Cerita Pilu Jodi yang Belum Pernah Makan Ayam Goreng Seumur Hidupnya: Ini Apa Bu? Enak

Kamis, 01 Agustus 2019 | 15:20
kolase gambar Instagram/@rohayatun7

Cerita Pilu Jodi yang Belum Pernah Makan Ayam Goreng Seumur Hidupnya: Ini Apa Bu? Enak

Sosok.ID - Kisah Jodi yang sempat bersekolah dengan baju kotor dan tanpa alas kaki rupanya masih ramai dibicarakan publik.

Bagaimana tidak, hidup dalam kondisi yang cukup memprihatinkan, Jodi menjadi salah satu anak bangsa yang menunjukkan semangat menuntut ilmu yang begitu tinggi.

Kisah sederhana Jodi yang ingin bersekolah dengan seragam yang layak pun menarik ribuan simpatik dari publik Tanah Air.

Baca Juga: Seorang Balita Selamat dalam Kecelakaan Maut Truk Tanah, Evakuasi Sempat Terhambat Para Warga yang Nonton dan Foto-foto

Seperti yang diberitakan oleh Sosok.ID sebelumnya, kisah Jodi ini pertama kali dibagikan oleh akun Instagram @rohayatun7 pada Senin (22/7/2019) lalu.

Dalam postingan ini, seorang guru sekolah dasar bernama Rohayatun menceritakan kisah pilu seorang anak bernama Jodi yang ingin sekali bersekolah.

Namun sayang, karena berasal dari keluarga yang tak mampu, Jodi awalnya hanya bisa berangan-angan.

Baca Juga: Alami Tabrakan Hingga Terlempar Keluar Mobil, sang Ayah Hanya Bisa Nangis Pasrah Memeluk Jasad Putrinya yang Tewas

Setiap hari, Jodi datang ke SDN Margabakti dengan pakaian seadanya dan bertelanjang kaki hanya untuk memperhatikan anak-anak sebayanya bersekolah dari luar gerbang.

Jodi sendiri adalah warga Dusun Pahing, Desa Margabakti, Kecamatan Kadugede, Kabupaten Kuningan yang tinggal dengan kakek neneknya.

Bocah berusia 7 tahun itu sudah ditinggalkan oleh kedua orang tuanya.

Baca Juga: Sosok Ninuk, Anak Angkat Andy Lau Asal Salatiga yang Sama Sekali Tak Tahu Ayahnya Aktor Terkenal: Ya Gatau, Wong Dulu Ndak Pernah Lihat TV!

Jangankan untuk biaya sekolah, untuk memenuhi kebutuhannya sehari-hari saja, Jodi hanya bisa bergantung dari penghasilan kakeknya yang jauh dari kebutuhan.

Selama ini mereka hanya mengandalkan bantuan pemerintah setiap bulan untuk dapat makan nasi.

"Dua belas tahun di sini. Pokoknya kerja apa aja yang ada untuk makan. Jadi ga ada punya kerjaan yang matok.

Baca Juga: F-22 Raptor, Jet Tempur Siluman Milik AU AS yang Tak Kasat Radar, Tapi Indonesia Bisa Mendeteksinya

Makan-nya pun seadanya, kalau asin ya asin (ikan asin), kalau garam ya hanya garam, kalau cabe, ya cabe, ya gitulah," kata Kakeknya Jodi kepada Kompas.com saat ditemui di kediamannya.

Instagram/@rohayatun7
Instagram/@rohayatun7

Kisah Jodi yang ingin bersekolah namun tak memiliki pakaian yang layak.

Kendati demikian, kini Jodi telah bersekolah di SDN Margabakti sebagai murid kelas 1.

Hal ini tidak lepas dari bujukan dan ajakan para guru di sekolah tersebut.

Agar Jodi mau bersekolah, pihak sekolah pun bersedia menyediakan segala kebutuhan bocah 7 tahun tersebut.

Baca Juga: Ir Sutami, Menteri Segala Zaman Paling 'Kere' Indonesia, Listrik Rumahnya Diputus PLN Gegara Tak Mampu Bayar Tagihan

Mulai dari buku, seragam hingga bekal makanan.

Melansir Kompas.com dan Tribun Cirebon, salah seorang guru bernama Atun Rohayatun sampai membuatkan bekal makanan untuk Jodi agar mau bersekolah.

Bekal makanan tersebut adalah nasi dengan lauk ayam goreng dan segelas susu.

"Setelah dimandikan dan dipakaikan seragam itu Jodi diberi makan dan minum susu," ujar Atun Rohayatun saat ditemui di SDN Margabakti, Rabu (31/7/2019).

Baca Juga: Hanya Dibekali Permen, Dua Balita Nangis Meraung-raung Ditelantarkan Orang Tuanya di Depan Rumah Warga, Dinsos Medan: Ada Banyak Cara Orang Telantarkan Anak

Mirisnya, saat menerima bekal makanannya, Jodi rupanya tak pernah tahu apa itu ayam goreng dan bagaimana rasanya.

Saat disuapi makanan bekalnya pun, Jodi sempat dengan polosnya bertanya kepada Atun Rohayatun jenis makanan yang ia telan.

Cerita Atun Rohayatun, Jodi sempat bertanya "Ini apa Bu?" saat disuapi daging ayam itu.

Baca Juga: Miris, Pentolan OPM Ini Hidup Makmur di Inggris, Tak Peduli Anak Buahnya Cuma Makan Ubi Dihutan dan Diburu Oleh TNI

Setelah diberi tahu bahwa makanan yang dimakannya ialah daging ayam Jodi pun lahap menyantapnya.

"Saya tanya enak enggak ayamnya, kemudian Jodi bilang enak banget, katanya baru pertama kali memakannya," kata Atun Rohayatun.

Atun mengungkap bahwa Jodi dan keluarga sehari-harinya terbiasa makan seadanya dan tak pernah mencicipi ayam goreng seperti ini.

Baca Juga: Cerita Tragis Ashok Diwan, Korban Malpraktik yang Sengaja Dibiarkan Mati dengan Kondisi Memprihatinkan Diduga untuk Tutupi Kesalahan Dokter

Bahkan saat meminum segelas susu yang telah disiapkan, Jodi pun memberikan reaksi yang membuat pilu orang yang melihatnya.

Atun mengatakan bila Jodi langsung menghabiskan susu yang disiapkan dalam sekali tenggakan.

Jodi bahkan sampai menggoyang-goyangkan gelas kosongnya untuk mendapatkan tetes terakhir.

Baca Juga: Jadi Buronan Polisi, Pria Paruh Baya yang Makan Kucing Hidup-hidup Sempat Ancam Akan 'Habisi' Perekam Videonya

Ya benar-benar sampai tetes terakhir minumnya, jujur saya baru lihat ada yang minum susu sampai seperti itu," ujar Atun Rohayatun.

(*)

Editor : Tata Lugas Nastiti

Sumber : Kompas.com, Instagram

Baca Lainnya