Sisi Lain Haji Lulung, Mantan Pemulung Kardus yang Sukses Jadi Bos Retribusi Pasar Tanah Abang dengan 7 Ribu Karyawan Hingga Lolos Kursi Senayan

Minggu, 04 Agustus 2019 | 06:00
Kompas.com/Alsadad Rudi

Sisi Lain Haji Lulung, Mantan Pemulung Kardus yang Berhasil Jadi Penguasa Retribusi Pasar Tanah Abang dengan 7 Ribu Karyawan Hingga Lolos ke Senayan!

Sosok.ID - Banyak yang tak tahu tentang sisi lain Haji Lulung, mantan ketua DPD DKI yang dipecat gara-gara tak mau mendukung Ahok pada Pilkada 2017 lalu.

Pasca dikabarkan lolos ke Senayan sebagai anggota legislatif DPR RI pada 19 Mei 2019 lalu, sisi lain Haji Lulung pun menjadi hal menarik yang mencuri perhatian publik.

Sisi lain Haji Lulung ini pun merangkum semua hal yang selama ini tak banyak kita ketahui dari kehidupan mantan ketua DPD DKI di balik media pemberitaan Tanah Air.

Baca Juga: Eyang Ibung, Sosok Peramal Jodoh Viral yang Hebohkan Jagat Media Sosial dengan Prediksi Gempa Banten 4 Jam Sebelum Kejadian, Sampai Jadi Trending di Twitter!

Siapa sih yang tak mengenal mantan ketua DPD DKI, Haji Lulung?

Lama tak terdengar kabarnya, rupanya Haji Lulung dikabarkan mencalonkan diri sebagai anggota legislatif dan berhasil lolos ke parlemen.

Melansir Tribunnews, kabar ini lolosnya Haji Lulung ke Senayan pun pertama kali disebarkan oleh Warta Kota pada Senin (20/5/2019).

Baca Juga: Kasus Cinta Terlarang Kakak Adik di Luwu Berlanjut, Polisi Duga Ada Kuburan Bayi Hasil Aborsi di Area Dapur Rumah Pelaku

Dalam kabar tersebut Haji Lulung dinyatakan lolos dari Dapil III dengan mengusung partai PAN yang mendapatkan 69 ribu lebih suara.

Sebelumnya ini, nama Haji Lulung sempat diketahui menjadi sorotan publik gara-gara kasus perseteruannya dengan mantan Gurbenur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Perseteruan yang terjadi antara Haji Lulung dan Ahok semakin memanas pada kasus mark up anggaran belanja UPS.

Baca Juga: Gara-gara Cuma Pakai Kutang Ketika Cuaca Panas, Gadis 19 Tahun Ngamuk Saat Ditendang Keluar dari Bus yang Ditumpanginya

Bahkan saat Ahok maju Pilkada 2017, Haji Lulung menolak untuk mendukung Ahok hingga dipecat dari jabatannya sebagai ketua DPD DKI PPP.

Kini setelah lama tak terdengar, Haji Lulung dikabarkan lolos kursi legislatif di Senayan dan kembali menghebohkan publik.

Terlepas dari kabar lolosnya Haji Lulung ke Senayan, rupanya ada sisi lain dari mantan ketua DPD DKI ini yang belum banyak diketahui publik.

Baca Juga: Cerita Pilu Jodi yang Belum Pernah Makan Ayam Goreng Seumur Hidupnya: Ini Apa Bu? Enak

Dilansir Sosok.IDdari Tribunnews.com dan Kompas.com, berikut sisi lain Haji Lulung, si mantan pemulung kardus yang berhasil lolos kursi di Senayan!

Pernah Jadi Pemulung Kardus

Bukan rahasia lagi bila Haji Lulung lahir dari keluarga yang serba kekurangan.

Dilansir Sosok.IDdari Tribunnews, posisi yang saat ini dimiliki oleh Haji Lulung sebenarnya tidak ia dapatkan dengan mudah.

Haji Lulung pada awalnya bukanlah orang penting yang terlahir dari keluarga berada.

Baca Juga: Seorang Balita Selamat dalam Kecelakaan Maut Truk Tanah, Evakuasi Sempat Terhambat Para Warga yang Nonton dan Foto-foto

Haji Lulung mengawali hidupnya sebagai pemulung kardus dan barang bekas di Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Pekerjaan kasar ini Haji Lulung lakukan demi menafkahi delapan saudara-saudara dan ibunya di rumah.

