini telah tampil di acara-acara terkenal di Korea Utara.

Lebih penting lagi, rezim telah menggunakan mereka sebagai alat diplomasi, membawa band untuk tampil untuk delegasi Kuba pada September 2015.

Tur internasional pertama Moranbong, kalender tiga konser yang direncanakan untuk Beijing pada Desember 2015, dibatalkan setelah China keberatan dengan lirik "anti-Amerika" karena khawatir akan meningkatnya ketegangan, lapor Reuters.

Baca Juga: Terawang Masa Depan Al Ghazali, Roy Kiyoshi Sebut Anak Sulung Maia Estianty Bisa Terjerumus Narkoba

uk.businessinsider.com

Moranbong

Girl band ini juga muncul pada Februari 2016 untuk merayakan tes rudal Korea Utara.

Spekulasi telah berputar bahwa Moranbong dapat menghadiri Olimpiade Musim Dingin PyeongChang sejak mantan pemimpin band Hyon Song Wol, yang dilaporkan dipromosikan ke Komite Sentral partai pada bulan Oktober dan merupakan tokoh publik terkemuka, hadir pada pembicaraan antar-Korea di desa gencatan senjata Panmunjom pada hari Senin.

Meski tampak sebagai hiburan, kelompok ini dianggap penuh kontroversi terutama dalam buku nyanyian Moranbong yang banyak bersandar pada retorika nasionalisme dan revolusioner, termasuk lagu-lagu yang disebut "Advance of Socialism" dan "We Love the Party Flag," yang bisa berisiko pelanggaran hukum keamanan Korea Selatan, menurut The Guardian.

Pertunjukan mereka termasuk pencitraan roket atau memuji program senjata Korea Utara juga kemungkinan akan melukai hati orang yang hadir, terutama setelah satu tahun retorika yang mengancam antara Kim Jong Un dan Presiden Donald Trump.

Baca Juga: Seorang Ibu Gunakan Aplikasi GPS Untuk Melacak Keberadaan Anaknya, Setelah Ditemukan Kondisi Anaknya Mengenaskan

Fakta lain tentang Moranbong

Ada beberapa kebingungan tentang berapa banyak anggota yang ada di band, dengan beberapa sumber mengatakan 10, dan yang lain hingga 20. Ada juga pergantian anggota yang tinggi.

Tetapi yang pasti, setiap anggota memegang posisi di militer senior resmi - misalnya Hyon Song Wol, pimpinan Moranbong, dilaporkan seorang kolonel di Tentara Rakyat Korea Utara.

Mereka juga memainkan alat musik mereka sendiri.

Pada 2013, mereka melakukan diet ketat untuk menstandarkan ukuran pinggang mereka , menurut pengamat Korea Utara Sino-NK.

Baca Juga: 3 Tahun Pasca Kepergian Istri, Tukul Arwana Disebut sang Kakak Sudah Gandeng Pacar Baru: Penyanyi Dangdut!

Di tengah ketidakhadiran publik yang berkepanjangan pada tahun 2015, ada spekulasi bahwa band ini telah dibersihkan atau digantikan oleh Chongbong Band, kelompok penyanyi tujuh anggota yang dipuji oleh kantor berita negara Korea Utara.

Moranbong Band muncul kembali tak lama setelah itu juga karena rumor berbau romantis tentang Hyon Song Wol yang menghubungkannya dengan Kim Jong Un.

Hyon Song Wol dianggap telah dieksekusi karena skandal adegan dewasa, tapi kemudian muncul kembali di televisi Korea pada tahun 2014. (Nieko Octavi Septiana)

Artikel ini pernah tayang di Intisari-Online.com dengan judul "Fakta Moranbong, Girl Band Paling Terkenal di Korea Utara Bentukan Kim Jong Un, Anggotanya Punya Posisi Tinggi di Militer Korut"

Editor : Andreas Chris Febrianto Nugroho

Sumber : intisari-online.com

Baca Lainnya