Sosok Yorie Kumalasari, Effect Artist Cantik Asal Tanah Air yang Turut Serta dalam Pembuatan Film Animasi Dreamworks

Minggu, 21 Juli 2019 | 16:11
VOAIndonesia.com | Dokumen Yorie

DreamWorks Animation Gunakan Karya Wanita Asal Surabaya, Salah Satunya Film

Sosok.id - Yorie Kumalasari adalah salah satu anggota tim sukses DreamWorks Animation yang dipercaya untuk menjadi Effect Artist sejak bulan Februari 2018 lalu.

Profesi sebagai effect artist di Amerika Serikat masih jarang ditekuni oleh perempuan.

"Sekarang lagi ngerjain (film) How to Train Your Dragon yang ke-3," ujar Yorie Kumalasari seperti yang dikutip Sosok.ID dari Tribun Wow.

mengenai profesinya sebagai effect artist, Yorie bertugas 'menghidupkan' gambar-gambar seperti air, ledakan, api, asap, dan debu.

"Saya ambil Master di New York University, majornya Digital Imaging and Design. Di situ saya belajar 3D dan saya kira effects itu yang paling keren gitu bagian (dari) 3D.

Jadi saya belajar untuk effect and akhirnya saya sekarang sudah mengerjakan banyak film-film di US," papar Yorie yang adalah lulusan S1 jurusan sistem informasi dari Universitas Surabaya.

Baca Juga: Cemburu Buta Gara-gara Tak Sudi Dipoligami, Seorang Istri Tega Siram Suaminya dengan Air Mendidih Hingga Tewas dengan Tubuh Melepuh

Hingga kini Yorie sudah terlibat dalam penggarapan film-film Hollywood terkenal seperti Power Rangers, The Fate of The Furious, Hotel Artemis, masih banyak lagi.

Bisa melihat namanya terpampang di bagian akhir film tentu menjadi kebahagiaan tersendiri bagi Yori dan juga orang tuannya.

VOAIndonesia.com | Dokumen Yorie

DreamWorks Animation Gunakan Karya Wanita Asal Surabaya, Salah Satunya Film

"Senang ya, karena saya itu waktu di Indonesia sering melihat film-film Hollywood. Papa (dan) Mama saya juga suka nonton bioskop.

Jadi sekarang kalau lihat nama saya di creditkan jadi senang banget," cerita perempuan kelahiran Riau tahun 1981 ini.

sebelum ia bergabung dengan DreamWorks Animation, Yorie pernah bekerja di perusahaan the Mill di New York dan Los Angeles di bidang produksi iklan.

Saat mengawali kariernya terjun ke dunia animasi, ia memulai sebagai seorang Generalist.

"Generalist itu maksudnya saya kerjanya mulai dari animator. Saya juga buat modeling, rigging, jadi semuanya kecuali effects," jelasnya.

Dalam dunia digital, modeling adalah pembuatan model sebuah obyek dalam bentuki 3D di komputer.

Baca Juga: Ingin Tampil Bak Anak Muda, Jokowi Rencana Akan Pangkas Rambutnya dengan Gaya Undercut

Sedangkan rigging adalah pembuatan struktur tulang pada obyek.

Wanita yang pernah mewakili Riau pada kontes Miss Indonesia tahun 2005 ini juga menuturkan untuk bisa berada di titik ini ia harus melalui perjalanan yang panjang.

Yorie juga berpesan kepada warga Indonesia terkhusus wanita Indonesia untuk jangan takut berkarir sebagai digital animator.

Instagram | @yories

DreamWorks Animation Gunakan Karya Wanita Asal Surabaya, Salah Satunya Film

"Jangan takut untuk e-mail (seniman-seniman di LinkedIn. Tanya tips atau mungkin mereka mau lihat portofoliomu, supaya mereka bisa kasih advice," pungkasnya.

(*)

Editor : Tata Lugas Nastiti

Sumber : Kompas.com, Instagram, Tribunwow.com

Baca Lainnya