Namun, nasibnya mulai berubah pada tahun 1996 ketika konflik antara kelompok Timoryang dipimpin Hercules Rozario menguasai Tanah Abang dengan Muhammad Yusuf alias Bang Ucu.

Baca Juga: Sosok Ninuk, Anak Angkat Andy Lau Asal Salatiga yang Sama Sekali Tak Tahu Ayahnya Aktor Terkenal: Ya Gatau, Wong Dulu Ndak Pernah Lihat TV!

Pasca Hercules diamankan oleh pihak kepolisian, Bang Ucu menguasai daerah Tanah Abang dan menolong Haji Lulung.

Berawal dari pertolongan Bang Ucu, Haji Lulung dikabarkan mampu menduduki posisinya saat ini.

Penguasa Retribusi Pasar Tanah Abang

Melansir Kompas.com, pada tahun 2000, Haji Lulung berhasil mengambil alih kekuasaan pasar Tanah Abang dari tangan Bang Ucu.

Kala itu, pasar Tanah Abang sedang berada di puncak kejayaannya sebagai primadona pasar tekstil terbesar se-Asia Tenggara.

Baca Juga: Alami Tabrakan Hingga Terlempar Keluar Mobil, sang Ayah Hanya Bisa Nangis Pasrah Memeluk Jasad Putrinya yang Tewas

Setelah kekuasaan berpindah tangan, Haji Lulung menguasai nyaris semua tranksasi retribusi pasar Tanah Abang kala itu.

Mulai dari penarikan tranksasi retribusi parkiran, pengamanan, koperasi, advokat, penagihan hutang hingga persewaan kios semua dikuasai oleh Haji Lulung.

Dilansir Sosok.IDdari Tribunnews, tak hanya itu, Haji Lulung juga membangun kerajaan bisnisnya di daerah pasar Tanah Abang.

Baca Juga: Hanya Dibekali Permen, Dua Balita Nangis Meraung-raung Ditelantarkan Orang Tuanya di Depan Rumah Warga, Dinsos Medan: Ada Banyak Cara Orang Telantarkan Anak

Perusahaannya bernama PT Putraja Perkasa, PT Tirta Jaya Perkasa, koperasi Kobita, PT Tujuh Fajar Gemilang, dan PT Satu Komando Nusantara.

Punya Karyawan Berjumlah 4 Hingga 7 Ribu Orang

Bisnis Haji Lulung di pasar Tanah Abang melesat dengan sangat baik.

Saking baiknya pertumbuhan ekonomi bisnis yang ia geluti dan bangun sebagai penguasa Pasar Tanah Abang, Haji Lulung mengaku bisa memperkerjakan 4 hingga 7 ribu karyawan per hari.

Baca Juga: Cerita Tragis Ashok Diwan, Korban Malpraktik yang Sengaja Dibiarkan Mati dengan Kondisi Memprihatinkan Diduga untuk Tutupi Kesalahan Dokter

Melansir Tribunnews, bahkan saking suksesnya, ayah empat orang anak ini sempat menimbulkan kontroversi melalui slogan: 'Meludah saja bisa jadi duit!'.

Ogah Dukung Ahok Hingga Dipecat

Selain sukses dengan kerajaan bisnisnya di Pasar Tanah Abang, Haji Lulung rupanya juga pernah menyicipi dunia politik Tanah Air sebagai ketua DWP PPP Jakarta.

Dilansir Sosok.IDdari Kompas.com, karier Haji Lulung di dunia politik melejit ketika Lulung terpilih secara berturut-turut sebagai anggota DPRD DKI Jakarta.

Baca Juga: Diusir Paksa Warga Kampung, Pasangan Hubungan Sedarah di Luwu Ngaku Kelakuan Bejat Mereka Terpancing Pelukan Mesra dan Curhat Rumah Tangga

Tak hanya itu, ia juga sempat menjabat sebagai wakil ketua DPRD pada pemilu periode 2014-2019.

Namun, gara-gara perseteruannya dengan Ahok, Haji Lulung dipecat dari jabatannya sebagai ketua DPD DKI pada tahun 2017.

Baca Juga: Amukan Warga Usir Paksa Pelaku Hubungan Sedarah di Sulsel, Polisi Sampai Bawa Senapan untuk Redam Emosi Masyarakat

(*)

Editor : Tata Lugas Nastiti

Sumber : Kompas.com, Tribunnews.com, Warta Kota

Baca Lainnya