Warga Kerap Kehilangan Uang dengan Cara Tak Wajar, Pengurus RW Tempelkan Peringatan Larangan Tuyul Beroperasi

Minggu, 06 Oktober 2019 | 11:32
Kolase TribunJabar.com

Warga Sering Kehilangan Uang Dengan Cara Tak Wajar, Pengurus RW Tempelkan Peringatan Pelarangan Tuyul Pesugihan Beroperasi

Sosok.ID - Warga RW 03 Kampung Cilisung, Desa/Kecamatan Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung digegerkan dengan fenomena yang baru-baru ini mereka alami.

Banyak warga keluhkan sering kehilangan uang di malam hari dengan cara yang misterius.

Hal tersebut akhirnya dilaporkan kepada pengurus RW setempat mengenai banyaknya yang kehilangan uang secara tak wajar.

Merasa terlalu sering kehilangan uang pada malah hari dan mendapati ada kejanggalan saat kehilangan uang, akhirnya pengurus RW mengeluarkan pemberitahuan.

Baca Juga: Tak Pernah Disorot Kamera, Inilah Sosok Istri Fadli Zon, Ternyata Miliki Jabatan Mentereng di Dunia Perbankan

Warga mencurigai apa yang mereka alami tersebut disebabkan oleh karena adanya orang yang memelihara pesugihan.

Lebih tepatnya warga menduga uang mereka yang hilang secara misterius akibat dari ulah Tuyul tersebut.

Dalam cerita masyarakat Indonesia, Tuyul diyakini sebagai makhluk halus yang berukuran kecil, tak kasat mata, dan suka mencuri uang untuk diberikan kepada yang memeliharanya.

Oleh sebab dugaan tersebut, pengurus RW 03 Kampung Cilisung bersepakat membuat pengumuman dan ditempelkan di sudut-sudut kampung.

Baca Juga: Terbang ke NTT untuk Ikuti Proses Upacara Adat Pengangkatan Betrand Peto, Ruben Onsu Diterima oleh Leluhur Anak Angkatnya

(TRIBUN JABAR / DONY INDRA RAMADAN)

Warga kabupaten Bandung barat dikabarkan sering mencuri uang warga

Dilansir dari TribunJabar.ID, penempelan surat pemberitahuan tersebut dilakukan oleh pengurus RW pada hari Sabtu (5/10/19) kemarin.

Dalam surat pemberitahuan yang menjadi viral di media sosial setelah diunggah oleh seseorang tersebut bertuliskan mengenai pelarangan terhadap pemilik Tuyul untuk tidak beroperasi di wilayah kampung tersebut.

Kertas yang bertuliskan pemberitahuan kepada orang yang diduga memiliki pesugihan Tuyul tersebut setelah menanggapi keluhan warga.

"Iya sudah ada tiga orang warga yang melapor kepada saya mereka kehilangan uang secara misterius," ujar Ketua RW 03, Eka Kandawira di kediamannya, tadi siang, dikutip dari TribunJabar.ID.

Baca Juga: Meski Pernah Terang-terangan Selingkuh, Tetap Nurut Disuruh ke Supermarket untuk Belanja oleh sang Istri yang Tidak Akan Ia Tinggalkan

Sudah ada beberapa warga yang telah melapor kehilangan uang dengan cara misterius.

Rata-rata warga mengaku kehilangan uang mulai Rp 50 ribu hingga Rp 200 ribu saja.

"Jadi hilangnya itu tidak semuanya, hanya Rp 50 ribu sampai Rp 200 ribuan. Jadi tidak diambil semuanya dan kejadiannya suka di malam hari," katanya.

Warga mengambil kesimpulan ada diantara mereka yang memelihara Tuyul dan makhluk sejenisnya untuk mengambil uang warga lainnya.

Baca Juga: Kisah Hardius Rusman, Anggota TNI Lulusan SMA, Memukau 28 Anggota Keluarga Militer Asing, Belajar 7 Bahasa Melalui Media Sosial

(Tribunjabar.id/Mumu Mujahidin)

Pengumuman waspada tuyul beroperasi tersebut ditempel di lingkungan RW 03 Kampung Cilisung, Desa/Kecamatan Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung.

"Iya mungkin ada warga sini yang begitu (memelihara tuyul), makanya kami membuat pengumuman itu agar tidak berkeliaran di sini," ungkapnya.

Walaupun menurut ketua RW di sana belum mengetahui kebenaran berita tersebut, sebab korban juga belum pernah melihat sosok mistis itu.

Namun karena mendapat keluhan dari warga yang mengaku kerap kehilangan uang tersebut, akhirnya pihak RW merespons dengan membuat pengumuman tersebut.

"Anggapan saja, kalau melihat langsung atau tanda-tandahya juga tidak ada, cuma banyak laporan dari mulut ke mulut. Kejadiannya sudah lama cuma warga menganggapnya biasa aja, dan baru sekarang ramenya," pungkasnya.

Baca Juga: Kisah Perjalanan Panglima TNI, Hadi Tjahjanto, 'si Otak Setan' Dari Lingkungan Militer, Hanya Ingin Jadi Tentara Sejak Kecil

Dalam surat edaran yang ditempel tersebut bertuliskan mengenai pemberitahuan, begini tulisnya:

Pemberitahuan

Sudah 3 bulan terakhir, ntah sampai kapan sebagian warga masyarakat RW 03 sering mengeluh kepada pengurus RW 03, terakait sering kehilangan uang di rumahnya smasing-masing dengan cara tidak wajar terutama malam hari.

Untuk itu mulai sekarang surat ini untuk tidak beroperasi di lingkungan RW 03. Ingat QS. An Nisa : 48.

Baca Juga: Dituding Hanya Mesra di Depan Kamera, Raffi Ahmad dan Nagita Slavina Kabarkan Segera Beri Adik untuk Rafathar

Surat edaran tersebut tergolong resmi karena ada tanda tangan serta cap lembaga kampung.

Tak hanya itu saja, surat edaran tersebut baru saja dibuat pada tanggal (4/10/19) kemarin.

(*)

Editor : Andreas Chris Febrianto Nugroho

Sumber : Tribunjabar.id

Baca Lainnya