Follow Us

Wisata Mojokerto, Kota Kecil yang Penuh Sejarah dan Keajaiban Alam yang Indah

ADV PI - Selasa, 25 Juli 2023 | 16:00
Candi Tikus di Mojokerto, Jawa Timur.
Shutterstock/Rio Aditya

Candi Tikus di Mojokerto, Jawa Timur.

Sosok.ID – Mojokerto adalah sebuah kota kecil yang terletak di Jawa Timur. Secara administratif, kota ini masuk dalam kawasan metropolitan Surabaya, yaitu Gerbangkertosusila.

Meski tidak seluas kota-kota lainnya di Jawa Timur, Mojokerto menawarkan banyak pesona wisata yang menarik untuk dieksplorasi. Mojokerto memiliki banyak destinasi wisata, mulai dari situs sejarah dan arkeologi hingga wisata alam yang memukau.

Dilansir dari Berwisata.id, berikut berbagai tempat menarik yang bisa kamu kunjungi saat berwisata di Mojokerto.

  1. Candi Tikus
Candi Tikus adalah salah satu kompleks candi yang mengesankan di Mojokerto. Candi ini memiliki arsitektur klasik khas Jawa Timur dengan ukiran yang indah dan desain yang megah.

Baca Juga: Ayda Prasasti, Anak Ki Joko Bodo yang Dibuatkan Candi

  1. Taman Wisata Air Terjun Tretes
Taman Wisata Air Terjun Tretes dapat menjadi tempat sempurna untuk bersantai dan menikmati keindahan alam yang menakjubkan. Air terjun yang indah dan pepohonan yang hijau menciptakan suasana yang menyejukkan.

Di lokasi wisata ini, kamu dapat berjalan-jalan di sekitar taman, menikmati pemandangan air terjun, dan piknik bersama keluarga.

  1. Goa Akbar
Goa Akbar menawarkan pemandangan formasi stalaktit dan stalagmit yang rumit sekaligus menakjubkan. Bagian dalam goa dilengkapi dengan sistem pencahayaan yang terang, membuat batu-batu goa memantulkan warna-warni yang cantik.

Tak hanya itu, di Goa Akbar, kamu juga dapat melihat arsitektur Jawa kuno yang unik dan menarik. Tempat ini cocok bagi kamu yang suka wisata alam dan sejarah.

Baca Juga: Batu Persidangan, Asal Muasal Kenapa Orang Batak Banyak Berprofesi Sebagai Pengacara

  1. Taman Ekspresi Mojokerto
Taman Ekspresi Mojokerto adalah taman rekreasi yang kerap dituju masyarakat untuk berkumpul bersama keluarga. Di taman ini, kamu dapat menemukan berbagai wahana permainan dan area bermain untuk anak-anak.

Itulah empat lokasi wisata yang menarik untuk dikunjungi di Mojokerto. Selain tempat-tempat di atas, kamu juga bisa menemukan beragam masjid dan pura yang menjadi bukti keberagaman masyarakat di kota tersebut.

Jangan lewatkan juga untuk mencicipi beragam kuliner khas Mojokerto, seperti soto ayam lamongan yang gurih dan rujak cingur yang segar.

Editor : Yussy Maulia

Latest